Kamis, 18 Oktober 2012

PLN, Sahabat Setia Kemajuan Bangsa


PLN sebagai perusahaan listrik negara, sudahkah menjalani tugas dan fungsinya dengan baik? Apakah penerangan itu sudah menyeluruh ke setiap pelosok negeri ini? Apakah
Betapa tidak, kadang banyak orang yang lupa akan tugasnya. Apalagi yang berhubungan dengan lembaga pemerintahan. Sebagian dari kita sudah mengetahui, jika para abdi negara sering lupa kalau mereka digaji oleh rakyat.
Begitu pun dengan PLN, yang memang salah satu Badan Usaha Milik Negara. Lembaga ini sering dinilai tempat yang ‘basah’. Tapi itu semua bisa ditepis, jika ada keinginan untuk menghapus pandangan miring tersebut.
Kasus-kasus yang terjadi selama ini sebenarnya boleh dibilang tidak terlalu berbarti bagi penduduk yang tinggal di Indonesia bagian barat. Tapi bagaimana dengan sahabat-sahabat yang tinggal di Indonesia timur? Apakah mereka juga merasakan pemerataan penerangan sama dengan di daerah barat?
Saya pernah mendengar dari seorang kawan, kalau di daerah Indonesia timur, akronim dari PLN itu berubah menjadi Perusahaan Lilin Negara. Saya tidak mau mempermasalahkan akronim itu. Tapi ada hal yang lucu dari ‘kekreatifan’ warga di daerah sana.
Mungkin mereka memiliki alasan yang kuat untuk membuat akronim seperti itu. Tapi yang menjadi masalah disini bukan akronimnya, melainkan makna dibalik itu semua. Salah itu manusiawi. Tapi jika salah terus, apakah itu juga manusiawi?
Tentunya kita harus mengharapkan sesuatu yang sesuai dengan harapan kita. PLN yang sejatinya harus menjadi lembaga negara yang bisa membangkitkan semangat untuk menjadi lebih baik. Karena yang terjadi sekarang ialah PLN lebih kepada lembaga negara yang selalu menjadi bahan konotasi yang negative.
Untuk itu, saya pribadi ingin sekali menyampaikan harapan dari rakyat yang kadang tidak pernah diacuhkan. Jangankan ditanggapi, didengar saja mungkin hanya mimpi di siang bolong.
PLN bisa menjadi sahabat setia masyarakat. Kita sebagai masyarakat umum akan senantiasa merindukan keberdaan PLN yang bersih dan ramah. Bersih dari tangan-tangan yang hanya mencari keuntungan. Ramah kepada semua pelanggan PLN.  PLN bisa menjadi sahabat yang menemani kemajuan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar