Sabtu, 22 Agustus 2015

Perjalanan dan Nasionalisme

Sumber: Pribadi

Perjalanan. Sebuah kata yang bisa dimaknai dari dua sisi. Perjalanan dalam arti sebenarnya dan perjalanan dalam makna yang tersirat. Tapi tentunya, dari keduanya itu ada satu kesamaan, bergerak.
Ya, perjalanan itu pergerakan. Sejatinya kata berjalan selalu beriringan dengan kata bergerak. Dan tentu saja setiap pergerakan pastilah menghasilkan sesuatu. Baik itu sebuah kisah baru atau pengalaman yang tak terlupakan. Dan semuanya akan menjadi sejarah yang sulit untuk terhapus.
Ketika seseorang melakukan sebuah perjalanan, secara tidak disadari ia akan belajar banyak hal. Ia akan menjadi lebih mencintai apa yang sebelumnya hanya ia abaikan. Contohnya saja, ketika seseorang melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain, ia akan menemukan sebuah perbandingan. Ia akan membandingkan keadaan tempat tinggalnya dengan kota yang ia datangi. Bisa jadi ia menemukan hal yang lebih baik dari kotanya, atau sebalilknya.
Begitu pun ketika seseorang itu pergi ke luar negeri. Ia akan menemukan banyak sekali pelajaran berharga ketika menginjakkan kaki di tempat yang baru. Tapi, dari semuanya itu, intinya adalah kita akan menemukan sesuatu yang berbeda. Selain itu rasa cinta akan tanah tempat kelahiran akan bertambah. Misalkan saja, ketika kita berkunjung ke beberapa kota di Indonesia, kita akan menilai kalau Indonesia itu kaya akan budaya.
Sumber: Pribadi
Setiap daerah di negeri ini memang memiliki keunikan masing-masing. Selalu ada hal yang menakjubkan dan mengagumkan. Keindahan alam, adat dan budaya serta keramahan dan keunikan orang-orangnya menjadikan setiap daerah memiliki magnet untuk dikunjungi.
Semakin sering kita melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain, kita akan menemukan banyak hal berharga. Kita akan semakin sadar kalau bangsa ini kaya. Negeri kita ini berbeda dengan yang lain. Tidak salah, ketika banyak wisatawan mancanegara yang menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang patut diperhitungkan.
Kita sebagai warga negera Indonesia seharusnya malu, ketika orang-orang begitu bersemangat untuk mengenal Indonesia lebih jauh. Sedangkan kita malah sebaliknya. Kebanyakan orang kurang begitu suka untuk mengenal lebih jauh kekayaan yang ada di negeri ini. Tidak sedikit yang lebih merasa bangga mengunjungi tempat wisata di luar negeri. Tidak salah memang, ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Tapi, akan lebih baik kalau kita mengenal negeri ini terlebih dahulu sebelum menjelajah negara lain.
Sumber: Pribadi
Negeri ini terlalu indah untuk diabaikan. Tanah Air kita ini terlahir dengan begitu banyak kelebihan yang tidak dimiliki negara lain. Untuk itu, mulai sekarang, cobalah untuk melangkahkan kaki mengenal lebih jauh negeri kita ini. Buka mata dan telinga kita dan temukan sisi positif di setiap langkah kaki kita. Rasa nasionalisme itu perlu dipupuk, dan salah satunya dengan mengenal setiap jengkal kekayaan dan keunikan yang ada di negeri tercinta, Indonesia.


Tulisan ini disertakan dalam lomba 'jalan-jalan nasionalisme' yang diadakan Travel On Wego Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar