Kamis, 12 Desember 2019

SDM Unggul, Indonesia Produktif




SDM Unggul, Indonesia Maju. Tema perayaan 74 tahun Republik Indonesia sekaligus tema kebijakan APBN tahun anggaran 2020 ini tentu saja bukan tanpa alasan dan tujuan. Pemerintah berusaha untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia sebagai kunci Indonesia maju. Tekad ini bertujuan agar negara kita mampu bersaing dengan negara lain di era industri 4.0.

Menghadapi era disrupsi, kita membutuhkan SDM yang memiliki kemampuan berinovasi. Saat ini semuanya bergerak serba cepat, oleh karena itu kita harus mampu bersinergi dengan zaman yang tidak bisa lagi ada kata menunggu. Sudah bukan saatnya lagi mengikuti air mengalir, tapi seharusnya sudah mampu mencipta atau memodifikasi yang telah ada menjadi lebih kekinian.

Mau tidak mau atau sadar tidak sadar, saat ini kita sudah berada di era VUCA. Apa itu VUCA? VUCA merupakan akronim dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kolpleks) dan Ambiguity (tidak jelas). Berada di era ini, kita dituntut untuk bergerak sangat cepat dan efisien.

Perlu kita akui, dunia bisnis pun merasakan efek VUCA ini. Bisa kita perhatikan, berapa banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar karena mereka tidak mampu bertahan dengan gempuran yang ada. Contohnya saja, keberadaan toko-toko konvensional yang posisinya tergeser oleh toko online. Saat ini, orang sudah berpikir bagaimana bisa mendapatkan produk dengan cepat dan efisien. Berbelanja ke toko online adalah solusinya.

Sebenarnya kita bisa tetap bertahan di era VUCA ini. Menurut Bob Jahansen, dalam bukunya Leaders Make the Future: Ten New Leadership Skills for Uncertain World, VUCA perlu dilawan dengan VUCA lagi. Maksudnya, VUCA yang kedua ini merupakan akronim dari:
  • Vision (Visi)

Visi merupakan sesuatu yang ingin kita wujudkan di masa depan. Visi inilah yang menjadi pembeda. Artinya seseorang yang memiliki visi yang hebat dan revolusioner akan menjadi pemimpin, sedangkan orang yang memiliki visi biasa-biasa saja hanya akan menjadi pengikut atau bawahan.

  • Understading (Pemahaman)

Maksudnya ialah memahami akan adanya perubahan sekaligus bagaimana cara bertahan di era super cepat ini. Mereka yang memiliki pemahaman yang tinggi, tentu saja akan melihat fenomena yang ada sekarang. Setelah itu, mereka akan paham agar tidak terdisrupsi.

  • Clarity (Kejelasan)

Kita dituntut untuk bisa melihat dengan jelas masa depan. Artinya kita bukan disuruh menjadi cenayang. Tapi, kita harus mempunyai kemampuan yang jelas untuk mewujudkan visi yang sudah kita buat. Intinya, visi yang hebat akan terwujud dengan aksi yang jelas.

  • Agility (Kelincahan)

Perubahan yang ada sekarang menuntut kita untuk bisa lebih lincah. Ketika kita hanya diam, maka kita akan musnah. Era serba cepat sumber daya manusia yang tidak hanya menunggu, tapi mampu melangkah dan berlari.

Di era industri 4.0 ini memang kita tidak bisa memakai cara lama untuk bertahan. Kita butuh inovasi. Kita juga harus bertransformasi. Negara ini memerlukan sumber daya manusia yang unggul. Lalu, pertanyaannya, apa saja karakteristik sumber daya manusia unggul tersebut?

Merujuk pada pidato Bapak Presiden usai dilantik sebagai Presiden periode 2019-2024, sumber daya manusia unggul itu haruslah:
  • Bekerja keras
  • Dinamis
  • Terampil
  • Mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Mampu berinovasi
  • Cerdas EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient)


Keberadaan sumber daya manusia yang unggul tentu saja bisa menjadikan negeri ini bangkit. Apalagi saat ini, kita sedang berada di puncak bonus demografi. Usia produktif yang banyak dan merupakan Generasi Z serta Alpha dengan karakter yang serba cepat, maka efeknya akan terasa pada berbagai sisi.

Ketika kita mampu mencetak sumber daya manusia yang unggul dengan karakteristik yang sudah disebutkan diatas, maka Indonesia akan menjadi negara yang sangat produktif. Bahkan target Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia termasuk kedalam 5 besar negara ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2045, bisa terwujud.

Selaras dengan tema kebijakan APBN, KADIN pun memiliki visi merujuk kepada pengembangan sumber daya manusia unggul. KADIN Indonesia sebagai pilihan pertama dan utama dalam mewakili suara dan kepentingan dunia usaha beserta seluruh stakeholders-nya, berkaitan dengan pembuatan dan impelentasi kebijakan ekonomi di seluruh Indonesia. Selain itu, salah satu misinya adalah KADIN bersama pengusaha kreatif menciptakan sebanyak-banyaknya “inovasi dan teknologi siap pakai”.

Dengan hal tersebut, maka akan lebih banyak lagi sumber daya manusia unggul. Dan tentu saja, efek lainnya adalah Indonesia akan jauh lebih produktif dan tidak hanya mengandalkan negara lain. Kita akan jauh lebih maju dan mampu bersaing dengan negara-negara maju.

37 komentar:

  1. Semoga semakin banyak pengusaha muncul di Indonesia ya mbak. Semakin maju dunia usaha kita semakin produktif dan sejahtera masyarakatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... karena itu kita harus terus support nih biar negara ini makin produktif dan maju.

      Hapus
  2. Harapannya makin banyak manusia unggul yang menjadi SDM bangsa indoensia ya mba. Memang tak mudah namun semua ini bisa dilaksanakan sejak masih muda dan dilatih terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya butuh proses dan perjuangan. Semoga saja ke depannya semakin banyak generasi unggul yang bisa membangun negeri ini.

      Hapus
  3. Mpo suka sama pidato presiden jokowi. Memang kita butuh SDM yang unggul dan produktif yang bisa membuat indonesia berjaya di mata dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mpok. SDM unggul kunci majunya negara ini.

      Hapus
  4. Aamiin semoga Indonesia lebih maju lagi dengan adanya SDM unggulan

    BalasHapus
  5. Dengan sumber daya manusia yang unggul pastinya menjadikan Indonesia jauh lebih produktif dan akan jauh lebih maju dan mampu bersaing dengan negara-negara maju.

    BalasHapus
  6. Setuju, jika SDM nya unggul maka Indonesia akan lebih produktif, bisa makin maju dan sejahtera. Sehingga perlu kepedulian semua pihak untuk mencapainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kuncinya saling support agar negara ini bisa menjadi lebih baik dan maju.

      Hapus
  7. Mindset untuk mengembangkan masing-masing diri dan keluarga ini penting banget agar tercipta SDM Indonesia unggul dan produktif.
    Semangaat~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Mindset-nya dulu yang harus diperhatikan agar tumbuh generasi unggul.

      Hapus
  8. Untuk menciptakan SDM yang unggul ini mba, yang perlu keseriusan dan kerja keras dari seluruh lapisan. Pr besar yang harus segera diselesaikan ini mba.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar banget. Semua pihak punya andil untuk menciptakaan SDM unggul.

      Hapus
  9. Sangat setuju jika SDM unggulan maka Indonesia akan menciptakan lebih produktif dan makin maju dan sejahtera

    BalasHapus
  10. Benat banget nih untuk menciptakan Indonesia yang makin produktif dan dibutuhkan SDM yang unggul. Yah semoga hal tersebut bisa segera terwujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semua ini butuh kerja sama semua pihak, termasuk kita :)

      Hapus
  11. Waah misi KADIN keren juga ya
    Menciptakan inovasi dan teknologi siap pakai. Kalau kayak gini negara kita nggak akan kalah dengan negara lain karena banyak SDM unggul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena itu, kita harus mendukung misi KADIN agar bisa sejalan dengan cita-cita negara kita.

      Hapus
  12. yap makin maju, kudu makin lincah. apalagi sekarang kalau mau apa saja bisa, ada banyak sarana prasarana yg membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak. Kalau cuman diam, kita akan kalah dengan negara lain.

      Hapus
  13. Langkah apa yang sudah ditempuh Kadin untuk meningkatkan kontribusi industri kreatif terhadap peningkatan Indeks Prestasi Manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari salah satu misinya jelas banget KADIN sudah bergerak untuk menciptakan inovasi dan teknologi siap pakai. Selain itu, ada banyak program yang dilakukan KADIN untuk meningkatkan IPM.

      Hapus
  14. Efek VUCA ini perlu diantisipasi ya, butuh persiapan dan pastinya harus siap melaju untuk SDM unggul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, jangan sampai VUCA akan memberikan efek negatif. Untuk itulah VUCA harus dilawan dengan VUCA :)

      Hapus
  15. SDM memang ujung tombak kemajuan suatu bangsa ya..

    Klo SDM nya unggul, bangsa nya pasti akan maju

    BalasHapus
  16. Memang saat ini kita harus lebih pintar ya dalam menghadapi perkembangan jaman. Kalau nggak cepat bergerak bakal tertinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman sudah berubah, kita pun harus bersinergi denan perubahan tersebut.

      Hapus
  17. Sdm unggul siap menghadapi kemajuan industri 4.0, harus punya softskill supaya siap bersaing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, soft skill merupakan salah satu poin penting dalam menciptakan SDM unggul.

      Hapus
  18. setuju banget sih untuk menghadapi revolusi industri 4.0 perlu sgm unggul agar bisa bersaing nantinya

    BalasHapus
  19. Bener banget untuk menciptakan sumber daya unggul harus memiliki dasar seperti vuca ini ya.

    BalasHapus
  20. Sumber Daya Manusia harus bener2 unggul nih buat menyongsong revolusi industri ini supaya siap dan unggul.

    BalasHapus