Senin, 28 Desember 2020

Tukoni, Gerakan Dari Hati Di Masa Pandemi

 

“Orang pesimistis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Orang Optimistis melihat peluang dalam setiap kesulitan.” (Winston Churcill)

 

Pandemi Covid-19 membuat semuanya berubah. Siapa yang mengira kita harus menjalani kehidupan yang benar-benar baru. Gerak langkah di dunia nyata mulai terganti ke dunia digital. Mulai dari menuntut ilmu sampai menjemput rezeki semua bertumpu pada jalur virtual. Mereka yang tidak bisa berdamai dengan kondisi saat ini, tentu akan terhenti dan tergantikan langkahnya.

 

Belajar dari rumah, bekerja dari rumah serta pemutusan hubungan kerja menjadi fenomena yang harus diterima. Dampak lain tentu saja adanya penurunan daya beli. Kebanyakan masyarakat mulai berpikir seribu kali untuk membeli makanan di luar. Situasi pandemi membuat para penjual harus menutup usaha mereka. Di sisi lain, para konsumen pun melakukan penghematan dengan memasak makanan di rumah agar lebih hemat dan higienis.

 

Tapi, tentu saja kondisi seperti ini bukan untuk dikeluhkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh pria asal Jawa Barat yang hijrah ke Yogya, Revo Al Imran Sulaeman. Pria peraih Satu Indonesia Awards ini melahirkan sebuah gerakan yang sangat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM. Bersama sahabatnya Eri Kuncoro, berusaha untuk merangkul pelaku UMKM yang terdampak  oleh pandemi Covid-19. 


Dua sosok kreatif ini mampu menjadi solusi di tengah kondisi yang tak pasti. Eri Kuncoro dan Revo Al Imran Sulaeman, hadir memberikan pintu keluar dari masalah yang ada saat ini.  Mereka tidak menebar ikan, namun memberi kail untuk bisa tetap bertahan di masa pandemi. Keduanya berpikir, situasi memaksa untuk terus begerak meski harus tetap berjarak.

 

#YukTukoni

 

Apa itu #YukTukoni

#YukTukoni merupakan sebuah gerakan pembelian dengan mengumpulkan produk dari para penggiat usaha makanan dan minuman, UMKM dan F&B Creator, ke dalam satu tempat yang bisa diakses dengan mudah. Sehingga akan terjadi transaksi dan bisa meningkatkan penjualan produk di situasi pandemi saat ini.

 

Perbedaan TUKONI

Apa bedanya dengan platform atau aplikasi yang sejenis yang sudah ada?

Tentu ada beda dan kelebihannya. Ada beberapa PERBEDAAN yang dimiliki TUKONI:

  • Tampilan produk dan harga lebih jelas
  • Promosi yang tepat sasaran
  • Ada pilihan produk kuliner hits
  • Lebih hemat dan banyak pilihan
  • Berbagai pilihan produk berkualitas dalam 1 tempat
  • Melakuakn QC produk mulai konsultasi, re-design dan pemotretan ulang
  • Belanja di satu tempat di banyak mitra dengan pengiriman cukup 1x


Alur kerja TUKONI

Program Unggulan

Selain itu, Yuk Tukoni juga memiliki Program Unggulan, yaitu:


Beli Dagangan Langganan


Program "Beli Dagangan Langganan" (BFL) merupakan sebuah inisiatif dari TUKONI untuk meningkatkan penjualan usaha yang terdampak Covid-19.


Pihak TUKONI akan menyeleksi satu produk setiap bulannya dan akan dibeli oleh pihak TUKONI, lalu dibagikan kepada kolega dan juga digunakan sebagai bonus pembelian.

 

Dan pada saatnya, pihak TUKONI akan membuka pemasanan pembelian produk tersebut untuk dapat meningkatkan penjualan dari para usaha langganan.

 

Kolaborasi Makanan Hits

Program unggulan ini digagas karena situasi pandemic yang membuat kita tidak bisa kemana-mana, termasuk berwisata dan menikmati kuliner khas. Karena itulah, TUKONI membuat program kolaborasi bersama Kuliner Hits di Yogyakarta dengan membuat versi Makanan Beku (Frozen Food) sehingga produk ini bisa kita nikmati di rumah.

 

Tidak hanya itu saja, TUKONI pun melakukan Re-packing produk. Alasannya sebagai solusi agar makanan bisa dinikmati oleh konsumen di rumah.

 

Mitra TUKONI

Awalnya, gerakan #YukTukoni ini hanya pada kelompok kecil lingkup pertemanan kedua foundernya. Namun hingga awal November, Tukoni telah bermitra dengan 120 penggiat usaha makanan minuman, UMKM dan F&B Creator.


 

Profil Founder TUKONI


Pencapaian dan Pemberitaan TUKONI

Pada bulan Agustus, terjadi lonjakan orderan. Ada 19,1 juta orang mengakses aplikasi Yuk Tukoni dengan volume penjualan mencapai Rp 1,08 miliar.



Dengan platform sederhana tapi bisa menggerakkan penjualan. TUKONI memilih instagram untuk display produk. Sedangkan untuk pembelian, kita bisa memesan via DM Instagram atau melalui Whatsapp Channel. 


Bagi teman-teman pelaku UMKM, inilah kesempatan kalian untuk bergabung. Berada di era tatanan baru ini, tentu saja kita tidak bisa memakai cara-cara lama. Melebur ke dunia digital adalah cara paling cerdas untuk bisa bertahan. 


Bagi teman-teman penikmat kuliner, platform #YukTukoni ini bisa menjadi solusi untuk tetap bisa menikmati makanan khas. Tidak hanya Yogya, karena #YukTukoni juga merangkul UMKM di wilayah Solo, Madiun dan Semarang. Saat ini layanan pesan kirim Tukoni sudah bisa melayani pengiriman ke luar kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Coverage area Tukoni saat ini meliputi: Yogyakarta, Sleman, Bantul, Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya dan Denpasar.  Setidaknya rasa rindu akan kuliner hits bisa terobati dengan segera hanya dengan menggerakkan jari kita. 



Referensi Tulisan dan Gambar:

www.tukoni.id

https://www.instagram.com/yuktukoni

https://republika.co.id/berita/qjx9iq370/bergerak-untuk-umkm-yogyakarta-selama-pandemi

https://kumparan.com/teman-kumparan/atyuktukoni-gerakan-bantu-umkm-di-yogyakarta-agar-tak-padam-semasa-pandemi


15 komentar:

  1. Alhamdulillah, senang dengan adanya ide brilian seperti Yuk Tukoni ini. UMKM terbantukan menjadi lebih baik dan para konsumen bisa mendapatkan barang dengan lebih mudah. Bahkan bukan cuma di Yogya ya. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Niar, inspiring banget ya gerakan tukoni ini. Aku salut sama penggagasnya

      Hapus
  2. Tukoni membantu para moms untuk mendapatkan makanan dengan mudah dan cepat apalagi kaya Mpo suka makan frozen food.

    BalasHapus
  3. bagus banget ya inovasi dari Mas Revo dan Mas Eri ini
    produk UMKM jadi lebih dikenal luas melalui Tukoni ini, pelanggan pun juga gak perlu repot lagi ya karena bisa memilih makanan yang diinginkan dengan satu kali pesan, jadi lebih hemat ongkir gitu ya :)

    semoga kedepannya bisa cover seluruh wilayah Indonesia ya, untuk makanan yang bisa bertahan berhari-hari tentunya :)

    BalasHapus
  4. Beli dagangan langganan, wow membantu sekali ya buat para pelaku usaha zaman now terutama pada masa pandemi. Meningkatkan penjualan lebih luas lagi dan laris manis ke mana2. Semoga bisa berkesinambungan Tukoni dalam program2nya.

    BalasHapus
  5. Bersyukur banget sekarang makin banyak aplikasi yang membantu umkm menjalankan usahanya..

    Jadi bisa sama sama survive..
    Tukoni itu artinya beliin gitu ya mom

    BalasHapus
  6. Semenjak pandemi ini aku tuh lebih memilih beli makanan dari teman-teman UMKM. Btw ini programnya bagus ya, jadi menyatukan para pemilik UMKM dalam satu wadah. Dan kalau kita mau beli tinggal cek Tukoni ya.

    BalasHapus
  7. Gerakan Tukoni sangat membantu UMKM saat sulit sperti sekarang jadi smuanya terlibat untuk membantu kita sebagai irt bisa membeli makanan dengan mudah

    BalasHapus
  8. Tukoni ini dari bahasa jawakah, mbak? Keren juga nih kalau Tukoni ada di kalimantan juga

    BalasHapus
  9. Kreatif banget..
    Aku senyum baca apps yang dibikin oleh anak bangsa ini.
    Semoga TUKONI bisa mencapai pasar global.

    BalasHapus
  10. yuk yg punya UMKM segera daftar ke Tukoni, ini beneran membantu bngt yang punya dagangan tp bingung mau jualnya gmn, smg bisa lbh semangat

    BalasHapus
  11. Wah semoga Tukoni bisa melebar ke kota Medan ya Mbak... temen2 pegiat UKM/UMKM seneng banget pasti difasilitasi platform jaringan seperti Tukoni ini.

    BalasHapus
  12. Sekarang eranya kolaborasi ya mbak..antara produsen dengan yang ahli digital marketing atau pembuat start up seperti ini. Karena memang pandemi yang masih belum pasti kapan selesainya ini, perlu adaptasi yang tinggi. Semoga semakin banyak umkm yang bergabung

    BalasHapus
  13. saat ini emang penting banget untuk membelanjakan uang kita ke produk UMKM biar roda perekonomian berputar, dengan adanya platform Tukoni ini semoga para pelaku UMKM dapat bertahan dan berkembang kembali seperti sedia kala

    BalasHapus
  14. Wah baru tahu ada platform keren seperti Tukoni ini yang tentunya sangat bermanfaat ya terutama untuk para pelaku UMKM.

    BalasHapus