Sabtu, 30 September 2017

Kereta Api Indonesia di Masa Mendatang


Berbicara tentang kereta api, menurutku inilah moda transportasi yang paling ramah. Ramah dari segi biaya, ramah bagi semua kalangan dan usia. Saat ini, mau itu eksekutif maupun ekonomi, sudah cukup nyaman bagi penumpang.
Kereta Api Indonesia selalu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Dari tahun ke tahun, kita merasakan kenyamanan dalam menggunakan moda transportasi kereta api. Selain pelayanan dari para petugas yang sangat ramah, fasilitas yang ada pun sudah cukup nyaman.
Bagiku, kereta api adalah moda transportasi favorit. Setidaknya setahun sekali aku menggunakan kereta api untuk pulang ke kampung halaman. Sebenarnya tidak hanya itu, bahkan aku juga lebih memilih untuk mengguankan kereta api untuk pergi ke tempat atau kota lain. Selain harganya tidak membuat rekening menipis, melakukan perjalanan denagn kereta api itu memiliki sensasi tersendiri.
Sudah hampir 3 tahun ini aku melakukan perjalanan Surabaya – Bandung menggunakan kereta api. Memang tidak bisa dikatakan perjalanan singkat dari ujung timur Jawa ke kota kembang. Kurang lebih 13,5 jam, waktu yang harus dilalui di dalam kereta api. Tentunya bukan waktu yang sebentar untuk sebuah perjalanan, apalagi bagi anak-anak.
Mungkin kalau bagi kita, perjalanan panjang seperti itu bisa diisi dengan berbagai hal. Atau, kalaupun kita merasa kelelahan, tidur pun bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi, bagaimana dengan anak-anak?
Nah, karena alasan itulah, Kereta Api Indonesia harus mulai melihat sisi kenyamanan bagi anak-anak dan balita. Sifat anak-anak yang aktif dan kreatif tentunya tidak bisa dihentikan hanya untuk sebuah perjalanan. Bahkan tak jarang perjalanan yang seharusnya menyenangkan, menjadi hal yang paling dibenci oleh anak-anak. Mereka tidak akan menikmati perjalanan karena merasa melelahkan dan membosankan.
Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Mereka tidak bisa terpisahkan dari yang satu ini. Ketika ada kata bermain, maka sudah bisa dipastikan mereka akan antusias luar biasa. Mereka akan lupa apapun kalau sudah diberikan waktu bermain.
Play Corner. Yap, menurutku sudah saatnya Kereta Api Indonesia menjadi moda transportasi umum pertama yang ramah anak. Dengan menyediakan Play Corner, kita bisa memfasilitasi anak-anak untuk bisa tetap merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Mereka masih bisa explore apapun yang mereka inginkan.
Play Corner ini bisa berupa satu pojok bermain khusus di setiap gerbong. Tak perlu besar, tapi setidaknya bisa memberikan ruang bagi anak-anak untuk berada di dunianya. Contohnya saja, ada arena mini mandi bola, pojok kreatifitas (mewarnai, melukis, atau bermain pasir warna), arena lego, dan pojok baca.
Play Corner juga bisa berupa satu gerbong khusus yang disediakan pihak PT. Kereta Api Indonesia sebagai play wagon (gerbong bermain). Selain ada beberapa arena bermain anak yang aman tapi tetap menyenangkan, gerbong bermain juga bisa menjadi sarana edukasi kepada anak-anak tetang dunia perkereta apian Indonesia.

Dengan adanya Play Corner ini, kita sudah berusaha menyediakan moda transportasi umum yang ramah anak. Karena sampai saat ini, belum ada satu pun moda transportasi umum yang melirik dan tergerak untuk memberikan kenyamanan kepada anak-anak. Padahal, mereka juga memiliki hak yang sama untuk menikmati pelayanan transportasi umum yang nyaman, tentunya menurut versi mereka bukan nyaman menurut kita orang dewasa.

1 komentar: