Kamis, 22 November 2018

Bukan Sekadar Nama




www.intandaswan.com, usianya baru satu tahun. Meskipun saya sudah berkenalan dengan dunia blogging sejak tahun 2013, tapi dulu masih menggunakan nama alay bin lebay. Maklum usia juga masih jauh dari dewasa (#apasih hehehe…)

Sebenarnya keinginan untuk ganti nama blog itu sudah sejak lama, tepatnya ketika mulai nyemplung ke dunia tulis menulis. Awalnya dulu konsultasi masalah nama pena untuk cerpen dan juga naskah nonfiksi. Kebanyakan masukan dari para senior itu menggunakan nama awal dan akhir saya sendiri.

Karena banyaknya masukkan untuk menggunakan nama Intan Daswan itu, akhirnya saya pun mulai pede dengan nama itu. Alasan lainnya menggunakan nama pena tersebut, karena nama saya katanya kepanjangan untuk dijadikan nama penulis. Kan nggak asyik juga nama penulis ada 5 suku kata, nanti dikira mau bikin prolog cerita hehehe…

Dari situ, saya mulai yakin, pede dan bangga menggunakan nama Intan Daswan. Kalau diresapi juga nama Intan Daswan punya makna yang luar biasa (pede banget y ague hahaha…) Eh, tapi serius pake banget lho. Ayo sini deh kita bermain arti dan makna sebuah nama hehe…

Intan. Kita pasti semua tahu dong sifat dari benda berharga mineral ini? Intan itu terkenal dengan sifat-sifat kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Saya sangat suka dengan filosofi dari Intan. Intan itu akan tetap berkilau dimanapun ia berada. Intan tidak akan pernah berubah jadi batu atau perak, tapi ia akan berubah jadi berlian yang bersinar. Keren kan? (Muji nama sendiri gue hahaha…)

Daswan. Kalau ini sih nama bapak saya. Sebagai anak yang berbakti dan taat serta patuh kepada orang tua, saya sih bangga dengan mencantumkan nama bapak. Menyematkan nama Daswan dalam nama pena sekaligus juga nama blog menjadi semangat tersendiri. Saya juga menjadikan nama Daswan ini sebagai tanda saya bangga menjadi anak dari seorang ayah yang luar biasa. Karena beliaulah yang pertama kali memperkenalkan saya dengan dunia literasi.

That’s my reason why I use my name for my blog. Bagi saya, www.intandaswan.com bukan sekadar nama blog, tapi ada ruh semangat untuk terus berkarya sebagai tanda cinta kepada kedua orang tua. I’m proud of my name. I believe a diamond never change into stone or bronze, but it can be changed into a valuable diamond. Yap, saya sedang berproses untuk menjadi intan yang berharga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar