Senin, 03 Februari 2014

3B Plus


Apa sih yang membuatku mau tiga hari bolak-balik Cimahi – Bandung? Aku harus berangkat jam 6 pagi dan pulang jam 6 sore, dan itu tuh tiga hari di akhir pekan. Hmm...Jika orang-orang yang bergelut di dunia motivasi mengenal dengan namanya ‘passion’, itulah salah satu alasannya kenapa aku mau melakukan semua itu.  

Capek? Bohong, kalau aku bilang tidak. Aku juga manusia normal yang masih punya rasa. Tapi, selain karena ‘passion’, aku selalu mengatakan pada diri sendiri, kalau aku mau bersilaturrahim, aku mau belajar dan aku mau berbagi. Ketika anak didikku tersenyum behagia bisa mendapatkan ilmu, itulah bayaran yang paling mahal bagi seorang pendidik. Adapun jika aku mendapatkan lembaran rupiah, itu hanyalah bonus lebih yang Allah berikan untukku.

Aku sadar ketika aku niatkan untuk bersilaturrahim, belajar dan berbagi, maka akan sesuatu yang aku dapatkan. Mengunjungi dari satu rumah ke rumah yang lain, tentulah sarana paling luar biasa untuk belajar. Aku belajar pola asuh di setiap rumah, belajar memahami setiap karakter anggota keluarga yang aku temui, dan tak jarang aku mendapatkan ilmu lain dari para orangtua.

Jadi, memang sejatinya hidup yang berkualitas tidak akan lepas dari 3B (Bersilaturrahiim, Belajar dan Berbagi). Terus, maksudnya plus? Yap, selain ketiga hal diatas, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan, berdoa. Karena kita hanyalah seorang makhluk. Semua berasal dari Allah dan akan kembali kepadaNya. Do the best for being the best! J

2 komentar: