Selasa, 30 Juni 2020

Bencoolen Coffee, Mewujudkan Impian Menjadi Barista dan Usaha Warung Kopi


Pelatihan Barista


Barista. Profesi yang akhir-akhir ini sangat familiar di telinga kita, khususnya bagi para pecinta kafe dan kopi. Barista, kafe dan kopi memang tiga hal yang tidak bisa dipisahkan. Penyajia kopi yang menarik dari seorang barista bisa menjadi alasan pengunjung datang ke sebuah kafe.

Warung Kopi. Usaha satu ini tidak akan pernah mati. Dimanapun, yang namanya warung kopi itu selalu saja ada pembelinya. Kopi itu minuman tanpa strata. Meskipun jenis dan cara minum serta penyajiannyalah yang membuatnya memiliki kelas tertentu. Tapi intinya, hampir semua orang suka atau mungkin pernah menyicipi kopi.

Bahkan Indonesia menduduki urutan kedua setelah negara Brazil sebagai negara dengan konsumsi terbesar di dunia. Bahkan menurut data Kementerian Pertanian, konsumsi kopi di Indonesia pada tahun 2021 diprediksi mencapai 370 ribu ton.

Sumber: databoks.katadata.co.id


Masih berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, kopi Indonesia yang diekspor mencapai 467.790 ton dengan nilai US$ 1,19 miliar atau setara dengan Rp 16 triliun dengan kurs rupiah Rp 14 ribu per dollar Amerika Serikat.

Jumlah tersebut memang sesuai dengan hasil produksi kopi di negara ini. Ada 3 provinsi penghasil kopi terbesar yaitu: Sumatera Selatan sebanyak 184.168 ton, Lampung sebanyak 106.746 ton dan Jawa Timur sebanyak 71.551 ton.

Sumber:databoks.katadat.co.id


Indonesia memang memiliki beberapa jenis kopi yang terkenal di dunia, diantaranya: Luwak, Java, Gayo, Toraja, Wamena, Kintamani, Sidikalang, Lanang, Sumatera dan Preanger. Bahkan kata “Java” sekarang menjadi bahasa slang dalam Bahasa Inggris untuk kopi. Tidak hanya itu, salah satu kopi dari Indonesia pun masuk kedalam kategori kopi termahal di dunia. Ya, harga untuk kopi Gayo dibanderol mulai dari Rp 2,4 juta.

Tapi, meskipun harganya ada yang mencapai jutaan, kopi tetaplah menjadi minuman sejuta umat. Oleh karena itu, usaha ataupun profesi yang berhubungan dengan kopi akan tetap dibutuhkan dan dicari. Pertanyaannya sekarang, apa yang bisa membuat berbeda dan memiliki nilai jual tinggi?

Ya, di tengah persaingan usaha, seorang barista harus memiliki keahlian yang lebih baik. Ia harus pandai berinovasi dan berkreasi dalam meracik serta menyajikan kopi. Kopi yang diracik dengan sentuhan nilai seni yang kuat akan lebih bernilai jual tinggi daripada yang disajikan seadanya.

Tidak berbeda jauh dari profesi barista, usaha warung kopi pun membutuhkan ilmu untuk memulai dan menjalankannya. Jika ingin bertahan di tengah persaingan usaha saat ini, kita harus mampu menghadirkan warung kopi yang asyik dan kekinian tentunya.

Bencoolen Coffee. The Bencoolen Coffee brand perusahaan yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Usaha ini membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir dan membuatnya lebih mudah bagi pemerintah untuk mengontrol hasil perkebunan kopi. The Bencoolen Coffee mengelola kopi berkualitas dan jujur untuk menarik konsumen yang akan membeli kopi petani sesuai degan mekanisme yang dikelola oleh The Bencoolen Coffee.


Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Kartu Prakerja

Di tengah pandemic Covid-19, Pemerintah menggulirkan Kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang di-PHK serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

The Bencoolen Coffee bekerja sama dengan Kemnaker, Skill Academi by Ruang Guru dan juga Mau Belajar Apa menghadirkan pelatihan digital barista dan usaha warung kopi.




Manfaat Mengikuti Pelatihan di Bencoolen Coffee?
Kita akan dididik untuk menjadi Barista yang luar biasa dengan beberapa manfaat dan kelebihan yang tidak akan didapat dari pelatihan lainnya, diantaranya:
  • Pengetahuan Kopi

Kita akan mendapatkan pelatihan dalam mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR, mengetahui jenis kopi, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi.

  • Memahami kebutuhan menjadi barista

Selain memahami jenis kopi, kita juga akan memahami karakteristik kopi dan cara meracik kopi. Selain itu, kita juga akan mendapatkan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang barista.

  • Barista handal

Kita akan diberikan tips dan trik dalam meracikkan kopi standard barista. Kita akan mendapat pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi.

  • Wirausaha warung kopi

Kita juga akan diberikan pelatihan dalam membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim. Manfaatnya tentu saja kita bisa membuka kedai kopi di daerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian yang dan cita rasa KOPI JUJUR terbaik.


Paket Pelatihan Barista

1. 


 2. 


3. 



Bagaimana Cara Ikut Program Prakerja Bersama Bencoolen Coffee?
Kita cukup mendaftarkan diri lalu lakukan pembayaran.


Siapa Saja yang Dapat Mengikuti Pelatihan Ini?
  • Para kaum milenial
  • Pemilik UMKM
  • Masyarakat umum yang tertarik untuk membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim
  • Para peserta prakerja yang sudah memiliki kartu prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi terdiri dari para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.


Apa Saja Syarat Mengikuti Pelatihan Ini?
Tidak ada syarat khusus, peserta hanya disarankan untuk memiliki kelengkapan untuk mengakses materi yang akan disampaikan, yaitu:
  • Koneksi internet yang stabil
  • Gadget (handphone/laptop)
  • Mengunduh aplikasi ZOOM
  • Buku dan alat tulis untuk mencatat


Apa Saja yang Didapatkan dengan Mengikuti Pelatihan Ini?
Materi dibagi menjadi 3 pelatihan utama, yaitu Barista Pemula, Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian, dan Outlet Warung Kopi. Jika kita mengikuti semua pelatihan maka akan diberikan bimbingan gratis mengenai meracik kopi dan membuak outlet. Selain itu peserta akan mendapatkan coffee bag (100 gram) secara cuma-cuma sebagai bahan pembuatan kopi (selama ada persediaan dan jumlah terbatas).






Gimana, sudah cukup jelas ya? Jadi bagi siapapun yang ingin menjadi barista luar biasa atau punya impian memiliki warung kopi, yuk ikutan pelatihan di Bencoolen Coffee. Jadilah barista merdeka bersama Bencoolen Coffee.

Untuk info lebih lanjut, langsung saja kunjungi:
Prakerja.bencoolencoffee.com
maubelajarapa.com
skillacademy.com

Alamat Café dan Outlet
PT. CYBER GLOBAL INDONESIA
Gedung Perkantoran Pulo Mas Satu
Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 2
Gedung 6 Lantai 2 No.4
Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, DKI Jakarta 1321





Referensi Tulisan dan Gambar:
bencoolencoffee.com
databoks.katadata.co.id
brilicious.brilio.net

17 komentar:

  1. Mudah sekali caranya ingin belajar jadi barista.Bisa terwujud nih bagi siapa saja yang punya impian memiliki warung kopi, dengan ikutan pelatihan di Bencoolen Coffee. Salut untuk program kerennya!

    BalasHapus
  2. Saya pernah cobain kopi bengkulu. Di Jakarta memang ada cafenya. Rasa kopinya enak juga

    BalasHapus
  3. Owh, jd pelatihannya online ya
    Saya minat juga buat daftarkan sodara saya. Dia tertarik mau buka kedai kopi 🙏😀

    BalasHapus
  4. Pernah tau model pelatihan gini dari mas Yoseph SKDE di cafe-nya di Solo mbak.
    Ini melatih para anak muda menjadi barista dengan sertifikasi, keren emang kerjanya

    BalasHapus
  5. Wah keren nih Bencoolen Coffee, Karena saya paling salut dengan perusahaan yang ngga hanya menjual juga mendidik
    Dengan cara ini banyak umkm tumbuh, product Indonesia juga terangkat

    BalasHapus
  6. Oh, ternyata ini pelatihan yang bisa didapat dari kartu pra pekerja, ya? Bagus juga buat menambah lapangan kerja baru setelah ikut pelatihan.

    BalasHapus
  7. Eh iya bener Warung Kopi. Usaha satu ini tidak akan pernah mati. Krena kopi semua org pasti suka semoga sukses mba

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau Bencoolen Coffee ini perusahaan yang didirikan pemerintah. Di masa kopi sedang jadi minuman hits, pelatihan ini bakal bermanfaat sekali karena bisa jadi jalan membuka lapangan kerja.

    BalasHapus
  9. Bermanfaat sekali pelatihannya, khususnya yang tertarik dengan kopi. Aku baru tahu kalau Bencoolen Coffee itu perusahaan yang didirikan pemerintah, keren! Nanti aku kasi tau teman deh, seingatku banyak yang tertarik dengan profesi barista ini.

    BalasHapus
  10. Jika punya niat untuk membuat kedai kopi yang berbeda, memang kudu mengikuti pelatihan dan bertemu dengan penggiat kegiatan yang sama dalam komunitas ya. Semoga progaram ini memberi manfaat bagi yg memerlukan.

    BalasHapus
  11. ternyata mudah ya kalo pengen bisa jadi barista melalui Bencoolen Coffee, apalagi didukung sama pelatihan gini. Semoga anak muda yang masih mencari kerja, bisa ikut pelatihannya ini dan manfaatnya makin meluas ya mbak :)

    BalasHapus
  12. Pelatihan ini bagus banget apalagi masa pandemi ini perbanyak skill yang bisa menambah ilmu kan ya. Siapa tahu bisa sekalian buka usaha nantinya

    BalasHapus
  13. Akkkh sekaramng apa aja bisa dilakukan ya mba, ikut pelatihan di Bencoolen Coffee misalnya/. Lunayan dapat manfaat dan belajar jadi barista juga. Usaha warung kopi emng lagi digeluti

    BalasHapus
  14. Menjadi Barista merupakan peluang juga nih, apalagi untuk mempelajari tekniknya itu bisa dengan memanfaatkan kartu pra kerja. Sehingga setelah mahir bisa mantap ya menjadi barista

    BalasHapus
  15. Wah terima kasih banget nih infonya, anakku pengen jadi barista.
    Eh tapi harus punya kartu pra kerja dulu ya.

    BalasHapus
  16. Aku pengen baget ikut pelatihan barista tapi bukan pelaku umkm. Aku lom punya usaha mandiri. Huhu..

    BalasHapus
  17. wah, keren nih bisa jadi barista. pelatihannya ga sulit ya. lumayan buat nambah ilmu dan bisa bikin warung kopi sendiri.

    BalasHapus