Sabtu, 14 Desember 2019

Aplikasi SehatQ: Serasa Punya Asisten Kesehatan Keluarga






Andaikan teman-teman diberikan pilihan, antara kesehatan atau kekayaan? Mana yang akan dipilih? 

Saya pikir, tidak hanya saya, namun semua orang akan memilih yang pertama. Dengan tubuh yang sehat kita bisa mendapatkan kekayaan. Tapi sebaliknya, ketika kita sakit-sakitan maka harta kita akan tergerus habis untuk mengobati penyakit kita. Apapun akan kita lakukan agar kita bisa sehat.


Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak.
(Mahatma Gandhi)


Sehat itu mahal. Sehat itu berharga. Semua umat sejagat raya pastinya setuju dengan ungkapan tersebut. Apalagi hari gini, butuh berdigit-digit untuk membayar biaya pengobatan di fasilitas kesehatan terbaik. Sudah menjadi sebuah kesepakatan kalau fasilitas dan juga obat-obatan yang terbaik itu, pastilah harganya mahal.

Nah, karena alasan itulah, tentu saja semua orang akan berusaha untuk tetap sehat. mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Meskipun terdengar klise, tapi memang hal itulah yang harus dilakukan.

Apalagi sebagai seorang ibu dari dua balita seperti saya. Ya, hanya seorang ibu yang tahu bagaimana rasanya kalau anak atau suami sakit. Jawaban satu, nggak tentu rasa. Sering terbersit, lebih baik rasa sakit itu pindah saja ke kita sendiri. Rasanya tidak tega melihat orang-orang yang kita sayangi sakit. Pokoknya seorang ibu nggak bakalan enak makan, enak tidur dan nggak bisa tenang melakukan apapun.

Bahkan tidak sedikit yang kadang jadi salah tingkah. Dalam pikir kita bagaimana bisa melihat pasangan dan buah hati kembali sehat. Berbagai cara kita lakukan. Mulai dari mencari referensi obat alami hingga langsung mencari jadwal dokter yang sedang praktek.

Tidak hanya itu, bahkan ketika stress melanda, ibu juga butuh support. Seorang ibu butuh teman hanya untuk sekadar mendengar curhatan, atau mungkin mencari orang yang pernah mengalami hal yang sama. Terlihat sederhana dan receh banget, tapi bagi seorang ibu hal tersebut bisa membuatnya tetap waras.

Masalah kesehatan keluarga memang menjadi hal yang sangat penting dalam kamus emak-emak. Apapun akan dilakukan agar anak-anak dan suami tetap sehat. Sudah bukan hal yang aneh ketika para ibu rajin banget mencari artikel tentang kesehatan. Lihat anak dan suami agak kurang sehat, langsung aja browsing dan mencari referensi apa yang harus dilakukan.

Di era digital saat ini memang sudah menjadi hal yang wajar ketika semuanya selalu dihubungkan dengan dunia internet. Kita merasa lebih mudah dan bahkan lebih percaya dengan apa yang kita dapatkan di dunia digital. Sebenarnya alasannya sederhana, kita selalu mencari yang lebih mudah, cepat dan juga terpercaya. Untuk urusan kesehatan pun, kita tidak mau dibuat ribet dan lama.

Ya iyalah, untuk urusan anak dan suami sakit, kita nggak mau menunggu lama. Cukup satu klik, kita harus sudah bisa menemukan solusi. Tidak hanya pada saat sakit, kita pun tentu saja membutuhkan referensi untuk menjaga kesehatan keluarga.

Hmmm… Tentu saja saat ini banyak sekali aplikasi tentang kesahatan. Tapi, kita tidak bisa percaya begitu saja. Kita juga harus memilih yang benar-benar terpercaya. Tidak hanya itu, kita juga pastinya memilih yang lebih lengkap.

Nah, sekarang ada solusi dari masalah kesehatan keluarga. Aplikasi SehatQ. Apa itu aplikasi SehatQ?

Aplikasi SehatQ



SehatQ adalah platform kesehatan yang bertujuan menjadi asisten kesehatan bagi keluarga Indonesia.

Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. 

Dengan memiliki aplikasi SehatQ, kita bisa tanya dokter langsung. Tanpa harus menunggu lama, kia bisa langsung tercerhakan dan menemukan jawaa

Apa Saja Yang Ada Di Aplikasi SehatQ?
Aplikasi kesehatan satu ini memang benar-benar lengkap. Ada sembilan fitur yang bisa membantu kita dalam urusan kesehatn keluarga, diantaranya:
  • Obat





Di sini kita bisa mengetahui jenis obat apa yang cocok untuk berbagai jenis penyakit. Kita mendapatkan edukasi tentang nama obat dan juga cara penggunaannya. Dengan mengetahui nama dan jenis obat, tentu saja tidak membuat kita bisa mendapatkan obat tersebut dengan mudah. Di situ akan dijelaskan apakah obat tersebut jenis obta resep atau obat konsumen.





Ada banyak artikel tentang kesehatan yang bisa mencerahkan kita. Ada artikel tentang pencegahan yang bisa membantu kita terhindar dari penyakit. Kita juga bisa membaca tulisan tentang bagaimana cara pertolongan pertama dari sebuah penyakit. Ada beberapa tema yang bisa kita baca, diantaranya:
  1. Hidup sehat
  2. Kulit & Kecantikan
  3. Bayi & Menyusui
  4. Penyakit
  5. Sex & Realtionship
  6. Kesehatan Wanita


  • Dokter




Kita bisa mendapatkan direktori dokter. Ini lengkap banget, loh. Kita bisa mencari dokter dengan mengurutkan jarak terdekat dari lokasi kita. Dokternya pun dari mulai dokter umum sampai dokter spesialis, ada di sini. Kita tinggal klik saja untuk melihat jadwal praktek dan lokasi dokter tersebut dan bisa langsung booking dokter. Oya, dokternya pun nggak hanya di Jabodetabek. Di beberapa kota lain pun ada, loh.

  • Rumah Sakit




Di fitur ini kita bisa memilih Rumah Sakit atau Klinik yang sesuai dengan pilihan kita. Selain itu, kita pun bisa melihat berdasarkan google review. Ada sekitar 2452 fasilitas kesehatan yang tersebar di beberapa kota. Jadi dengan mudah kita bisa memilih Rumah Sakit terdekat dengan posisi kita berada.

  • Penyakit




Kita bisa mendapatkan edukasi tentang berbagai jenis penyakit. Di sini akan dibahas mulai dari pengertian penyakit, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan, kapan harus berkonsultasi ke dokter, apa yang harus dipersiapkan sebelum konsultasi ke dokter, dan apa yang akan dilakukan dokter pada saat berkonsultasi.

  • Chat Dokter




Kita bisa melakukan chat dengan dokter setelah sebelumnya kita harus log in terlebih dahulu. Caranya mudah kok, kita bisa menggunakan akun email, facebook atau google.

  • Promo




Sssttt… Ada banyak promo yang bisa kita nikmati dari beberapa Rumah Sakit atau Klinik. Promonya pun dari mulai 20% sampai 71% loh. 


  • Forum



Fitur ini berisi tentang beberapa pertanyaan yang diajukan oleh penanya dan langsung dijawab pleh dokter yang kompeten. Dalam fitur ini, selain menjadi ajang konsultasi, bisa juga menjadi sarana sharing karena kita yang mengunjungi laman ini bisa ikut berkomentar. Oya, fitur forum kesehatan ini hanya ada di dalam versi website, dan tidak terdapat dalam  versi aplikasi. 

  • Acara



Kita bisa tahu jadwal seminar dan penyuluhan, senam hamil, dan bahkan lomba. Keterangan yang dibagikan pun sangat jelas.

Itu dia fitur yang ada di aplikasi SehatQ. Lengkap banget, kan? Rasanya rugi banget kalau kita nggak install aplikasi satu ini.

Oya, selain ada aplikasinya, SehatQ juga memiliki akun sosial media yang juga memberikan banyak manfaat bagi kita, loh.

Jadi, mulai sekarang nggak perlu mengeluh atau bingung sendiri kalau sakit. Tinggal install aplikasi SehatQ, terus follow juga akun sosial medianya. Yakin deh, dengan aplikasi SehatQ, kita tuh serasa punya asisten kesehatan keluarga.  

32 komentar:

  1. Aplikasi SehatQ emang juara deh. Aku juga sudah download aplikasi dan memang serasa punya asisten kesehatan keluarga dalam genggaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Mbak. Akujuga merasa terbantu nih dengan aplikasi SehatQ.

      Hapus
  2. Betul banget ya, lebih praktis ada di genggaman, semacam punya asisten kesehatan banget nih.
    Fiturnya lengkap dan simple pula, semua pertanyaan dan kebutuhan kita akan kesehatan ter-cover di dalamnya.
    Rugi banget kalau nggak donlot aplikasi sehatqu ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Rugi deh kalau nggak sampai download :)

      Hapus
  3. Aplikasi yang penting nih dan membantu banget pastinya. Segala informasi tentang kesehatan mulai jadwal dokter dan kegiatan-kegiatan lainnya tinggal kita akses dari aplikasi ini

    BalasHapus
  4. Aku udah download sih aplikasi ini, seru juga tapi masih aku pelajari hehehehe

    BalasHapus
  5. Wah canggih nih zaman now mau konsultasi kesehatan bisa secara online melalui aplikasi SehatQ ya. AKu kepo nih smaa dokter kulit mau tanya2 kulit wajahku yg sensitif. Jadi kita cukup di rumah aja ya udh praktis dan hemat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang nggak bikin ribet, bantu banget nih buat kita emak-emak yang rempong :)

      Hapus
  6. Dengan adanya aplikasi kesehatan orang daerah seperti saya yang jauh ke puskesmas apalagi ke rumah sakit, sangat membantu sekali lho. Gak harus keluar jauh, ngeluarin ongkos blm tentu dokternya ada di puskesmas, cukup dengan buka hp, konsultasi dokter sudah bisa dilakukan ya. Keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Teh. Dengan aplikasi SehatQ kita terbantu banget, dan tentunya untuk sehat jadi lebih mudah :)

      Hapus
  7. Fitur promo ini sangat menarik sekali mba Intan.
    gak hanya buat inap saja, tapi bisa juga dipake cuma buat konsul ya kan mba..
    Pengennya sih kalo bisa milih, kita semua sehat-sehat. Tapi kalo harus sakit, minimal lebih mudah karena ada aplikasi sehatQ di tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat fitur promo, langsung jelas ya, Mbak. Sama kayak aku hehehe... Bawaan emak-emak ya :)

      Hapus
  8. Kemarin aku sempat nyoba fitur chat dokter dari SehatQ,

    Galau dgn BB anak, dokternya ramah dan respinsive..

    Aku disarankan menemui dokter tumbuh kembang anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh, enak banget kan, Mbak. Jadi setidaknya kita dapat edukasi dulu sebelum pergi ke dokter tuh.

      Hapus
  9. Saya suka juga baca artikel di sehatq. pernah manfaatin buat daftar periksa ke dokter gigi anak.
    Enak ya skrng bahkan bisa konsul via online, eh mungkin lbh tepatnya bukan konsul tapi minta rekomendasi apa yag kudu dilakukan kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Aku juga suka banget baca artikelnya. Jadi nambah pengetahuan tentang kesehatan keluarga dan juga diri sendiri.

      Hapus
  10. Platform kesehatan sekarang banyak juga ya.. Aku baru tahu juga nih ditambah aplikasi SehatQ

    BalasHapus
  11. Jaman digital ga perlu antri lagi ya bila mau ke dokter, karena sekarang ini konsultasi dokter sudah bisa lewat aplikasi sehatq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Nggak ribet dan pastinya dokternya juga qualified.

      Hapus
  12. Asik ya bisa konsultasi online dg dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Mbak. Asyik banget pokoknya :)

      Hapus
    2. Saya juga pernah konsultasi online pakai aplikasi Sehatq ini, alhamdulillah jd lebih praktis dan hemat tentunya

      Hapus
  13. Jaman sekarang untuk urusan kesehatan semakin dimudahkan sama teknologi ya. Dokter pun bisa di booked melalui aplikasi SehatQ ini. Sebab ketemu dan tatap muka untuk pemeriksaan kesehatan itu tetap perlu sih. Jadi keberadaan aplikasi kesehatan dan dokter saling beriringan dengan porsi kebutuhan yang sama besarnya, saat ini.

    BalasHapus
  14. paling suka layanan booking dokter. memudahkan sekali mengingat antre di RS itu lamaaa dan biki jenuh. banyak info kesehatan jg yaa di sehatq

    BalasHapus
  15. Aku suka baca artikelnya. Bagus2 lo. Tulisannya juga 'deep' untuk sebuah artikel kesehatan

    BalasHapus
  16. Sudah banyak yang omongin aplikasi SehatQ tapi belum pernah coba layanan aplikasi yang ada, mau cus ah di coba semua layanan yang ada. Makasih ya infonya Mba

    BalasHapus
  17. Jadi penasaran pengen buka aplikasi SehatQ buat tau faskes di Sidoarjo ada apa aja, soalnya masih buta banget sama daerah sini. Jarang menjelajah :D

    Btw, promo-promonya itu juga mencakup daerah lain gak? Atau cuma Jabodetabek aja?

    BalasHapus
  18. Aku tertarik sama fitur cari obat dan eventsnya. Soalnya di aplikasi kesehatan lainnya ga ada. Kapan-kapan kalo butuh aku download deh.

    BalasHapus
  19. Kerasa banget aplikasi ini bermanfaat kalau kita merasakan gejala2 yg tdk biasa terasa di tubuh ya mba.

    BalasHapus