BLANTERORBITv102

    Cuci Tangan, Aktivitas Biasa Efeknya Luar Biasa

    Senin, 22 Februari 2021


     


    Cuci tangan. Sebuah aktivitas sederhana yang memberikan pengaruh luar biasa. Kebiasaan yang mungkin sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Tapi, tidak jarang kita masih menyepelekan kebiasaan baik ini.

     

    Apalagi sekarang, ketika kita dihadapkan pada pandemic covid 19 yang belum juga usai. Menurut data dari situs resmi covid19.go.id per 22 Februari 2021, ada 1.288.833 orang yang dinyatakan positif. Covid is real. Kita tidak bisa abai dengan kondisi yang ada.

     

    Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. 3 hal yang masih dan harus terus kita lakukan. Bukan hanya untuk diri kita, tapi dengan melakukannya ketiga hal tersebut, kita telah peduli dengan kesehatan orang-orang di sekitar.

     

    Sebenarnya kegiatan ini sangat mudah dilakukan, namun tidak mudah untuk menjadikannya sebuah kebiasaan. Untuk itulah dibutuhkan edukasi terus menerus agar masyarakat benar-benar paham, dan pada akhirnya bisa melakukan dengan kesadaran diri sendiri.

     

    Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa mengedukasi masyarakat untuk mau mencuci tangan pakai sabun. Salah satu caranya dengan menyebar informasi sebanyak-banyaknya tentang manfaat mencuci tangan.

     

    Ada banyak manfaat yang kita dapat dengan membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun. Seperti yang dikutip dari halodoc.com, yaitu:

    • Mencegah beragam penyakit

    Menurut studi dalam US National Library of Medicine National Institute of Health, mencuci tangan dengan sabun dan air lebih efektif untuk menghilangkan bakteri yang berpotensi berasal dari feses, ketimbang mencuci tangan dengan air saja.

     

    • Membunuh kuman-kuman

    Menurut Kementerian Kesehatan – Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit,  mencuci tangan dengan sabun mampu membersihkan kotoran dan merontokkan kuman pada tangan.

     

    • Lebih efektif daripada hand sanitizer

    Berdasarkan studi di American Society for Microbiology mengungkapkan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif daripada setetes gel dari hand sanitizer

     

    • Mencegah potensi resistensi antimikroba

    Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), resistensi antimikroba (antimicrobial resistance/AMR), khususnya resistensi terhadap antibiotik, terus berkembang. Di Eropa, sekitar ratusan ribu pasien meninggal akibat infeksi yang terkait perawatan kesehatan (health care-associated infections/HAI), dan penyakit yang disebabkan oleh resisten kuman terhadap obat antimikroba. Dan, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara untuk mencegah potensi resistensi antimikroba.

     

    Hanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun, kita bisa terhindari dari berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan, hingga Covid 19 pun bisa kita hindari dengan melakukannya.

     

    Tapi, tentu saja cuci tangan itu tidak hanya sekadar membasahi tangan dengan air. Kita harus melakukannya dengan benar, sehingga ada manfaat yang bisa kita dapat. Menurut Kementerian Kesehatan RI - Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, cara cuci tangan yang benar ialah:

    1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir
    2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela jari
    3. Bersihkan bagian bawah kuku
    4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir
    5. Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan

     

    Sumber: www.p2ptm.kemenkes.go.id


    Dengan mengikuti cara cuci tangan yang benar, kita bisa mendapatkan hasil yang maskimal. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Sekali lagi, Covid 19 itu benar-benar ada. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap enteng aktivitas yang sangat sederhana, tapi kita bisa mendapat efek yang luar biasa.

     

    Saat ini kita memang harus lebih peduli dengan kesehatan. Sehat itu sesuatu yang sangat berharga. Banyak orang yang rela melakukan apapun untuk kembali sehat ketika ia sakit. Nah, jangan sampai kita baru tersadarkan ketika penyakit sudah menyapa kita.

     

    Apalagi di zaman digital ini, semuanya serba di ujung jari. Tinggal geser, klik, apa yang kita inginkan sudah kita dapatkan, termasuk untuk masalah kesehatan. Sekarang ada aplikasi yang sangat membantu untuk urusan kesehatan kita.

     

    Aplikasi Halodoc

    Halodoc adalah platform kesehatan yang bertujuan membantu melayani kesehatan masyarakat luas dengan lebih mudah, aman, nyaman, cepat serta professional agar kondisi tubuh lebih fit, aktif dan sehat.

     

    Halodoc dengan tagline-nya simplifying healthcare benar-benar memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

     

    Halodoc pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 di Jakarta.

     

    Apa Keuntungan Menggunakan Aplikasi Halodoc?

    Dengan menginstall aplikasi Halodoc, kita akan mendapat banyak manfaat. Selain kita bisa mengakses kapanpun dan dimanapun, Halodoc juga sudah terintegrasi antara dokter, apotek, rumah sakit dan asuransi.

     

    Manfaat lainnya yang dapat kita peroleh dengan menginstall aplikasi Halodoc ialah:

    Konsultasi Dokter Online

    Saat ini, di Halodoc sudah tergabung sekitar 20.00 dokter dari seluruh Indonesia dengan berbagai macam keahlian medis. Para dokter tersebut sudah memiliki surat tanda registrasi dan juga surat izin praktek. Kerahasian pasien yang berkonsultasi pun dijamin aman.

     

    Fitur Tanya Dokter ini pun ada dua macam, yaitu:

    Pertama, bersifat emergensi. Pada kasus ini 68% bisa diselesaikan dengan tindakanmedis digital (anamneses).

     

    Kedua, pasien yang sudah pernah bertemu dokter sehingga ia tinggal follow up dari kasus yang pernah ditangani.

     

    Beli Obat

    Fitur ini sangat membantu pasien yang ingin membeli obat di apotek sesuai dengan resep dokter tanpa harus membeli langsung. Kita tingga upload resep di apikasi Halodoc dan pesan melalui layanan beli obat.

     

    Halodoc sudah terintegrasi dengan fitur Apotek Antar yaitu platform yang menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1000 apotek resmi terdekat dengan pengguna. Selain itu Apotek Antar juga bekerja sama dengan Gojek melalui layanan Go-Med.

     

    Halodoc juga melayani pembelian obat tanpa reseo dokter. Kita bisa mencari obat yang dibutuhkan pada tampilan menu dengan harga yang sudah tercantum.

     

    Layanan Lab

    Halodoc menyediakan layanan pengujian lab. Kita bisa memesan jasa tes laboratorium dari laboratorium resmi yang sudah bekerja sama dengan Halodoc. Pengambilan darah atau sample urine bisa dilakukan di rumah. Kita bisa mengetahui hasil dari pemeriksaan lab langsung dari aplikasi tanpa harus pergi ke laboratorium.

     

    Layanan Periksa Rumah Sakit

    Pernah nggak merasa bĂȘte harus antri berjam-jam di Rumah Sakit? Aplikasi Halodoc memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk membuat janji dengan dokter tanpa perlu antri berlama-lama di Rumah Sakit.

     

    Informasi Kesehatan

    Selain memudahkan kita mendapatkan layanan dokter, Rumah Sakit dan obat, Halodoc juga memberika edukasi kesehatan kepada masyarakat. Artikel yang disajikan memberikan pemahaman tentang kesehatan yang mudah dicerna. Dengan membaca artikel yang ada pada aplikasi Halodoc, kita menjadi lebih paham, waspada dan hati-hati dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga.

     

    Fitur Lainnya

    Ada dua fitur yang tidak kalah bermanfaatnya, yaitu fitur reminder dan informasi mengenai asuransi yang sangat bermanfaat.

     

    Gimana? Lengkap banget kan? Pokoknya nggak bakalan nyesel kalau kita memiliki aplikasi satu ini di smartphone. So, Halodoc memang benar-benar memberikan kemudahan akses kesehatan bagi kita semua.

     

    Referensi:

    https://www.halodoc.com/

    https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-4-manfaat-mencuci-tangan-dengan-sabun

    https://covid19.go.id/

    http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/5-langkah-cuci-tangan-pakai-sabun

     

     

     


    Author

    Intan Daswan

    Mom of two boys, author, story teller, blogger, influencer and motivator.

    1. Masa pandemi ini mau kontrol dokter emang sulit ya. Halodoc adalah pilihan paling mudah untuk mencari jawab atas segala pertanyaan tentang kesehatan

      BalasHapus
    2. Dengan Halodoc ini mempermudah kita mendapatkan berbagai pelayanan kesehatan ya, aku udah beberapa kali pake halodoc untuk anter obat ke rumah, lumayan jadi ga perlu antri dan lama lama nunggu di RS

      BalasHapus
    3. Aku pakai halodoc selama pandemik ini sangat membantukarena ga perlu repot haris ke rs jika Hanya konsum aja

      BalasHapus
    4. Wah ternyata aplikasi halodoc bisa digunakan untuk memesan layanan jasa tes di laboratorium ya? yang aku tahu sih, selama ini cuma dipakai untuk beli obat dan konsultasi sama dokter ahli.

      BalasHapus
    5. Cuci tangan minimal berapa detik mbak? AKu pernah baca sekitar 20 detik minimal hehe..kalo ga salah ya. Btw kalau mau konsultasi enak banget ke Halodoc, atau sekadar lihat2 informasi kesehatan juga udah lengkap. Malah obatnya bisa dikirim ke rumah.

      BalasHapus
    6. Halodoc benar-benar membantu di masa pandemi, apalagi di awal-awal. Butuh obat atau konsultasi dokter tinggal chat.

      BalasHapus
    7. Dulu aku ngerasa cuci tangan ya cuci tangan aja. Malah sekedar basahin tangan. Tapi dugaan saya keliru karena cuci tangan harus beneran bersih dan tahapannya ada

      BalasHapus
    8. sekarang nih sejak pandemi rajin banget cuci tangan, mau sebelum beraktivitas ataupun sesudahnya sebagai bentuk ikhtiar biar terlindungi dari bakteri

      BalasHapus
    9. AKu juga suka pake layanan Halodoc enaknya bisa milih dokternya, jadi sebelum ke rumkit biasanya aku chat dulu sih mba biar ga waswas banget

      BalasHapus
    10. Aku ngerasa banget nih efek positif pandemi ini orang2 lebih sadar tentang kebersihan itu penting bngt dengan cuci tangan kita jadi banyak terhindar dari banyak penyakit

      BalasHapus
    11. Iya benar. Cuci tangan itu sebenarnya sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Hanya mungkin kurang pembiasaan. Baru deh begitu pandemi, dipaksa harus terbiasa :D
      Btw Halodoc aplikasi yang bantu banget dalam urusan kesehatan.

      BalasHapus
    12. Menurut daku cuci tangan itu mengasikkan, apalagi pas cium wangi sabunnya jadi menambah SemangatCiee buat bersihkan tangan

      BalasHapus
    13. Setuju banget mbak, dari dulu sebelum pandemi senang mencuci tangan sebelum melakukan berbagai aktivitas dan ternyata memiliki manfaat yang banyak khususnya untuk kesehatan.

      BalasHapus
    14. Penting banget memang cuci tangan ini tuh. Kebiasaan baru yang dampaknya luar biasa untuk kesehatan.

      BalasHapus
    15. Bener banget, cuci tangan ini bisa bikin tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit ya. Semoga semua orang bisa merutinkan aktivitas sepele tapi ekenya luar biasa ini.

      BalasHapus
    16. iyaak betul bangeet, aku bersyukur juga karena anak2ku jadi sekarang terbiasa untuk cuci tangan setiap setelah beraktifitas dan kalau abis dari luar rumah

      BalasHapus