Selasa, 26 Mei 2020

Kumparan, Kiblatnya Berita Terkini dan Terupdate





Kumparan. Platform media kolaboratif Indonesia yang pertama kali diluncurkan pada Januari 2017. Kumparan hadir sebagai wadah membaca, membuat dan berbagi beragam berita dan informasi. Kumparan merupakan platform pertama di Indonesia yang menerapkan jurnalisme berbasis teknologi yang memungkinkan interaksi bagi penggunanya.

Kumparan berkomitmen menghadirkan konten yang menjunjung tinggi kredibilitas dan memegang teguh etika jurnalisme. Hal tersebut dikarenakan Kumparan menerapkan Personalization Algorithm Technology (PAT). Dengan PAT ini, konten yang dihasilkan akan berkualitas dan tersebar kepada orang yang tepat  di waktu yang tepat pula.



Selain menerapkan PAT, seluruh jurnalis Kumparan pun telah mendapatkan sertifikasi resmi dari Dewan Pers pada tahun 2018. Sebanyak 158 jurnalis Kumparan telah lulus uji kompetensi.

Kumparan tidak hanya bisa dinikmati di website saja. Kita pun bisa mengakses berita dan informasi terupdate melalui aplikasi di mobile phone. Dengan cara meng-install aplikasi Kumparan di Playstore, kita bisa langsung mendapatkan update berita terkini yang berkualitas dan kredibel. Aplikasi Kumparan di smartphone terhitung ringan, sehingga mudah diakses. Kita hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 58MB di smartphone.




Kelebihan lainnya dari aplikasi Kumparan ialah tampilannya yang fresh dan tidak banyak iklan. Kita sebagai pembaca diberikan kenyamanan untuk mendapatkan berita dan informasi. Tidak membuat mata lelah karena tampilan yang ramah dan simple.

Berita dan informasi yang disajikan di aplikasi Kumparan biasanya tidak terlalu panjang. Namun, apa yang dicari pembaca bisa didapatkan. Artinya penyajian berita tidak bertele-tele. Pembaca bisa langsung mendapatkan berita atau informasi yang diinginkan. 

Kumparan pun menyajikan berita dengan sangat cepat. Biasanya tidak sampai hitungan jam, informasi terkini dan terupdate bisa kita dapatkan. Hal ini menjadikan kita lebih mudah, cepat dan tepat dalam mendapatkan berita dan informasi. Saya pribadi merasakan manfaat dari sejak memasang aplikasi Kumparan di smartphone. Setiap kejadian akan kita ketahui secepat mungkin.

Selain itu, yang saya suka dari Kumparan ialah cepat mengkonfirmasi dan meminta maaf ketika berita yang disajikan sebelumnya tidak sesuai atau ada kesalahan. Sehingga berita yang tersebar tidak menjadi hoaks di masyarakat luas.

Kumparan juga menyediakan ruang bagi masyarakat untuk ikut berbagi informasi. Kita bisa menuliskan informasi atau apapun yang kita ingin bagikan. Tentu saja apa yang kita tulis dan sebarkan harus yang bersifat positif.

Tidak hanya itu, sebagai pembaca, kita pun disediakan wadah untuk mengetahui berita  terkini dan terupdate, mendapatkan informasi mengenai event atau kesempatan mendapatkan hadiah dari Kumparan. Kumparan menyediakan WhatsApp Group bagi para pembacanya. Kumparan memiliki 9 cluster, diantaranya: News, Entertainment, Tekno&Sains, Bola&Sport, Woman, Mom, Bisnis, Food&Travel, dan Otomotif



Menurut saya, Kumparan benar-benar platform media kolaboratif. Ada banyak manfaat dengan memiliki aplikasi Kumparan. Pokoknya tidak ada keraguan untuk #PercayaKumparan, karena berita dan informasi yang disajikan benar-benar terkini dan terupdate.



#TenanguntukMenang
#BerkahNulisdiRumah


17 komentar:

  1. Aku juga seneng baca berita kumparan,informasi yang disajikan benar-benar terkini dan terupdate.

    BalasHapus
  2. Saya kadang-kadang suka baca Kumparan. Banyak juga info menarik dan update di sana

    BalasHapus
  3. Senang banget pakai kumparan, aku juga pakai aplikasi ini untuk meraih berbagai berita yang penting dan update mbak.

    BalasHapus
  4. Saat awal banyaknya wa message tentang Covid 19, aku emang sering mengcounter hoax lewat kumparan. Bahkan setelah dapet info yang sebenarnya aku share ke temen yang kasih berita hoax tadi biar gak dishare lanjut ke mana-mana

    BalasHapus
  5. Iya, aku klo cari berita juga ke kumparan..
    Lengkap dan anti hoax

    BalasHapus
  6. Lengkap banget ya kumparan ini, ternyata ada update seputar COVID-19. Menarik juga, ya, yang pasti beritanya terpercaya dan bukan Hoax juga

    BalasHapus
  7. Setuju banget, aku juga kalo ada apa-apa, nyari rujukannya ke Kumparan. Apalagi soal Covid 19. Pasti deh langsung ke Kumparan. Biar gak kemakan hoax dan gak parno ya. Harus baca info yang terpercaya.

    BalasHapus
  8. Aku suka deh aplikasi kumparan karena gak banyak iklan yang menganggu

    BalasHapus
  9. Kumpara emang kece banget. Veritas selalu up to date plus Insha Allah selalu valid yah Mbak. Jari bisa banget diandalkan utk mencari berita anti hoax.

    BalasHapus
  10. Sejak awal kemunculan Kumparan, walau saya nggak rutin terus menerus memantau berita dari sini, namun selalu saja sumber berita terpercaya saya adalah Kumparan. Terutama di masa pandemi seperti sekarang. Baca Kumparan jadi banyak waspada dan tenangnya.

    BalasHapus
  11. Kalau semua seperti kumparan, berita-berita hoax bisa diminimalisir, karena selalu cek dan kroscek sebelum mengeluarkan pemberitaan. Ini harus ditiru oleh media pemberitaan yang lain

    BalasHapus
  12. Aku ngga pernah perdulikan berita hoax corona di wag, selalu baca kumparan yg terpercaya dan lengkap banget beritanya

    BalasHapus
  13. Aku pembaca setia Kumparan nih, tampilan web nya menarik dan nyaman dimata pas baca. Aku juga follow akun IG nya, beritanya selalu update dan terpercaya.

    BalasHapus
  14. Akuuu smpai punya Aplikasi nya juga loh si kumparan ini. Biar selalu update dengan berita terkini dan kumparan no hoax sukaaa

    BalasHapus
  15. yap kalau banyak iklan emang scrollnya jd terganggu ya. bacanya jadi lompat agak jauh juga. waaah saya sering baca di kumparan, emang jauh dari hoaks loh di sini tuh

    BalasHapus
  16. Wah aku belum instal aplikasi kumparan. Selama ini baca lewat website aja. Next coba instal ah

    BalasHapus
  17. Aku kadang sih buka kumparan mba emang yah zaman sekarang kudu pilah pilih jangan sampe deh makan berita hoax

    BalasHapus