Selasa, 23 Juni 2020

Aplikasi Halodoc, Menikmati Layanan Kesehatan Menjadi Lebih Mudah




“All the money in the world can’t buy you back good health.” (Reba McEntire)
Kesehatan itu sesuatu yang sangat berharga. Tidak berlebihan loh kalau kita sebut kesehatan itu modal hidup. Coba deh bayangin kalau kita sakit, kita tidak bisa melakukan apa-apa.

Coba deh perhatikan di masa pandemi Covid-19 ini, kayaknya orang-orang semakin aware sama yang namanya kesehatan. Alasannya satu, kita ingin tetap sehat. Bahkan kita mau mengeluarkan uang sendiri untuk melakukan rapid test

Rasanya seperti menjadi tersangka ketika kita tiba-tiba batuk atau bersin di depan umum. Padahal mungkin itu hanya batuk dan bersin biasa. Tapi, tatapan mata orang membuat kita menjadi tidak nyaman.

Melakukan rapid test setidaknya bisa membuat kita jauh lebih tenang karena tahu kondisi tubuh kita. Artinya ketika kita tahu kita sehat, kita bersyukur. Dan, seandainya kondisi tubuh reaktif, kita akan lebih cepat mengambil tindakan dan tentu saja tidak akan menjadi penyebab orang lain tertular juga.

Dari sini, bisa kita katakan, kalau sehat itu segalanya. Kita mau melakukan apapun untuk sehat. Tidak ada yang mau menukar sehat dengan apapun, karena kesehatan itu sesuatu yang sangat penting.

Tapi, tidak jarang kesehatan itu rezeki yang terlupakan. Kita baru sadar nikmatnya sehat ketika kita sakit. Kita baru tahu kalau sehat itu berharga ketika kita harus menghabiskan banyak uang untuk berobat.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati.”
Semua orang sangat familiar dengan ungkapan di atas. Tapi, tidak sedikit yang abai dengan kesehatan. Dengan dalih mumpung masih muda, menikmati hidup, atau sekali-kali kan nggak apa-apa, itulah yang sering terucap ketika kita diingatkan untuk hidup sehat.

Dan, kita baru menyesal ketika rasa sakit menyapa. Padahal sebenarnya tubuh itu sudah memberikan sinyal loh, kalau kita sudah hidup tidak sehat. Tapi, terkadang kita kurang peka mendengar bahasa tubuh kita.

Apalagi di zaman sekarang, banyak faktor yang membuat tubuh menjadi lebih rentan sakit. Kita bisa perhatikan dari pola hidup dan makan kebanyakan orang saat ini. Mulai dari kurang gerak karena apa-apa ingin serba cepat dan instan. Contohnya saja, lebih memilih menggunakan escalator atau lift daripada naik tangga.

Kalau dari pola makan, tidak sedikit yang lebih menyukai makanan siap saji daripada makanan sehat. Makanan tinggi karbo dan rendah serat juga protein menjadi lebih disukai. Ditambah lagi makanan dengan kandungan MSG yang semakin marak, plus minuman dengan pemanis buatan pun sudah semakin digemari.

Namun, akhir-akhir ini sebagain masyarakat Indonesia pun sudah semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Menurut survei yang dilakukan Lembaga Asuransi di Indonesia mengungkapkan bahwa, 73% masyarakat Indonesia menempatkan kesehatan menjadi masalah yang paling penting.

Di era perkembangan teknologi saat ini, menjaga kesehatan itu tidak sulit. Edukasi tentang hidup sehat bisa dengan mudah didapatkan. Selain itu, sarana dan prasaaran untuk menjada kesehatan pun semakin marak.

Masyarakat saat ini yang sangat familiar dengan gadget. Bahkan menurut lembaga riset digital marketing Emarketer, memperkirakan Indonesia merupakan negara pengguna aktif smartphone terbesar keempat setelah Cina, India dan Amerika, jumlahnya lebih dari 100 juta orang. Selain itu, hampir 60 juta penduduk Indonsia pun memiliki gadget. Dan, menurut data wearesocial pada tahun 2017, orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih 9 jam sehari.

Oleh karena itu, MHealth Tech Indonesia membuat terobosan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Didasarkan pada kebutuhan dan kebiasaan masyarakat di zaman sekaranga, maka hadirlah aplikasi Halodoc.

Nah, apa itu aplikasi Halodoc?

Aplikasi Halodoc

Halodoc adalah platform kesehatan yang bertujuan membantu melayani kesehatan masyarakat luas dengan lebih mudah, aman, nyaman, cepat serta professional agar kondisi tubuh lebih fit, aktif dan sehat.

Halodoc dengan tagline-nya simplifying healthcare benar-benar memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Halodoc pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 di Jakarta.

Apa Keuntungan Menggunakan Aplikasi Halodoc?
Dengan menginstall aplikasi Halodoc, kita akan mendapat banyak manfaat. Selain kita bisa mengakses kapanpun dan dimanapun, Halodoc juga sudah terintegrasi antara dokter, apotek, rumah sakit dan asuransi.

Manfaat lainnya yang dapat kita peroleh dengan menginstall aplikasi Halodoc ialah:
  • Konsultasi Dokter Online



Saat ini, di Halodoc sudah tergabung sekitar 20.00 dokter dari seluruh Indonesia dengan berbagai macam keahlian medis. Para dokter tersebut sudah memiliki surat tanda registrasi dan juga surat izin praktek. Kerahasian pasien yang berkonsultasi pun dijamin aman.

Fitur Tanya Dokter ini pun ada dua macam, yaitu:
Pertama, bersifat emergensi. Pada kasus ini 68% bisa diselesaikan dengan tindakanmedis digital (anamneses).

Kedua, pasien yang sudah pernah bertemu dokter sehingga ia tinggal follow up dari kasus yang pernah ditangani.

  • Beli Obat

Fitur ini sangat membantu pasien yang ingin membeli obat di apotek sesuai dengan resep dokter tanpa harus membeli langsung. Kita tingga upload resep di apikasi Halodoc dan pesan melalui layanan beli obat.

Halodoc sudah terintegrasi dengan fitur Apotek Antar yaitu platform yang menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1000 apotek resmi terdekat dengan pengguna. Selain itu Apotek Antar juga bekerja sama dengan Gojek melalui layanan Go-Med.

Halodoc juga melayani pembelian obat tanpa reseo dokter. Kita bisa mencari obat yang dibutuhkan pada tampilan menu dengan harga yang sudah tercantum.

  • Layanan Lab

Halodoc menyediakan layanan pengujian lab. Kita bisa memesan jasa tes laboratorium dari laboratorium resmi yang sudah bekerja sama dengan Halodoc. Pengambilan darah atau sample urine bisa dilakukan di rumah. Kita bisa mengetahui hasil dari pemeriksaan lab langsung dari aplikasi tanpa harus pergi ke laboratorium.

  • Layanan Periksa Rumah Sakit

Pernah nggak merasa bête harus antri berjam-jam di Rumah Sakit? Aplikasi Halodoc memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk membuat janji dengan dokter tanpa perlu antri berlama-lama di Rumah Sakit.

  • Informasi Kesehatan

Selain memudahkan kita mendapatkan layanan dokter, Rumah Sakit dan obat, Halodoc juga memberika edukasi kesehatan kepada masyarakat. Artikel yang disajikan memberikan pemahaman tentang kesehatan yang mudah dicerna. Dengan membaca artikel yang ada pada aplikasi Halodoc, kita menjadi lebih paham, waspada dan hati-hati dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga.

  • Fitur Lainnya

Ada dua fitur yang tidak kalah bermanfaatnya, yaitu fitur reminder dan informasi mengenai asuransi yang sangat bermanfaat.


Itu dia fitur yang ada di aplikasi Halodoc. Lengkap banget, kan? Rasanya rugi banget kalau kita nggak install aplikasi satu ini.

Eits, ada satu lagi nih. Halodoc juga menyediakan layanan rapid test, loh. Di masa pandemic covid-19 ini, tentu saja kita masih merasa waswas dan khawatir. Nah, untuk lebih meyakinkan dan tahu kondisi sebenarnya tubuh kita, langsung aja nikmati layanan rapid test dari Halodoc.


Untuk harga rapid test bervariasi sesuai dengan Rumah Sakit dan juga layanan yang diberikan. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan lokasi temoat tinggal dan tentunya juga sesuai dengan kondisi keuangan. Tapi, yang terpenting semua Rumah Sakit yang bekerja sama dengan Halodoc sudah sangat terpercaya.


Oya, selain ada aplikasinya, Halodoc juga memiliki akun sosial media yang juga memberikan banyak manfaat bagi kita, loh.

Jadi, mulai sekarang nggak perlu repot atau bingung kalau mau konsultasi ke dokter. Tinggal install aplikasi Halodoc, terus follow juga akun sosial medianya. Yakin deh, dengan aplikasi Halodoc, menikmati layanan kesehatan menjadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar