Selasa, 30 Juni 2015

Muhammadiyah, Wadah Terbaik Generasi Muda

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, tentunya memiliki pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan negeri. Para pengikut organisasi ini tidak bisa dibilang sedikit. Organisasi berlambang matahari ini memang sudah memberikan warna tersendiri dalam perkembangan bangsa.
Muhammadiyah memiliki visi, gerakan Islam yang berlandaskan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan watak tajdid yang dimilikinya senantiasa istiqamah dan aktif dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi mungkar di segala bidang, sehingga menjadi rahmatan li al-‘alamin bagi umat, bangsa dan dunia kemanusiaan menuju terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang diridhai Allah swt dalam kehidupan di dunia ini. Berdasarkan visi tersebut, maka sudah sepantasnya organisasi Islam ini mampu merangkul semua generasi bangsa ini. Dan ini sudah terbukti dengan adanya berbagai macam organisasi otonom di bawah naungan Muhammadiyah. Setiap organisasi tersebut sudah menjalankan perannya masing-masing.
Keberadaan organisasi yang sudah difokuskan pada segementasi masing-masing tersebut memberikan kontribusi yang luar biasa. Sebagai contoh, organisasi Pemuda Muhammadiyah sebagai wadah terbaik penampung aspirasi generasi muda. Pemuda Muhammadiyah memiliki lima pondasi yang luar biasa, yaitu:
1.      Tauhid
2.      Sistem moral yang benar berdasarkan wahyu Ilahi
3.      Faith and action atau Action base on faith
4.      Keadilan
5.      Memiliki kecenderungan yang kuat dan tidak putus-putusnya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Dengan lima pondasi luar biasa tersebut, diharapkan bisa menjadikan organisasi ini bertumbuh dan berkembang serta memberi pengaruh positif bagi bangsa ini.

Pemuda Muhammadiyah haruslah menjadi tempat terbaik pengembangan potensi generasi muda bangsa. Organisasi ini diharapan mampu merangkul generasi sering dilihat sebelah mata dalam urusan agama. Padahal, kalau kita perhatikan generasi muda ialah generasi yang sangat berpotensi. Maksudnya, ketika generasi muda kita sentuh, maka kita bagaikan menyiapkan aset yang luar biasa. Ketika mereka disiapkan dari segi pemahaman yang baik tentang agama, maka kelak mereka akan tumbuh menjadi pemimpin yang bisa membesarkan bangsa ini dengan sangat amanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar