Senin, 10 Februari 2014

Review Aspire (11 Kata yang Akan Mengubah Kehidupan)


Judul           : Aspire (11 Kata yang Akan Mengubah Kehidupan)
Penulis        : Kevin Hall
Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-1: 2011
Tebal           : 238 halaman

Buku motivasi yang benar-benar berbeda. Penulis menghabiskan waktu 4 tahun untuk menyelesaikan buku ini. Untuk itu, sangat tidak berlebihan jika buku ini layak disebut buku yang luar biasa.
Penulis menuturkan bahwa ada 11 kata yang bisa mengubah kehidupan seseorang. Kata-kata tersebut ialah genshai, pathfinder, namaste, passion, sapere vedere, humility, inspire, empathy, coach, ollin dan integrity.
Genshai berarti jangan meremehkan orang lain. Kata ini penulis dapatkan dari salah seorang pemandu ketika ia berkunjung ke Wina. Meskipun demikian ia sadar, ibunya sendirilah yang pertama kali memperkenalkan genshai kepadanya, walaupun tidak pernah menamainya dengan istilah itu.
Pathfinder berarti pemimpin. Pemimpin (leader) berasal dari bahasa Indo Eropa. Kata ini terdiri dari dua, lea artinya jalan dan der artinya penemu. Maksudnya menjadi seorang pemimpin berarti menemukan jalan. Tapi sebelum dapat membantu orang lain menemukan jalan untuk orang lain, ia harus tahu jalannya sendiri. Selain itu ada 4 hal yang harus kita kenali setiap hari, yaitu: PATH, People (orang yang kita temui), Action (tindakan yang diambil), Thoughts (pemikiran), dan Happiness (saat-saat kebahagiaan dan keberuntungan).
Namaste berarti menghormati keilahian dalam diri. Kata ini merupakan salam suci, yang berarti “saya memberi hormat kepada Keilahian dalam diri Anda; saya menghormati berkah Tuhan pada diri Anda”. Namaste berhubungan erat dengan authentic (autos=diri, hentes=asli, maksudnya menjadi diri sendiri), genuis (genuinus= apa yang Anda bawa sejak lahir/tidak lebih atu kurang),  character (sesuatu yang terukir) dan recognize (re=lagi, cognizant=tahu).
Passion berarti menderita bagi apa yang paling Anda cintai. Kata passion pertama kali muncul pada abad kedua belas. Kata passion dan kata path berasal dari akar yang sama yang berarti menderita karena. Kata passion berhubungan juga dengan compassion (belas kasih). Karena compassion berasal dari dua kata: com (bersama) dan passion (menderita). Jadi compassion itu menderita bersama yang lain.
Sapere vedere berasal dari bahasa latin, “sapere” artinya mengetahui cara dan “vedere” artinya melihat. Jadi, sapere vedere berarti mengetahui cara melihat. Sapere vedere memiliki tiga dimensi, kombinasi dari hindsight (melihat ke belakang), foresight (melihat ke depan) dan insight (melihat dari dalam). Jadi mereka yang memiliki sapere vedere tidak hanya melihat masa lalu dan kini, tapi juga masa depan.
Humility berarti selalu siap latih dan siap didik. Humility berasal dari kata Latin “humus” yang berarti tanah (khususnya tanah yang kaya, gelap, dan organik). Ketika kita memiliki humus yang cukup dalam kehidupan, kita tumbuh dan berkembang. Humility menghasilkan pertumbuhan. Kata humility juga tidak bisa dipisahkan dari kata success. Success yang berasal dari kata Latin “cede”, kemudian berkembang menjadi “seed” (benih). Itu artinya tidak ada humility nyata tanpa success dan tidak ada success sejati tanpa humility.
Inspire berasal dari bahasa Latin “inspirare”, “in” berarti kepada sedangkan “spirare” artinya bernapas. Jadi inspire atau inspiration berarti mengembuskan napas kehidupan ke orang lain.
Empathy berasal dari dua kata “em” artinya masuk dan “pathy” atau path artinya jalan. Jadi, empathy berarti menapaki jalan orang lain. Kata empathy berhubungan erat dengan communication (communicare=untuk berbagi kesamaan).
Coach berarti mengantar orang lain. Kata ini berasal dari nama sebuah desa di Hungaria, tepatnya di tepi Sungai Danube antara Budapest dan Wina, yaitu Kocs. Desa ini merupakan penghasil kereta kuda terbaik di dunia. Kemudian kereta kuda tersebut diberi nama Coach. Dan abad kelima belas di Eropa, segala bentuk transportasi meminjam istilah “coach”. Kata ini pun menjadi bersinonim dengan mobil mewah atau bus wisata. Namun, “coach” tetaplah berati sesuatu, atau seseorang, yang membawa seseorang bernilai dari tempat mereka berada ke tempat yang mereka inginkan.
Ollin berasal dari bahasa Nahuatl kuno, “yollotl” yang artinya hati dan “yolistli” artinya kehidupan. Jadi “Ollin” berarti bergerak dan bertindak sekarang dengan sepenuh hati. Dan itu artinya mengikuti jalan hidup kita dengan sepenuh hati.
Integrity berasal dari bahasa Latin “integer” artinya bulat atau utuh. Integrity adalah kombinasi waktu, tenaga, konsistensi, dan tujuan. Kehidupan yang memiliki “integrity” sejati mencakup sifat pribadi (private) dan kesucian (sacred).
Membaca buku ini bagaikan bertemu dengan seseorang yang mampu melecutkan semangat kita. Setiap lembar menyimpan banyak makna yang membuat kita tersadarkan. Buku ini wajib dibaca oleh setiap individu yang merindukan perubahan diri yang positif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar