Minggu, 09 Desember 2018

5 Aktivitas Di Akhir Pekan yang Bikin Tetap Waras




Daikui atau tidak berada di rumah selama 24 jam dari setiap hari itu bukanlah hal yang mudah. Bukan artinya saya tidak bersyukur menjalani amanah sebagai istri dan ibu dari dua anak. Tapi, merubah habit dari sebelum menikah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ya, sebelum menikah, saya tuh mobile banget. Hampir tidak ada waktu di rumah untuk berleha-leha. Aktivitas yang padat merayap dari mulai shubuh sampai malam hari. Jangan tanya saya bisa bangun tidur siang hari di akhir pekan. Bagi saya, semua hari haruslah terisi dengan kegiatan yang positif. Everyday is weekday.

Am I workaholic? Maybe. Tapi, saya lebih senang mengatakan kalau ini semua passion. Semua aktvitas yang saya lakukan itu sesuai dengan keinginan hati. Jadi, tidak ada rasa lelah atau bahkan mengeluh dengan kesibukan yang ada.

Nah, tapi kebiasaan yang dijalani selama bertahun-tahun itu harus berubah 180 derajat setelah menikah. Saya yang dulunya sering berada di luar rumah, sekarang menjadi orang rumahan, banget. Saya yang dulunya menghabiskan waktu bertemu dengan banyak orang, sekarang setiap hari diberi amanah untuk membersamai dua anak sholeh.

Kembali lagi, ini semua tidak mudah. Perubahan kebiasaan tersebut, terkadang membuat saya bad mood. Perasaan jenuh karena berada di rumah terus, sewaktu-waktu menyapa. Tapi, saya bersyukur punya suami yang pengertian banget. Pak Suami selalu punya cara membuat saya terbebas dari perasaan bosan. Ada 5 aktivitas yang biasa kami lakukan di akhir pekan. Pengen tahu apa aja? Ini dia kelima aktivitas yang bisa bikin saya tetap waras:
1.        Pergi ke pasar bareng suami dan anak-anak
Ini tuh wajib bin kudu kalau weekend ke pasar. Selain mencari varian lauk yang berbeda, saya dan suami juga punya misi yang sama. Misi yang harus dieksekusi setiap weekend. Apa itu? Beli cilok yang harus antri dan siap kehabisan kalau datang lewat dari jam 7 pagi. Kita mah gitu orangnya, mendedikasikan sebagai aktivis kuliner itu harus mau bela-belain antri demi makanan yang jadi viral. Ya, viral, meski hanya viral se-kelurahan di Jember hehehe…

2.        Berkeliling komplek naik sepeda motor
“Neng mah nggak usah diajak ke mall, cukup diajak keliling-keliling aja, udah senang.”
Itu yang selau terlontar dari mulut saya kalau ditanya suami pengen diajak kemana. Tapi, that’s me. Saya sudah udah senang banget kalau daiajak keliling melihat suasana baru di luaran sana.

3.        Mengunjungi tempat atau daerah baru
Ini sih hobi kita berdua banget. Keluar rumah tanpa punya rencana sebelumnya. Tiba-tiba udah ada di daerah atau tempat baru. Tidak perlu harus ada persiapan apapun. Untungnya kedua anak saya bukam tipe anak yang riweuh. Mereka mah enjoy aja diajak kemana-mana.

4.        Mengajak anak bermain di tempat permainan atau alam terbuka
Saya dan suami berpikir, tidak hanya kami yang butuh refreshing. Kedua anak kami pun pastilah butuh suasana baru. Dengan mengajaknya ke arena permainan, selain mereka bisa bermain, mereka juga bisa bertemu dengan banyak orang.

5.        Ngobrol, ngemil sambil nonton TV plus uyel-uyelan di tempat tidur
Quality time. Yap, kalau kami sedang tidak kemana-mana karena kondisi yang tidak memungkinkan, menghabiskan waktu bersama-sama di rumah pun bisa menyenangkan.

Itulah 5 aktivitas yang sering kami lakukan di akhir pekan. Bukan sesuatu yang mewah, tapi bisa membuat kami senang. Semua itu kami lakukan sebagi salah satu cara kami agar tetap waras. Selain itu, aktivitas yang terlihat sederhana, namun bisa merawat rasa cinta di keluarga kecil kami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar