Selasa, 28 Juli 2020

Tips Tetap Sehat dan Bahagia di Masa Adapatasi Kebiasaan Baru


Modena, Live Healthy and Happy


The New Normal. Mau tidak mau kita harus menjalani kebiasaan hidup baru. Banyak hal berubah setelah kehadiran Corona Virus. Kebiasaan baru sudah menjadi gaya hidup kita sekarang, mulai dari menggunakan masker, memakai hand sanitizer dan juga menjaga jarak.

Kita dituntut untuk semakin peka akan kesahatan, setidaknya dengan peduli terhadap kesehatan diri sendiri, secara tidak langsung kita pun telah melindungi kesehatan orang lain. Sebagai seorang ibu, tentu saja kita pun harus lebih cerdas dan bijak dalam menjaga kesehatan keluarga. Ibu adalah garda terdepan agar keluarga tetap sehat di masa adapatasi new normal.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa tetap sehat dan bahagia di masa adaptasi new normal ini. Kenapa harus sehat dan bahagia? Ya, dua hal tersebut tidak bisa dipisahkan loh, saling berhubungan. Ketika kita merasa bahagia, maka itu akan berdampak pada kesehatan tubuh kita. Bukan karena kita sehat, maka kita bahagia. Tapi, karena kita merasa bahagia maka tubuh akan memiliki imunitas yang tinggi.

Nah, kali ini saya ingin berbagi tips agar tetap sehat dan bahagia di masa adaptasi new normal ini. Sssttt, ini sudah saya lakukan bersama pasangan dan anak-anak loh di rumah.  Saya menyebutnya MESH Tips

Apa itu MESH Tips? Yap, dalam bahasa Inggris, MESH berarti lubang, menghubungkan, saling menangkap, bertautan. Nah, tapi MESH yang dimaksud di sini ialah akronim dari 4 aktivitas sederhana yang hasilnya luar biasa. Ini dia MESH yang akan membuat hidup kita lebih sehat dan bahagia: 

  • Move

Menurut studi yang terbit di American Journal of Epidemiology ditemukan bahwa bergerak selama 30 menit (selain duduk) tetap dapat membantu kita memiliki umur panjang.

Sebagai seorang istri dan ibu, tentu saja aktivitas kita hampir tanpa jeda. Tapi, investasikan waktu sedikit saja untuk berolahraga. Tidak perlu mencari olahraga yang harus mengeluarkan uang. Ya, cukup dengan berjalan kaki atau senam aerobic. Tak harus lama, karena yang terpenting rutin saja dilakukan.

Menurut Physical Activity Guidelines Amerika Serikat, orang dewasa sebaiknya melakukan 150 menit latihan aerobic per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobic per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olagraga lainnya.

Berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah per hari juga sama manfaat dengan melakukan aerobic. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa wanita yang melakukan jalan 10.000 langkah per hari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh.

Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi fisik kita, tapi juga secara psikologis akan memberikan efek yang luar biasa. Kita akan jauh lebih bahagia. Dengan berolahraga, maka akan memicu pelepasan endorphin, yang merupakan zat kimia otak yang membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks.

Di masa adaptasi kebiasaan baru, bahagia itu wajib. Karena pemicu datangnya penyakit itu, adalah perasaan tertekan. So, mulai saat ini, NO MAGER!

  • Eat Well

You are what you eat. Setuju nggak dengan pernyataan tersebut? Kalau saya sih, yes.

Urusan makan ini sebenarnya sederhana, tapi terkadang kita sendiri yang membuatnya sulit. Saya yakin semua orang tahu dan paham makanan sehat itu seperti apa. Namun, seringkali kita lebih memenuhi keinginan daripada kebutuhan tubuh kita.

Makanan sehat itu seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Kita memerlukan karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. Tentu saja dengan takaran yang seimbang sesuai dengan usia dan juga aktivitas kita sehari-hari.

Tidak hanya makanan, kita pun membutuhkan cairan. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, disarankan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml atau setara dengan 2 liter per hari.

Ketika tubuh kita tidak mendapat asupan cairan yang cukup, maka akan mengakibatkan dehidrasi, baik dehidrasi ringan ataupun berat. Dehidrasi sedang bisa sembuh tanpa bantuan medis dengan cara minum lebih banyak.

Dehidrasi sedang ditandai dengan adanya rasa haus, mulut terasa kering dan lengket, warna urine lebih gelap dan pekat, mudah mengantuk, cepat meras lelah, frekuensi buang air kecil menurun, sembelit dan sakit kepala.

Sedangkan dehidrasi berat ditandai dengan sesak napas, mata tampak cekung, mudah marah dan kebingungan, denyut jantung cepat tapi lemah, demam, penurunan kesadaran atau pingsan, kulit tidak elastis dan tekanan darah rendah.

  • Sleep Enough

Jangan pernah anggap enteng masalah tidur. Tidur bukan sekadar memejamkan mata. Tidur yang berkualitas akan memberikan efek yang baik pada kesehatan tubuh kita, baik secara fisik maupun psikis.

National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur sesuai dengan kelompok usia, yaitu:
  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14 – 17 jam setiap hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12 – 15 jam setiap hari
  • Balita (1-2 tahun): 11 – 14 jam setiap hari
  • Pra sekolah (3-5 tahun): 10 – 13 jam setiap hari
  • Usia sekola (6-13 tahun): 9 – 11 jam setiap hari
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7 – 9 jam setiap hari
  • Dewasa (26-64 tahun): 7 – 9 jam setiap hari
  • Lansia (64 tahun ke atas): 7 – 8 jam setiap hari


Lamanya waktu tidur akan memengaruhi fisik dan pisikis. Tidak kekuragan dan juga tidak kelebihan jam tidur akan membuat kita jauh lebih sehat dan bahagia.

  • Hug

Menurut penelitian di University of Kansas AS, pelukan semalam 10-20 detik dapat memperlancar sirkulasi darah dan oksigen.

Sementara menurut penelitian University of North Carolina, Amerika Serikat, memeluk pasangan akan meningkatkan hormone oksitosin yang membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi cemas dan mengurangi hormone stress kortisol.

Selain itu, pelukan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada tulang dada dan muatan emosional yang diciptakan mengaktifkan solar plexus chakra. Solar Plexus Chakra merupakan kelenjar timus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih, yang membuat kita tambah sehat dan bebas penyakit.

Itulah MESH tips yang bisa kita lakukan di masa adpatasi new normal. Sederhana kok, tapi efeknya sangat luar biasa. Karena saat ini, kita butuh imun lebih agar tetap sehat dan bahagia.


Water Dispenser Bio Pad



Oya, ngomong-ngomong agar tetap sehat di masa adaptasi kebiasaan baru, PT Modena Indonesia meluncurkan produk yang bisa mendukung gaya hidup sehat kita. Tadi di atas dibahas kan, kalau salah satu cara untuk tetap sehat itu, harus mengkonsumsi air yang cukup.

Nah, PT Modena Indonesia pada bulan Juli lalu mengeluarkan Modena Dispenser Bio Pad. Water Dispenser dengan seri Salutare DD 7181 ini menggunakan teknologi bio pad. Bio pad ialah semacam kristal yang ditaruh di dalam mesin water dispenser, yang dapat mengubah air biasa menjadi air heksagonal.

Mengkonsumsi air heksagonal dipercaya sebagai solusi untuk menjaga kesehatan sekaligus menciptakan keseimbangan dalam tubuh. Sebenarnya secara alami, air heksagonal ini terdapat di alam. Tapi, saat ini, karena pencemaran semakin banyak, maka air heksagonal semakin sulit ditemui.

Menurut Joko Santoso, Branch Manager PT. Modena Indonesia cabang Yogyakarta, teknologi bio pad akan menghasilkan gelombang kuantum yang membentuk struktur molekul air menjadi formasi segi enam, atau biasa disebut heksagonal. Ruang kosong di tengah formasi heksagonal inilah tempat dimana oksigen diikat. Karena itulah, air heksagonal mengandung lebih banyak oksigen.

Dengan kandungan oksigen yang lebih banyak, maka air heksagonal diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya detoksifikasi tubuh, memkasimalkan penyerapan nutrisi dalam darah, sehingga menghasilkan lebih banyak energy. Selain itu, air heksagonal juga mengandung lebih banyak ion kalsium yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kebugaran.

Water Dispenser Bio Pad ini memang sangat mendukung gaya hidup sehat. Apalagi di masa adapatasi kebiasaan baru, kita benar-benar harus peduli akan kesehatan diri sendiri dan juga keluarga kita.




Dengan kelebihan yang dimiliki Water Dispenser Bio Pad Salutare DD 7181 L ini, maka tidak heran kalau respon masyarakat luas dangat luar biasa. Water Dispenser Bio Pad bisa kita dapatkan dengan harga Rp, 5.000.000. Sangat sepadan dengan manfaat yang akan kita dapatkan.

Hadirnya Water Dispenser Bio Pad Salutare DD 7181 L ini menjadi bukti komitmen Modena untuk terus berinovasi menghadirkan produk-produk berkualitas yang menunjang gaya hidup sehat. So, untuk teman-teman yang peduli akan kesehatan, kini saatnya memiliki Water Dispenser Bio Pad ini. Tidak ada kata nanti untuk hidup lebih sehat dan bahagia.


Sumber:

23 komentar:

  1. MESH Tips, keren dan komplit! Saya yang perlu perbaikan Sleep Enough-nya. Kadang tidur larut, padahal ga sehat ya. Memang benar kita mesti jaga kondisi dengan Move, Eat Well, Sleep Enough dan Hug, agar tahan banting saat pandemi begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang nggak mudah sih bagi kita yang sering dikejar deadline hehehe...

      Hapus
  2. Bagus banget tipsnya mbak. Aku tuh mager banget, tapi jadi motivasi buat lakuin MESH. Thanks dear.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, investasikan waktu buat move, biar tetap sehat :)

      Hapus
  3. tips ini sangat berguna banget dimasa lagi menghadapi pandemi ini, biar tetap jaga kesehatan...mari semya kita mulai hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, mulai dari sendiri, terus tularin deh kebiasaan hidup sehatnya :)

      Hapus
  4. wah mantap ini dispensernya, jelas sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari. jadi pengen punya satu deh.

    BalasHapus
  5. Saya pernah install aplikasi supaya bisa 10.000 langkah per hari .Ternyata 3000 per hari udah ngos ngosan 😁😁😁

    BalasHapus
  6. Aku suka poin HUG karena menurutku klo lg gak enak .dipeluk tuh bkin melted

    BalasHapus
  7. Kece nih idenya, MESH ya, mudah buat diinget, bener banget masa pandemi ini bikin stress tersendiri ya, makanya perlu banget kita bikin bahagia kita sendiri

    BalasHapus
  8. Betul banget mbak dengan tidur yang cukup bisa membuat kita jauh lebih sehat dan bahagia. Btw makasih banyak sharingnya moga bisa mengaplikasikan MESH dalam kehidupanku.

    BalasHapus
  9. Bener banget mbak, kurang tidur bener2 bikin kesehatan menurun. Aku termasuk orang yang banyak tidur sih, ya ga sampe kelebihan, tapi berasa banget badan jadi ga enak kalau tiba2 jadi kurang tidur. Kepala sakit, badan lemes, makan ga enak, males, gak semangat, pokoknya lemah. Jadi aku pantang banget melek kelamaan. Siang aku tidur. Setidaknya 1 jam. Kalau malam, setidaknya jam 9 udah tidur, bangun jam 4. Kalau kurang dari itu, terganggu banget.

    BalasHapus
  10. Hehe.. Belajar hal baru lagi nih aku. Baru tahu ada MESH.
    Kalo aku kayaknya selama pandemi adaptasi nya lebih suka makan ama tbah jam tidur deh. Lebih banyak di rumah soalnya 🤣

    BalasHapus
  11. Hehe.. Belajar hal baru lagi nih aku. Baru tahu ada MESH.
    Kalo aku kayaknya selama pandemi adaptasi nya lebih suka makan ama tbah jam tidur deh. Lebih banyak di rumah soalnya 🤣

    BalasHapus
  12. Lamanya tidur memang berpengaruh ya. Walaupun sih semasa WFH malah yang ada tidurnya 6 jam an daku, soalnya nguber deadline hehe

    BalasHapus
  13. Kreatif juga ya, jd MESH
    Aku pastinya adaptasi jd kaum rebahan, no job unt pariwisata hehe

    BalasHapus
  14. Wahh makasih lohh mbak tipsnya. AKB memang diterapkan nih di Bandung juga, jadu aku sendiri udah mulai beraktifitas keluar lebih intens. Noted for point Hug...😄 aku suka dipeluk dan memeluk. Sayang jomblo wkwkwk...

    BalasHapus
  15. wajib banget yaa tetap bahagia di masa pandemi gini. Biar kenapa? ya biar imunitasnya tetap bagus. Kalau banyak pikiran, ntar bisa bisa imunnya ngedrop, jadi gampang sakit deh.

    BalasHapus
  16. MESH! bagian bergerak, iya udh olahraga rutin. Eat well, mmm, iya masak sendiri dan tepat waktu. Bahkan kadang over. Bagian tidur ini kak yang amburadul hahahaaha jam tidurnya bergeser banget aku..musti dibenerin nih (sofiadewi)

    BalasHapus
  17. Eat Well dan Sleep Enough itu yang susah banget kuterapkan 🙈 Bawaannya lapar mulu di rumah aja, dan semakin mudah memesan makanan jadinya yaaaaaa... tidur cukup hmmm malah makin sering begadang karena otak kepenuhan ide. Duh. Pengen mengubah kedua pola itu lebih baik deh

    BalasHapus
  18. Menarik banget nih artikelnya. Terutama buat orang kayak aku yang suka mager. Begitu baca langsung nemu paragraf soal itu. Heheheh . Thanks tips nya..

    BalasHapus
  19. Pengen nerapin MESH, sayangnya Hnya belum bisa dilaksanakan karena maish jomblo haha. Terimakasih banyak mba tipsnya, semenjak Corona ini memang sering begadang karena ga banyak kerjaan fisik. Jadi tergugah untuk olahraga nih

    BalasHapus
  20. Terima kasih mba Tips nya. Memang benar mba pelukan membuat imun kita meningkat karena bawaan rasa senang. 😊

    BalasHapus