Kamis, 28 November 2013

Polusi dan Korupsi


Adakah hubungan antara polusi dan korupsi?

Polusi, masalah yang sudah mendarah daging di kota-kota besar. Seakan-akan kedua hal itu tidak bisa dipisahkan. Banyaknya kendaraan dan juga pabrik merupakan penyebab terbesar terjadinya polusi, baik itu polusi udara, air dan juga tanah.

Kebulan asap dari knalpor atau cerobong asap pabrik merupakan pemandangan yang sudah biasa. Aneh memang, dulu, ketika pemahaman orang masih terbatas, alam bisa terjaga begitu baiknya. Keseimbangan alam pun bisa kita rasakan.

Tapi, sekarang, ketika orang sudah semakin cerdas mengenal apa itu teknologi, alam pun menjadi terlupakan. Dengan segala keegoisan dan kesombongan, sebagian dari kita sudah melupakan alam. Kita berbuat seakan-akan kaki ini tidak berpijak di tanah, udara tak pernah kita hirup dan tidak pernah mengkonsumsi sesuatu dari alam.

Nah sekarang, apa sih hubungan antara polusi dan korupsi?

Sebenarnya inti dari masalah polusi itu ada dalam satu kata KORUPSI. Kenapa Korupsi? Jika kita cermati arti kata korupsi itu ialah menyelewengkan atau menyalahgunakan sesuatu untuk kepentingan sendiri atau golongan saja. Nah, bukankah selama ini yang ada dalam pikiran kita ialah bagaimana membuat kita mendapat keuntungan tanpa berpikir baik buruknya untuk orang lain?

Tak perlu menunjuk siapa. Tapi tunjuklah diri kita sendiri. Jika memang selama ini kita telah berbuat sesuatu yang membuat orang lain dirugikan, saatnya kita perbaiki diri. Tidak perlu teriak-teriak hapuskan korupsi, tangkap para pelaku korupsi, dan sejumlah kata-kata hujatan yang dikeluarkan saat demo berlangsung. Namun, yang terbaik ialah melihat diri, memperbaiki diri, dan meningkatkan kualitas diri untuk tetap menyayangi alam ini. Kita tak akan pernah hidup tanpa alam ciptaanNya ini.


POLUSI dan KORUPSI, 2 kata negative yang mulai saat ini harus kita hapuskan dalam file otak kita. Mulailah memasukkan 1 kata positive penggantinya, BERSIH. Ya, satu kata bermakna luar biasa. Ketika kita membiasakan diri kita bersih, baik itu bersih fisik, pikir dan perilaku, maka ketenangan akan kita dapatkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar