Selasa, 20 November 2018

7 Alasan Kenapa Saya Menulis Blog




Ngeblog. Aktivitas yang sebenarnya sudah saya mulai sejak tahun 2013. Dulu sih awalnya masih pakai domain gratisan dengan niat iseng-iseng nulis curhatan di blog. Tapi, setelah sadar ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan ngeblog, akhirnya saya hijrah domain.

Sempat ada yang nanya, kenapa suka ngeblog? Apa sih enaknya ngeblog?

Hmmm… Ada banyak alasan mengapa saya mencintai dunia blogging. Pengen tahu? Ini dia 7 alasan kenapa saya menulis blog:
1.     Tempat curhat
Ini alasan pertama yang membuat saya memutuskan untuk membuat blog. Bagi seorang introvert tentu tidak mudah untuk mengungkap apa yang dirasa kepada orang lain. Intinya saya nggak suka banyak omong, nanti khawatir jadi ghibah (sok suci gitu ya hehehe…). Tapi, sebagai manusia biasa tentu saja saya juga butuh dan harus menyalurkannya, ketimbang disimpan terus jadi beban tersendiri, kan bisa jadi penyakit tuh. Nah, menulis di blog menjadi pilihan yang tepat untuk mengungkapkan apa yang dirasa.

2.     Sarana Belajar Mengajar
Sebelum menikah, saya punya kesibukan mengajar Bahasa Inggris. Menjadi seorang pendidik kaum milenial tentunya saya harus punya sejuta cara agar proses belajar mengajar bisa diterima oleh mereka. Mereka tidak bisa lepas dari gadget menjadi alasan saya untuk memposting materi ajar. Dengan cara ini, mereka menjadi lebih enjoy untuk belajar. Saat itu saya berpikiran ketimbang keukeuh-keukeuhan dengan mereka untuk tidak menggunakan gadget, mending cari cara yang lebih cerdas.

3.     Menyebar Virus Positif
Alasan ini muncul ketika saya memutuskan untuk menjadi pendidik. Berhubungan dan anak didik dari berbagi usia sekaligus juga para orang tuanya, membuat saya sering dijadikan tempat curhat. Tapi, karena saat itu, jadwal mengajar saya juga lumayan padat merayap (sok sibuk banget ya gue hahaha….), akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan sesuatu positif dan bisa membantu masalah-masalah yang sering dijumpai. Dan, syukur alhamdulillah beberapa dari hasil tulisan yang saya tulis di blog, akhirnya bisa menjadi sebuah buku yang terbit di tahun 2014.

Berawal dari nulis di blog, akhirnya bisa dijadikan buku juga :)


4.     Berbagi Informasi
Saat sebelum menikah saya bergabung di beberapa komunitas, tidak jarang saya mengunjungi beberapa tempat yang unik, menarik atau inspiratif. Setelah menikah, ternyata saya dan suami punya hobi yang sama. Yap, kami berdua ini aktivis kuliner dan juga hobi ngukur jalan alias jalan-jalan. Nah, daripada disimpan sendiri, mending saya tulis deh ceritanya , baik itu tentang tempat wisata maupun kulineran tipis-tipis.

5.     Merekam Momen Tak Terlupakan
Setiap momen itu harus diingat, dan pengikatnya adalah tulisan. Saya memiliki pemahaman seperti itu. Bagi saya setiap momen indah dalam hidup itu harus diabadikan, agar suatu saat nanti bisa menjadi pengingat. Saya selalu menuliskan apapun tentang keluarga dan anak-anak saya. Saya ingin kelak mereka tumbuh dewasa, ada kisah yang bisa dikenang. Ketika saya tidak bisa lagi bercerita karena jatah usia telah habis, maka tulisan-tulisan inilah nantinya yang akan mengajak mereka mengingat kepingan demi kepingan puzzle cerita kehidupan dan bertumbuh bersama.

6.     Pengembangan Diri
Sebagai seorang wanita, baik itu ketika masih single atau setelah menikah, tentu saja saya punya impian. Impian menjadi seorang penulis. Bagi saya dengan menjadi penulis, saya bisa belajar banyak hal. Dan, di zaman digital sekarang ini, blogger merupakan bagian dari profesi ini. Dengan menulis blog artinya saya sedang terus belajar meningkatkan dan mengembangkan kemampuan menulis saya. Nilai tambahnya menjadi blogger, saya tidak hanya belajar dunia tulis menulis, tapi juga banyak hal baru.

7.     Passion
Sebenarnya diantara alasan-alasan di atas, inilah yang menjadi alasan utama saya menulis blog. Bagi saya dunia literasi itu passion. Tidak ada yang memaksa saya untuk terus menulis. Dan, di era digital sekarang ini, ngeblog menjadi salah satu cara untuk bisa terus mengajak jemari menari berbagi inspirasi.


Nah, itulah 7 alasan mengapa saya menulis blog. Ada kebahagiaan dan kepuasaan tersendiri ketika saya sudah memposting sebuah tulisan di blog. Selain bisa menjadi pengingat diri, berbagi kata dalam untaian bahasa juga bisa dijadikan alat untuk menebar inspirasi. Karena saya percaya, kata adalah mantra, bahasa adalah rasa.


2 komentar:

  1. Yess, saya pun merasakan kepuasan tersendiri ketika berhasil memosting tulisan di blog. Sensasi yang berbeda dengan saat memosting tulisan di media online, menulis di majalah, atau menulis buku.
    Semoga tetap semangat ngeblog ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp... Semoga bisa terus berbagi inspirasi dengan menulis :)

      Hapus