Kamis, 23 Februari 2017

Cara Cerdas Memindahkan Risiko

Sumber: www.sy4m.com

Menjadi tua itu pasti. Ketika kita diberikan waktu lebih panjang untuk hidup di dunia ini, maka kita akan merasakan masa tua. Masa dimana kekuatan fisik menurun dan produktifitas pun akan berkurang.
Masa tua, untuk sebagian orang menjadi momok yang menakutkan. Ada ketakutan untuk menjalani saat dimana kita tidak bisa lagi beraktifitas seperti ketika masih muda. Tidak hanya itu, masalah kesehatan pun seringkali menghantui masa-masa tua.
Bagi kita yang masih muda mungkin belum merasakan hal tersebut. Kita masih bisa melakukan apapun yang kita ingin lakukan. Kita juga bisa menikmati hidup dengan cara yang kita mau. Tidak ada penghalang untuk mengejar cita-cita menggapai pemenuhan kesenangan dan ketenangan lahir bathin.
Tapi, itu semua tidak akan abadi. Ada saat dimana tubuh ini mulai terasa lelah ketika beraktifitas meskipun tidak seberapa berat. Ada waktu dimana kegiatan hanya terfokus pada sekitar rumah. Bahkan tidak jarang, kita hanyabisa terbaring lemas karena masalah penyakit di masa tua.
Tentunya kita tidak ingin melalui masa tua denga hal yang tidak menyenangkan. Kita tidak ingin kehilangan momen indah untuk menikmati masa tua bersama keluarga. Kita juga tidak ingin melewati waktu tanpa bermain dengan cucu.
Tapi, kembali lagi, semuanya kembali kepada lifestyle ketika kita masih muda. Apa yang menjadi habits ketika masa muda akan berdampak pada masa tua kita. Ketika kita tidak pernah menjaga kesehatan, hidup semau gue, pikiran negatif menjadi santapan setiap hari, dan seabreg kebiasaan jelek, maka efeknya akan kita rasakan ketika usia sudah semakin senja.
Terkadang kita memang sering menyepelekan lifestyle yang baik. Merasa tubuh masih kuat dan tidak memiliki penyakit, kita pun melupakan olahraga, cek kesehatan dan juga menjaga pola makan serta pola pikir. Alhasil, kita tidak bisa menikmati masa tua.
Untuk itu, ada baiknya kita berkaca pada apa yang terjadi pada orang-orang sekitar kita. Mengambil pelajaran akan jauh lebih berharga daripada menyesali di kemudian hari. Ada banyak cara untuk menikmati sisa hidup yang diberikan oleh Yang Maha Pencipta.
Kita bisa mulai dari sekarang untuk bisa menikmati hari tua. Mulailah dengan membiasakan diri berolahraga, mengatur pola makan dan istirahat. Dan, tentu saja yang tidak kalah penting ialah menjaga pikiran agar tetap positif. Karena kita semua sadar, semua penyakit bersumber dari pikiran. Ketika kita bisa mengontrol pikiran, maka kita pun bisa mengontol tubuh ini untuk tetap baik.
Memang tidak mudah untuk menjad pikiran untuk tetap positif. Dengan kondisi yang terkadang tidak bersahabat, tidak terasa kita akhirnya terbawa untuk berpikiran negatif. Masalah yang bertumpuk, mulai dari masalah ekonomi hingga kesehatan, terkadang menjadikan kondisi tubuh semakin terpuruk.
Karena alasan itulah, sudah saatnya kita berpikir cerdas untuk memindahkan sebagian risiko hidup. BPJS Ketenagakerjaan merupakan solusi cerdas untuk memindahkan  risiko kita di hari tua. Dengan adanya jaminan hari tua dan jaminan pensiun menjadikan kita bisa lebih tenang dalam menjalani masa tua. Artinya, pikiran kita tidak terlalu terbebani dengan permasalahan yang sebenarnya bisa diatasi sebelumnya.

Untuk itulah, mempersiapkan segala hal yang untuk masa tua sejak dini merupakan cara terbaik. Dan, tentu saja keberadaan BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu kita dalam mempersiapkan semua itu. Sekali lagi, menjadi tua itu pasti, tapi menjadi tua yang bahagia dan mandiri itu pilihan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar