Kamis, 09 Mei 2019

Sayur Lodeh, Rasanya Tak Sesederhana Cara Membuatnya




Sayur lodeh. Pasti semua orang sangat familiar dengan sayur satu ini. Hampir setiap daerah pasti memiliki resep sendiri-sendiri untuk membuat sayur lodeh. Kalau dulu ketika tinggal di Bandung, yang namanya sayur lodeh itu sayur isiannya hampir sama dengan sayur asem, hanya berbeda di kuah dan bumbunya saja. Tapi, ketika pindah ke Jawa Timur, ternyata yang namanya sayur lodeh itu terlihat lebih simple.

Ya, pertama kali melihat penampilan sayur lodeh di keluarga suami, saya merasa memang isiannya lebih sederhana. Pengen tahu apa saja bahan dan cara membuatnya?



Bahan-bahan:
Tempe
Tahu
Terong
Santan

Bumbu-bumbu:
Bawang putih
Bawang merah
Kemiri
Kunyit
Cabai merah
Lengkuas
Daun salam
Daun jeruk
Gula
Garam

Cara Membuat:
Tempe dipotong-potong kecil, lalu dikukus. Tahu dipotong-potong kecil, lalu digoreng. Terong dikupas lalu dipotong-potong.
Ulek semua bumbu kecuali kecuali daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Lengkuas cukup digeprek saja. Setelah itu, goreng bumbu yang sudah dihaluskan beserta daun salam, daun jeruk dan lengkuas.
Masukkan tempe, tahu dan terong. Tuangkan santan encer lalu aduk-aduk perlahan sampai mendidih. Tambahkan gula, garam dan penyedap (sesuai selera)
Setelah mendidih, tambahkan santan kental. Aduk perlahan sampai tercampur dan mendidih. Jangan lupa cek rasa.
Setelah matang, angkat sayur lalu tuang ke dalam wadah. Sayur lodeh siap dihidangkan.

Itu dia resep sayur lodeh yang sangat sederhana. Rasanya setiap orang pasti bisa membuatnya. Oya, kalau di Jawa Timur, makan sayur lodeh itu akan jauh lebih nikmat dengan nasi jagung dan juga ikan asin. Meskipun makanan ini terlihat sederhana, tapi yakin deh bikin lidah bergoyang dan timbangan bergerak ke sebelah kanan. Moto hidup bakal berubah jadi diet dimulai besok hehehe….

Ok, buncan alias bunda-bunda cantik, kalau mau dicoba, silakan dicoba resepnya. It’s so simple. Apalagi di bulan puasa ini, biasanya kan bingung mau makan apa biar makan tetap enak tapi bikinnya nggak pake ribet. Ya, ini dia, sayur lodeh. Rasanya tidak sesederhana cara membuatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar