Sabtu, 01 Desember 2018

5 Tips Sehat Versi Intan Daswan




Katanya jadi emak-emak tuh nggak boleh sakit. Kalau kita sakit, apa kabar suami, anak-anak dan pekerjaan rumah? Apa kita tega menelantarkan mereka?

Terus, apa kita harus jadi wonderwoman? Kita juga kan manusia? Wajarlah kalau kita juga sakit, kelelahan dan turunnya ketahanan tubuh.

Ya, wajar sangat wajar. Tapi, setidaknya kita punya amanah yang luar biasa dari Allah SWt. Itulah yang sering saya tanamkan dalam pikiran saya. Selain itu, saya juga berpikir, kalau tubuh ini sendiri juga amanah. Menjaga tubuh untuk tetap fit, tentu saja bagian dari ibadah dan tanda syukur kita kepada yang Maha Menciptakan.

Saya akui, sebagai seorang ibu, rasa lelah terkadang menyapa. Tidak hanya itu, kondisi tubuh kita tak jarang tidak bersahabat dan mengharuskan kita untuk bersilaturahim ke dokter. Namun, saya belajar dari pengalaman hidup saya sendiri.

Saya yang sejak kecil sering sakit-sakitan, tapi ketika dewasa saya merasa fisik saya bisa sama dengan kebanyakan orang. Aktivitas yang padat tidak membuat tubuh saya ngedrop.

Pengen tahu, apa sih tipsnya agar bisa tetap sehat? Taraaa…. Ini dia, 5 tips agar tubuh bisa tetap sehat versi Intan Daswan. Coba simak satu persatu ya…
1.        Berpikir positif


“You are what you think.”
Pikiran merupakan pusat dari apa yang ada tubuh kita. Ketika kita bisa mengatur pikiran dengan baik, maka kondisi apapun akan menjadi positf. Sebaliknya, ketika dalam pikiran kita isinya hal negative, maka akan ada efek negative juga yang tersalurkan dalam tubuh kita.

Saya tidak sedang membicarakan orang lain. Tapi, pengalaman diri sendiri lho. Ketika saya sedang dalam keadaan stress, pasti akan ada saja yang terasa nggak enak di tubuh ini. Awalnya mungkin terasa bad mood, lalu bisa menjalar ke fisik juga. Terkadang masalah pencernaan terganggu, kepala pusing, atau gangguan ternggorokan.

Tapi dari situ saya belajar dan sering diingatkan juga oleh suami untuk senantiasa menjaga pikiran. Kalau sudah terlihat penat, biasanya saya paham apa yang salah dan seharusnya diperbaiki. Ya, kuncinya pikiran saya yang mungkin butuh di-refresh agar bisa segar kembali.

2.        Minum air perasan lemon dicampur air hangat
Kebiasaan ini mulai saya lakukan sejak 5 tahun yang lalu. Setiap pagi, ketika kondisi perut masih kosong, saya selalu membisakan minum air perasaan jeruk lemon dicampur dengan air hangat. Kalau misalkan lagi kepengen dicampur madu, ya saya campur madu, biar rasanya nggak terlalu asam.

Dan ternyata, saya baru tahu ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan mengkonsumi air perasan jeruk lemon setiap pagi. Ada banyak penelitian yang menjelaskan manfaat mengkonsuksi air lemon setiap pah

3.        Nggak boleh mager (malas gerak)


Wah, ini sih penting banget. Coba deh dipikir sendiri, bagaimana bisa sehat kalau kerjaannya hanya tidur, duduk, nonton, makan? Yang pasitinya tubuh bakalan memberontak dengan kebiasaan tersebut.

Kalau saya pribadi sih, kalaupun tidak ada waktu untuk berolahraga karena kesibukan mengurus 2 anak hebat, yang penting saya harus mengerjakan pekerjaan rumah. Dan, kalau diperhatikan semakain banyak bergerak seseorang itu, maka ia akan semakin jauh lebih sehat.

4.        Bangun Pagi


Awalnya dulu saya dibiasakan oleh oran tua, dan akhirnya menjadi kebiasaan sampai sekarang. Ya, sejak kecil saya memang dibiasakan untuk bangun pagi-pagi. Setelah dewasa, ternyata saya merasakan efek yang luar biasa. Tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

5.        Membiasakan mandi pagi
Dingin? Pasti. Tapi, efek positif yang saya rasakan bisa mengalahkan rasa dingin tersebut. Badan terasa lebih fit. Bahkan kebiasaan bersin-bersin saya pun bisa hilang setelah membiasakan mandi pagi.

Itulah 5 tips sehat versi Intan Daswan. Apa yang saya tuliskan tentu saja sudah saya lakukan sendiri sebelumnya. Jadi kalau teman-teman penasaran, coba aja kelima tips ala Intan Daswan ini, dan rasakan sendiri efek positifnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar