Melek Informasi Bisnis Bagi Kaum Millennial dan Gen Z, Manfaatkan Fortune Indonesia

 

Fortune Indonesia

 

Pandemi telah mengubah semuanya. Kehilangan menjadi sesuatu yang sering kita dengar. Tidak hanya kehilangan jiwa, tapi juga tidak sedikit yang kehilangan lapangan pekerjaan.

 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat per Februari 2021, terdapat 19,10 juta orang usai kerja (9,30 persen) yang terdampak Covid-19. Ada 1,62 juta orang menjadi pengangguran karena Covid-19. 0,65 juta orang menjadi Bukan Angkatan Kerja (BAK), sementara terdapat 1,11 juta orang tidak bekerja. Dan, penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena Covid-19, ada 15,72 juta orang.

 

Efek pagebluk ini memang dirasakan oleh berbagai kalangan. Banyak sektor ekonomi yang harus menelan pil pahit dengan mengurangi jumlah produksi, pemutusan sebagain karyawan, bahkan sampai harus gulung tikar.

 

Banyak pengusaha yang terdisrupsi di masa pandemi ini. Namun, tidak sedikit pula yang bisa tetap bertahan, bahkan mengalami peningkatan keuntungan. Mereka mampu mencari solusi dari krisis yang datang secara tiba-tiba ini.

 

Mereka mampu mengubah mindset terdampak menjadi tertantang untuk lebih berinovasi. Kehadiran pandemi yang sebenarnya datang di saat yang tepat, ketika kita sudah hidup di era digital, menjadikan orang-orang kreatif bisa melakukan terobosan-terobosan yang menggunakan kecanggihan teknologi saat ini.

 

Menurut Rhenald Kasali dalam bukunya Disruption (2018), disruption adalah sebuah inovasi. Disruption menggantikan teknologi lama yang serba fisik dengan teknologi digital yang menghasilkan sesuatu yang benar-benar baru dan lebih efisien, juga lebih bermanfaat.



 

Tapi, perlu kita akui, disruption empowering ini memang sangat cocok bagi kaum millennial dan Gen Z yang memiliki karakter mandiri dan dinamis. Mindset yang mulai bergeser pun menjadikan disruption sebuah tantangan tersendiri.

 

Meskipun angka pengusaha muda kita masih belum lebih tinggi dari negara-negara tetangga, tapi geliat entrepreneurship mulai terlihat. Menjalani bisnis itu tidak mudah, ada banyak tantangan dan rintangan. Untuk itulah, ketika kita memutuskan untuk menjalankan bisnis, kita membutuhkan cukup ilmu dan informasi.

 

“Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis? Ada tiga hal sederhana: Lebih mengenal produk sendiri daripada orang lain, mengenal pelanggan anda, dan memiliki hasrat yang membara untuk sukses.” (Dave Thomas, Pendiri Wendy’s)

 

Saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang dunia bisnis. Kita bisa belajar dari berbagai sumber, salah satunya dari majalah. Tentu saja kita harus mencari majalah bisnis yang memberikan informasi yang akurat dan terpercaya.




 

FORTUNE, sebuah majalah bisnis global yang dirilis di New York pada tahun 1929 di saat terjadi “Great Depression” atau disebut juga zaman malaise. Malaise merupakan istilah medis, yang menggambarkan kondisi umum yang lemah, tidak nyaman kurang fit atau sedang sakit.

 

Saat itu, dikatakan juga sebagai sejarah bencana keuangan dan ekonomi terburuk pada abad ke-20. Krisis ini diawali dengan jatuhnya pasar saham di Amerika Serikat pada 24 Oktober 1929. Terjadi pelepasan saham secara masif, hampir 13 juta lembar saham berpindah tangan dalam sehari. Krisis ini berlangsung selama 10 tahun.


FORTUNE pun hadir memberikan nafas baru untuk bangkit dari keterpurukan, sekaligus menjadi simbol harapan akan hari esok yang lebih baik.

 

Saat ini, ada momen yang hampir sama dengan Great Depression. Pandemi Covid-19 membuat ekonomi secara keseluruhan mengalami penurunan signifikan hampir di semua sektor. Banyak perusahaan yang terdisrupsi dan pada akhirnya harus rela gulung tikar.

 

Di tengah kondisi ini, FORTUNE hadir di Indonesia dengan menggandeng IDN Media pada 8 Agustus 2021. Kehadiran Fortune Indonesia diharapkan dapat membangkitkan semangat optimisme agar Indonesia lebih maju. Majalah Fortune Indonesia memberikan informasi bisnis yang terpercaya berdasarkan data dan sumber yang akurat. Selain itu, ada beberapa alasan lain Fortune hadir di Indonesia, diantaranya:

  • Memandang jauh ke berbagai peluang
  • Melihat kesempatan di tengah problema
  • Mengubah pejuang menjadi pemenang

 

FORTUNE Indonesia berintegrasi dengan IDN Media, tentu saja dengan berbagai alasan dan pertimbangan. IDN Media memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Basis pengguna yang besar
  • Jaringan distribusi yang menyeluruh
  • Memiliki teknologi yang inovatif

 

Fortune Indonesia berusaha untuk dapat memberikan standar akurasi, keseimbangan informasi dan transparansi terbaik di kelasnya. Selain itu, Fortune Indonesia juga akan melahirkan Fortune rankings yang melegenda, seperti  Fortune 100, Fortune 40 Under 40, Fortune’s Greatest Leaders dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Ada beberapa kategori artikel di Fortune Indonesia yang bisa menambah wawasan dan pemahaman kita tentang dunia bisnis, diantaranya:

  • MARKET



Kategori ini berisi tentang berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Informasi ini tentu saja sangat bermanfaat bagi para pemilik perusahaan, trader saham dan semua orang yang memang membutuhkan edukasi tentang saham.


  • BUSINESS

Kategori ini memberikan informasi tentang perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi, dan profil tokoh. Setiap orang, baik itu pemula ataupun yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, pastinya harus terus update informasi tentang dunia bisnis. Di kategori ini, pembaca akan mendapat banyak insight yang luar biasa untuk meningkatkan usahanya.

 

  • FINANCE

Dalam kategori ini, pembaca akan disuguhkan berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan, dan asuransi. Informasi yang dihadirkan akan memberikan wawasan tentang hal yang biasa kita temui sehari-hari. Apalagi sebagai pelaku usaha, kita membutuhkan informasi penting tersebut.

 

  • NEWS

Kategori selanjutnya ialah NEWS. Di kategori ini, ada berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia bisnis, mau tidak mau kita harus membuka mata dengan apa yang terjadi di luaran sana. Kita harus sadar bahwa ada banyak hal yang bisa mempengaruhi bisnis kita. Semakin kita tahu apa sedang terjadi, kita bisa mempersiapkan bisnis kita untuk bisa terus berkembang.

 

  • TECH

Dalam kategori ini, kita bisa mendapatkan berita tentang gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru. Menjalankan bisnis di era digital, menuntut kita untuk lebih melek teknologi. Setidaknya kita tahu informasi dasar tentang perkembangan teknologi saat ini, istilah-istilah teknologi yang sering diucapkan atau bahkan kita bisa mempelajari lebih detail tentang semua hal yang berhubungan dengan teknologi yang bisa membantu berkembangnya bisnis yang sedang kita jalani.

 

  • SHARIA

Kategori yang sedang banyak dibahas oleh berbagai kalangan. Saat ini, kebanyakan orang sedang memiiki ketertarikan lebih untuk mengenal ekonomi syariah. Dalam kategori ini, kita mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya tentang berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah

 

  • LUXURY


Para pelaku bisnis atau pengusaha, tentu saja tidak bisa terpisahkan dari dunia kemewahan. Tidak hanya sebagai symbol kemapanan, namun semua itu merupakan apresiasi atas kerja kerasnya selama ini. Tidak hanya itu, bisa jadi semua kemewahan tersebut merupakan investasi juga. Dalam kategori ini, kita bisa mendapatkan informasi tentang barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner.



Dengan berbagai macam kategori artikel yang dihadirkan, Majalah Fortune Indonesia bisa memberikan wawasan yang lebih kepada pelaku bisnis. Informasi yang disuguhkan tentu saja berdasarkan data dan sumber yang akurat. Sebagai pembaca, kita tidak perlu khawatir dengan kualitas informasi yang disuguhkan.



FORTUNE Magazine sudah sangat diakui sebagai salah satu dari Top Business Magazines. Begitu pun Majalah Fortune Indonesia yang berintegrasi dengan IDN Media, diharapkan bisa menjadi partner terbaik dalam mengembangkan bisnis, tidak hanya bagi pengusaha yang sudah profesional, namun juga bisa merangkul kaum millennial dan Gen Z. Dengan begitu, diharapkan perekonomian Indonesia bisa semakin berkembang.

 

  

Sumber:

Kasali, R. (2018). Disruption. Jakarta: Gramedia

https://www.fortuneidn.com/

https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/februari-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-26-persen.html

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/191-juta-penduduk-usia-kerja-terdampak-covid-19-pada-februari-2021

https://ekon.go.id/publikasi/detail/3196/pertumbuhan-ekonomi-triwulan-ii-2021-menembus-zona-ekspansif

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Sebagai pebisnis online, saya perlu memperkaya info dan pengetahuan seputar bisnis biar gak level lokal saja nih. Penginnya bisa go international. Baca-baca di Fortune banyak insight kisah sukses dari pebisnis Indonesia juga

    BalasHapus
  2. Mudah diakses, tampilan simpel, dan informasi yang up to date bikin Fortune Indonesia Media Bisnis yang penting di era ini.

    BalasHapus
  3. Wah, ini dia salah satu online magazine yang pasti membawa banyak informasi untuk kita semua. Kalau aku secara pribadi sukanya baca-baca tentang sharia sih. Biasanya aku cari info tentang investasi tapi tetap yang sesuai koridor agama. Top banget ini.

    BalasHapus
  4. Gamoang di akses membuat, informasi update membuat Fortune Indonesia merupakan Media informasi terbaik di era ini

    BalasHapus
  5. Baca berita2 di Fortune online pastinya sangat bermanfaat karena menambah informasi aktual dan tepercaya sebab berita2nya juga selalu update

    BalasHapus
  6. Setuju Kak, semoga Fortune Indonesia tidak hanya berguna bagi pengusaha yang sudah profesional, namun juga bisa merangkul kaum millennial dan Gen Z.

    BalasHapus
  7. Asyik banget ini dapat satu lagi rekomendasi majalah online yang berkualitas apalagi menggandeng IDN Times, udah pasti seru untuk dibaca

    BalasHapus
  8. benar juga sih sebenarnya, pandemi ini datang di saat kita sudah melek teknologi, sudah terbiasa dengan dunia digital, tapi karena datangnya secara mendadak kebanyak masih belum siap untuk menerimanya.
    Fotune Indonesia ini bisa membantu para pebisnis untuk lebih bisa membaca situasi ekonomi dan peluang lagi nih daalam berbisnis.

    BalasHapus
  9. wah iya, majalah Fortune ini sangat membantu untuk mencari referensi seputar bisnis ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju nih Mbak, apalagi bahasa Majalah Fortune Indonesia ringan dan mudah dipahami, banyak pilihan kategori yang dieksplore dong ya :)

      Hapus
  10. Selagi muda, memang harus mulai memikirkan masa depan. Aku sekarang nyesel kenapa nggak dari dulu berlaku produktif. Malah banyak main-main. Sekarang pas punya anak, udah susah ngapa-ngapain.

    Selagi masih masuk generasi milenial yang katanya lebih semangat untuk berwirausaha, aku juga lagi rajin-rajinnya baca Fortune Indonesia buat membekali diri. Mana tau bisa jadi pebisnis sukses. Aamiiiinn

    BalasHapus
  11. Aku kayaknya bakalan baca yang kategori news mba. Biar makin banyak informasi yang aku peroleh :) Makasih rekomendasi bacaannya mba

    BalasHapus
  12. Lirik lirik fortune magazine yang hebatnya menghadirkan informasi seputar bisnis secara uptude. Biar belajar jadi pebisnis handal.

    BalasHapus
  13. Setuju, Mbak. Dampak positif dr pagebluk ini sih jadi bikin milenial dan gen z jadi lebih inovatif dan kreatif untuk lebih berdaya saing, terlebih di era digital ini. Jd sangat penting sajian informasi ekonomi dan bisnis dr Fortune Indonesia bagi milenial dan gen z ini, terutama sbg media belajar agar bisa menjadi penggerak perekonomian negara di masa mendatang.

    BalasHapus
  14. Di tengah ketidakstabilan karena Pandemi Covid-19, kita akan mampu bertahan jika fokus pada solusinya. Seperti berjualan offline, kita alihkan ke online. Finansial memburuk, kita bisa cari informasi cara mengatasinya seperti memulai investasi dan lain-lain. Terlebih, saat ini akses berita ekonomi dan bisnia sangat mudah. Salah satunya dengan membaca berita di Fortune Indonesia.

    BalasHapus
  15. yeay bertambah lagi media online bermutu di Indonesia, bertambah lagi media terpercaya untuk bisa menambah informasi buat kita yah mba. selamat datang fortune di indonesia semoga bisa menjadi salah satu media online yang dapat diandalkan.

    BalasHapus
  16. Mengubah mindset terdampak menjadi tertantang, lalu sering update di Fortune Indonesia .... kalau dilakukan, in syaa Allah bisa bangkit.

    BalasHapus
  17. lengkap juga nih mbaa fitur Fortune, banyak insight2 menarik yang sepertinya bermanfaat buat pebisnis dan siapapun yang mau melebarkan peluang ya

    BalasHapus
  18. Biar bisa bertahan atau sukses di masa pandemi ini salah satunya dengan cara tetap menambah informasi seputar bisnis ya, majalah fortune bisa jadi salah satu sumber informasi ya

    BalasHapus
  19. apa yang kita baca sehari2 memang bisa jadi salah satu tips / cara ada hal baik yg didapat dari sesuatu yang tidak mengenakkan. mudah2an Fortune Indonesia hadir dengan membawa semakin banyak manfaat

    BalasHapus
  20. Sepakat mb, saat ini kita harus melek informasi. Membaca bacaan yang bermutu itu harus. Salah satunya dengan membaca Fortune Indonesia

    BalasHapus
  21. Cari informasi apapun harus dari sumber terpercaya. Apalagi informasi bisnis dan keuangan jangan asal percaya sumber nggak jelas. Fortune kan sudah lama malang melintang di dunia media keuangan jadi yakinlah kalau beritanya sudah tervalidasi.

    BalasHapus
  22. Hampir semua ya mengalami perubahan di masa pandemi ada yang kecil ada pula yang besar. Harus pintar & mencari cara untuk tetap bertahan salah satunya dengan berbisnis. Untungnya sekarnag infornasi juga ceoat didapatkan jadi bisa punya referensi yang benar misalnya dari website fortune Indonesia

    BalasHapus
  23. Fortune Indonesia menggandeng IDN klop banget. Milenial lebih melek finansial

    -Purnama Indah-

    BalasHapus
  24. Seneng bangett fortune bisa hadir di Indonesia jadi wadah edukasi sekaligus informasi tentang ekonomi dan bisnis. Jadii kita2 lebihh melek soal literasi ekonomi ya kak.

    BalasHapus