Sabtu, 29 Desember 2012

Negeri Hutan Tropis yang Mulai Kritis



Sudah sering kita dengar, banyak daerah yang kesulitan air bersih. Ironis memang, di negeri yang tropis dengan kekayaan hutan yang luar biasa luasnya, ternyata kita harus merasakan kekurangan air.
Jangankan untuk air bersih, kadang untuk mendapatkan air yang tidak layak pakai pun, kita sudah sangat kesulitan. Butuh perjuangan yang luar biasa untuk bisa menikmati air yang bersih dan juga sehat.
Kadang timbul pertanyaan, bukankah kita ini hidup di negeri hutan tropis? Bukankah dengan luasnya hutan, berarti cadangan air juga banyak? Lalu, mengapa kita harus mengalami krisis air?
Sebenarnya kita semua sudah tahu, kalau masalah krisis air yang terjadi itu karena memang ulah tangan manusia sendiri. Kita dengan egoisnya menebang hutan. Dengan alasan yang sangat hedonis, kita tidak pernah mementingkan kelesetarian alam.
Dan hasilnya, kita bisa rasakan sekarang. Miris sekali, ketika di negeri yang memiliki hutan tropis, beberapa penduduk masih harus mengeluarkan uang untuk bisa menikmati air bersih. Bahkan dengan segala ketakutan akan sulitnya menikmati air bersih, banyak dari kita menggunakan water purifier untuk memperoleh air bersih.
Mungkin jika kita tinggal di kota-kota besar, dan juga memiliki kecukupan materi, bukan merupakan hal sulit untuk memecahkan masalah air bersih ini. Kita tidak perlu khawatir karena kita juga bisa mempergunakan water purifier.
Misalnya saja, kita bisa menggunakan water purifier yang terpercaya, Pure it. Produk dari PT. Unilever ini, mampu memberikan solusi ditengah sulitnya mendapatkan air bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Sebuah jawaban dari kecemasan kita akan krisis air bersih dan sehat.
Tapi, apa kita hanya puas dengan menyamankan diri sendiri, tanpa memperhatikan orang lain. Mungkin kita tidak akan merasakan dampak yang sangat luar biasa dengan kelangkaan air bersih dan sehat. Tapi, coba tengok masyarakat golongan bawah.
Apa kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk menjadikan negeri ini kembali kaya akan air bersih?
Bisa. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki semuanya. Kembalilah kepada alam. Bersahabatlah dengan alam. Kenapa harus bersahabat dengan alam?
Ya, ketika menjadikan alam sebagai sahabat, kita tidak mungkin mau alam itu tersakiti. Jangankan oleh kita sendiri, bahkan kita akan berbuat sekuat tenaga, agar tidak ada yang bisa menyakiti alam itu sendiri.

Ketika kita menjadikan alam sebagai sahabat kita, kita akan menjaga alam itu dengan baik. Tidak mungkin kita berani menebang pohon secara sembarangan. Kita akan menjaga, agar alam tetap lestari dan apa adanya.
Dengan berbuat seperti itu. Alam kita jaga dan tidak kita pergunakan dengan semau hati seenak perut. Maka alam pun akan memberikan imbal balik yang luar biasa. Kita akan mudah mendapatkan air bersih. Tidak perlu lagi kita mengeluarkan uang untuk bisa menikmati air yang jernih. Karena sesungguhnya, alam telah mengajarkan keseimbangan kepada kita. Berbuatlah yang sewajarnya dan seimbang dalam memperlakukan alam. Sayangi alam, jadikan ia sahabat setia kita, karena ia selalu mengajarkan kita tentang makna sebuah keseimbangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar