3 Kota Dirindu Setelah Pandemi Berlalu

whislist-travelling

 


 

Kangen travelling? Pasti. Rasanya keinginan untuk jalan-jalan udah ada di ubun-ubun. 2 tahun hanya menghabiskan waktu di rumah, pastinya kita semua merasakan perasaan bosan. Selama pandemi, jangankan ke luar kota, di sekitaran kota Jember aja kalau nggak penting-penting amat, masih khawatir untuk keluar rumah. Usia kedua anakku juga masih rentan untuk dibawa travelling di masa pandemi ini. 

 

Sebenarnya kami sudah merencanakan akan melakukan traveling dari Jember ke Yogya, lalu dilanjut ke Bandung pada akhir tahun 2019. Setelah sebelumnya, resolusi traveling ke Batu, Malang pada awal tahun 2019 terwujud. Aku dan suami memang sudah membuat traveling wishlist setiap tahunnya. Kami yakin, setiap impian yang ditulis itu pasti akan terwujud, urusan waktu dan caranya, biarkan semesta yang akan membantu mewujudkannya.


Kakak senang banget bisa melihat berbagai jenis hewan di Jatim Park 2


Travelling kami sekeluarga ke Batu, Malang, merupakan hadiah sebuah kompetisi blog yang aku ikuti. Kami menginap di hotel selama 3 hari. Meskipun dengan segala ke-riweuh-an membawa duo krucil, tapi seru juga loh. Mulai dari persiapan sebelum berangkat, bagi tugas saat naik kereta atau pesawat, nenangin anak yang cranky, makanan hotel yang nggak pas di lidah dan serba-serbi cerita lainnya. Pokoknya rasanya itu nano-nano.


Baca juga: Resolusi Travelling 2019


Nah, untuk wishlist travelling ke Yogya, ternyata masih harus membuat kami bersabar. Akhir tahun 2019, aku berduka. Di waktu yang hampir berdekatan, aku kehilangan kedua orang tuaku. Bukan hal yang mudah untuk bangkit saat itu. Jangankan untuk merencanakan travelling, bisa kembali melangkah pun butuh waktu. Aku bahkan masih trauma untuk bisa menggunakan kereta api. 


Baca juga: Hanya Rindu


Sebenanrnya suami sempat menawarkan kepadaku untuk mewujudkan travelling wishlist ke Yogya dan Bandung. Niatnya agar aku bisa kembali bersemangat menjalani hari. Saat itu, kami rencanakan pada bulan April 2020, tepat di hari ulang tahunku. Namun, kasus pertama Covid-19 yang diumumkan pada 2 Maret 2020 memupus semua impian traveling kami, hingga saat ini.

 

Sejak pandemi, kami hanya bisa jalan-jalan virtual alias memperkenalkan beberapa destinasi wisata lewat youtube kepada duo krucil. Dan, tahu dong reaksinya gimana? “Nggak seru, ah, cuman lihat doing, nggak bisa ngerasain naik kereta, naik pesawat, tidur di hotel dan makan makanannya di sana.” Honestly, I feel you, Nak! J

 

Akhir-akhir ini aku dan suami udah ada obrolan, kalau pandemi berlalu, pengen banget ngeluapin tuh semua niat terpendam selama 2 tahun ini. Kaki rasanya udah pegal aja pengen digerakkin.

 

Ada 3 kota yang menjadi traveling wishlist teratas kami, yaitu Bandung, Jakarta dan Yogya. Ada alasan kuat kami ingin mengunjungi ketiganya.

 

Bandung, karena kami ingin melepas rindu pada keluarga besar sekaligus juga nostalgia. Anak rantau pasti tahu apa itu rindu kampung halaman. Aku kangen dengan suasana kota kembang, mulai dari cuaca dingin, menelusuri pusat kota sampai indahnya Bandung di malam hari.


Jalan penuh kenangan :)

 

Ternyata keren juga bisa lihat pemandangan kota Bandung dari atas Gedung Sate


Aku juga kangen dengan kuliner khas Bandung. Ada beberapa makanan yang tidak bisa aku dapatkan di tempat tinggalku sekarang. Lidahku sudah kangen dengan cita rasa Bumi Parahyangan.

 

Selain itu, ada keinginan untuk mengenalkan dan mengafirmasi anakku, agar kelak bisa melanjutkan sekolah di kota kelahiran ibunya ini. Aku juga ingin melepas rindu dengan keluarga besar, baik itu dari almarhum Bapak ataupun almarhumah Mamah. Dan, tentu saja tidak ketinggalan bertemu teman-teman.

 

Sampai kapan pun, tatar sunda akan menjadi tempat yang dirindukan. Ada banyak goresan cerita tentang cita dan cinta di Bumi Pasundan. Selalu ada magnet kuat untuk kembali ke kota ini. Selalu ada ruang yang menuntut untuk disapa dengan atmosfer Paris Van Java.


Baca juga: Bandung, Kota Sejuta Kerinduan 


Kota kedua yang aku rindukan adalah Jakarta. Kota ini punya cerita tersendiri bagiku dan suami. Terutama paksu yang pernah 6 tahun merantau di kota ini. Selain itu, ada banyak destinasi wisata edukasi, rekreasi dan sekaligus religi yang wajib anak-anak tahu. 


Minta digendong barengan di depan Monas


Kakak lagi asyik memandangi museum :)


Sebenarnya kami pernah mengajak mereka mengunjungi kota ini, tapi mereka masih belum puas untuk mengenalnya. Saat itu, usia mereka pun masih belum terlalu paham. Meskipun anak pertamaku masih merekam jelas saat kami jalan-jalan dua hari di Jakarta.


Baca juga: Backpackeran Bareng Balita dan Baduta  


Kota berikutnya ialah Yogya. Seperti yang aku cerita di awal, Yogya adalah salah satu wishlist travelling di tahun 2020. Tapi, pandemi membuatnya tertunda. Padahal saat itu, kami sudah membuat rencana destinasi mana saja yang akan dikunjungi. 


Alhamdulillah dapat kesempatan bertemu teman-teman penulis dari berbagai kota di Indonesia.


Seru banget bisa naik Jeep dan Lava Tour


Yogya menyimpan banyak kenangan bagiku. Di kota ini, aku memiliki cerita tentang meraih asa. Aku pernah datang ke kota ini karena profesiku yang berhubungan dengan bahasa. Dan, aku pernah datang ke kota ini karena prestasiku di bidang literasi.


Baca juga: Unforgettable Moment 


Bagiku, Yogya itu kota yang tak pernah membosankan. Meskipun aku sudah pernah mengunjunginya, tapi aku masih memiliki impian kembali menelusuri kota ini bersama suami dan anak-anak.

 

Perjalanan itu bukan sekadar tentang mendatangi sebuah tempat. Tapi, dengan melakukan perjalanan, kita bisa saling memahami, menguatkan dan yang terpenting saling merawat cinta. Aku dan suami masih berharap travelling wishlist ini bisa terwujud. Pengen banget mengunjungi ketiga kota itu, apalagi sambil menikmati fasilitas dari RedDoorz. 


Pastinya sudah bukan rahasia lagi dong, fasilitas yang diberikan RedDoorz itu paling mengerti para traveller. Kita tinggal pilih sesuai keinginan, dan dijamin puas dengan semua pelayanan yang ditawarkan. Apalagi sekarang banyak promo yang ditawarkan. Wah, gimana nggak tambah seru tuh travellingnya. Jadi nggak sabar pengen travelling lagi.

 

Jujur nih ya, jalan-jalan itu memang bikin ketagihan. Meskipun seringkali kami harus siap dengan segala ke-riweuh-annya. Tapi, semakin sering kami melakukan perjalanan bersama, kami pun jadi belajar banyak hal. Traveling bareng keluarga itu seru banget, loh. Dan, kami berharap pandemi segera berlalu, agar bisa mengunjungi banyak destinasi yang sudah sangat membuat kami rindu.

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Betul pendemi telahmtelah kegiatan jalan-jalan keluarga. Saya dan keluarga juga mulai jenuh di rumah

    BalasHapus
  2. Jalan2 bareng bocah krucil2 emang buka hal yang mudah ya kak, mau foto jadi ribet, mau menikmati pemandangan sekitar dengan santai juga gak bisa. Tapi di balik kerempongannya bakal bikin rindu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rempong tapi seru dan pastinya nggak bisa terlupakan.

      Hapus
  3. ternyata Mbak Intan punya keluarga besar di bandung?

    Linggih di mana teh?

    Ayeuna Bandung mah hareudang, krisis air dan heurin ku tangtung

    tapi selalu ngangenin ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhun, ambu. Abdi mah pituin urang Bandung mung nuju ngumbara di Jember. Tapi, pastina Bandung mah selalu di hati atuh.

      Hapus
  4. Rindu kenangan perjalanan atau traveling seperti di Bandung dengan gedung satenya, Monas dan lainnya. Semoga pembaca selalu bahagia dan sehat. Aamiin

    BalasHapus
  5. Ngomongin soal kota Yogyakarta, wah kangen banget dengan saudara2 yang ada di Sleman. Kota tercinta dengan segudang kuliner jawa dengan harga miring dan rasa yang khas orang jawa banget. Semoga pandemi segera berakhir dan bisa jalan silaturahmi ke Jogja lagi, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, enak dong punya saudara di Yogya. Yogya emang selalu ngangenin.

      Hapus
  6. Duuhh kalo saya kangennya gak cuma ke 3 kota besar di atas Mbak. Memimpikan bisa traveling bebas seperti dulu itu lebih dirindukan. Pengen menjelajah dunia malah saking dendamnya dengan traveling hahahaha. Semoga pandemi segera berlalu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, kalau kepengennya sih iya berkeliling dunia, tapi pengen tertunaikan dulu rindu pada 3 kota ini hehehe...

      Hapus
  7. tiga kota tersebut memnag layak dirindu ya Mbak...
    Sama aku juga dah kangen banget traveling terutama mudik karena ortu dan mertua masih sehat dan sudah sepuh, huhuhu, pengin mudik aja ga bisa
    Smoga pandemi segera usai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli Mbak, kangennya tuh udah di ubun-ubun ya...

      Hapus
  8. Aku juga kangen Yogya, terakhir ke sana belum sempat keliling lagi. Suka aja ke sana bisa naik kereta dan langsung deket sama Malioboro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, kangen banget ya bisa keliling di Yogya.

      Hapus
  9. Wah baca ulasan ini jadi kangen traveling..duh semoga pandemi cepat selesai ya jadi bisa traveling lagi

    BalasHapus
  10. Toss kak jogja Dan Jakarta juga masuk dalam wish list Saya setelah pandemi berlalu. Sudah rindu banget traveling ya kak

    BalasHapus
  11. hihi kok samaaaa

    destinasi pertamaku nanti usai pandemi : Yogya Solo Bandung, trip pendek dan dekat dulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemanasan lah, sebelum travelling yang agak jauh, maklum bawa duo krucil nih.

      Hapus
  12. Semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa travelling lagi dengan keluarga ya mbak. kami juga udah lama gak keluar kota, rasanya kangen banget pengen menjelajahi lagi daerah-daerah destinasi wisata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih 2 tahun nggak kemana-mana, kayak jadi tahanan kota hehehe...

      Hapus
  13. Wah, sama atuh, aku juga kalo pandemi berlalu, kepengen bisa main ke 3 kota ini. Jakarta udah lama banget. Kayaknya terakhir malah 2-3 tahun lalu. Jogja 10 tahun lalu. Nah Bandung, walopun deket (maklum di Bandung coret alias kabupaten Bandung), aku sejak pandemi belom main ke kota. Eh, udah deng, waktu ada acara blogger, dan lebaran ke mertua. Kalo mainnya mah udah gak pernah. Aamiin, semoga pandemi bisa segera berlalu ya. Kangen jalan-jalan. :)

    BalasHapus