Minggu, 10 Maret 2019

7 Cara Merawat Romantisme




Romantisme, satu kata yang pastinya disuka banyak orang. Siapa sih yang tidak suka diperlakukan romantis? Tapi, yang perlu digarisbawahi, diperlakukan romantis oleh pasangan halal ya hehehe… (yang belum menikah, no baper)

Romantisme bersama pasangan halal tentu saja menjadi sebuah kewajiban. Jangan sampai berdalih bukan sosok yang romantis, terus kita bersikap dingin kepada pasangan kita. Romantis itu tak selalu diungkap lewat kata. Romantis juga tak melulu harus diekspresikan dengan bunga ataupun coklat.

Intinya semua orang bisa bersikap romantis terhadap pasangan halalnya. Tapi, yang lebih penting dari itu ialah merawat romantisme itu sendiri. Jangan sampai di awal pernikahan kita merasakan romantisme bersama pasangan halal kita, namun seiring berjalannya waktu, rasa itu memudar dan bahkan hilang. Nah, kali ini kita akan bahas cara merawar romantisme bersama pasangan halal ya. Bukan berarti saya expert lho. Tapi ini sekadar sharing aja. Ini dia 7 cara merawat romantisme bersama pasangan halal:

  • Perlakukan pasangan kita sesuai dengan bahasa cintanya

Pernah dengar kan ada 5 bahasa cinta yang dimiliki setiap orang? Yap, menurut Dr. Gray Chapman dengan teorinya Five Love Languages, menyebutkan ada 5 bahasa cinta yang harus kita pahami. Kelima bahasa cinta itu ialah:
-      Word of Affirmation (Pujian)
-      Quality Time (Waktu yang berkualitas)
-      Receiving Gift (Penerimaan hadiah)
-      Acts of Service (dilayani)
-      Physical Touch (Sentuhan fisik)

Nah, kalau kita sudah paham apa sih bahasa cinta pasangan kita. Jangan sampai kita sudah memberikan banyak hadiah, eh pasangan kita akan jauh lebih senang kalau kita memberikan banyak waktu untuknya karena memang bahasa cintanya Quality Time. Bisa jadi niat kita ingin bersikap romantis dengan melayani pasangan, tapi ternyata dia merasa risih kalau apa-apa dilayani. Intinya kita bisa duduk bareng dan tanyakan apa sih bahasa cinta pasangan kita masing-masing.

  • Berpelukan dengan pasangan setiap pagi minimal 20 detik setiap hari

Jangan remehkan pelukan! Yap, aktifitas yang sepertinya biasa tapi manfaatnya luar biasa lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Marriage and Couples Counselor, dr. Jim Walkup, mengatakan bahwa berpelukan selama 20 detik dapat mencegah perselingkuhan dan menurunkan tingkat stress. Dengan berpelukan, kita akan sama-sama mengeluarkan hormon cinta (hormone oksitoksin). Hormon oksitoksin ini merupakan hormon yang kuat mendekatkan seseorang dengan orang lain. Selain itu, berpelukan juga bisa menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

  • Makan bersama setidaknya sekali sehari



Waktu makan ialah waktu yang tepat untuk duduk bersama. Kita bisa saling berkomunikasi atau sekadar menanyakan aktifitas yang sudah kita lakukan seharian. Akan ada kelekatan ketika bisa makan bersama pasangan halal kita. Tak perlu kita mendatangi restoran mahal, cukup makan di rumah dengan menu sederhana tapi makan bersama pasangan, tentu akan terasa lebih nikmat.

  • Lakukan pillow talk setiap hari

Aktifitas ini juga seringkali dilupakan. Tidak sedikit pasangan suami istri yang pergi ke tempat tidur sendiri-sendiri. Jangankan buat ngobrol-ngobrol, sekadar menyapa pun mungkin sering terlupakan karena sangking lelah pulang bekerja, atau waktu bertemu yang tak pernah sama. Bahkan dalam ajaran agama Islam, pasangan suami istri sebaiknya berangkat ke tempat tidur bersama-sama.

Sebetulnya ngobrol santai sebelum tidur itu bisa lebih melekatkan kita dengan pasangan. Momen seperti ini sederhana tapi nilai romantisme bisa kita rasakan lho. Oya, tema obrolan pada saat pillow talk itu sesuatu yang ringan ya, seperti kejadian lucu, aktifitas seharian, cerita tentang anak-anak, rencana liburan atau sekadar bercerita tentang makanan yang disantap hari ini.

  • Senantiasa memberi kabar



Ini sesuatu yang sangat penting ketika kita sedang berada di luar rumah atau berjauhan dengan pasangan. Tanamkan dalam pikiran kita kalau pasangan kita pasti akan menunggu kabar dari kita. Bukan karena pasangan kita tidak percaya dengan apa yang kita lakukan di luaran sana, tapi lebih kepada rasa sayang dan perhatian saja. Pasangan kita merasa dianggap keberadaannya ketika kita selalu memberikan kabar kepadanya.

  • Sering jalan bareng


Jalan bareng dengan pasangan itu jangan dianggap remeh. Dengan sering pergi bersama pasangan, romantisme akan jauh lebih terjalin. Nggak perlu ke tempat yang jauh, cukup keliling di dekat rumah, itu pun sudah akan membahagiakan pasangan kita. Intinya, kelekatan antara kita dan pasangan akan lebih terbentuk.

  • Saling mendoakan pasangan kita

Ini sih yang utama dari yang utama. Apa artinya keenam cara di atas, kalau kita meluapakan yang satu ini. Doa itu senjata orang yang beriman, kan? Nah, jangan sampai kita lupa untuk mendoakan pasangan kita. Kita berdoa agar hubungan kita dan pasangan kita bisa tetap terjaga dan ada dalam keridhoan-Nya.



Itu dia 7 cara merawat romantisme yang sedang saya dan suami coba untuk lakukan. Kami pun masih belajar untuk terus merawat romantisme. Satu hal yang perlu diingat, layaknya tanaman, romantisme itu butuh dirawat. Jangan menunggu layu, baru kita tersadarkan kalau kita telah kehilangan rasa. 

2 komentar:

  1. Wah...harus mengasah kembali nih romantisme. Pelukan 20" sehari yah. Pillow talk mah selalu sih. Sering jalan bareng juga kok. Oke deh. Sip...Makasih yah...

    BalasHapus