Berbagi bersama Sinergi: Tak Sekadar Menyantuni dan Melayani, Tapi Mendidik Menjadi Lebih Mandiri

 



“Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan sedekah dan hadapilah segala cobaan dan bahaya dengan doa dan rendah hati.” (HR. Abu Hurairah)

 

Zakat. Ajaran penuh cinta dan kebermaknaan. Tidak hanya memberi manfaat kepada yang melaksanakannya, tapi juga menebar kebahagiaan kepada yang menerimanya.

 

Dari sisi kesehatan pun ternyata, zakat atau sedekah juga memberikan manfaat yang tidak bisa disepelekan. Menurut hasil riset psikologi asal Amerika Serikat David Klein yang dikuti dari www.gaya.tempo.id, pada air liur orang yang suka memberi, terjadi penambahan protein yang berperan penting menambah sistem kekebalan tubuh.

 

Jadi sebenarnya memberikan zakat itu tidak hanya membantu orang lain yang membutuhkan. Tapi, sejatinya membantu diri kita sendiri. Kita akan jauh lebih sehat, bahagia dan tentu saja Allah SWT akan mengganti atas apa yang kita berikan.

 

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, kita harus bersyukur karena bisa dengan mudah menyalurkan zakat melalui lembaga amil zakat. Tapi, tentu saja, kita harus lebih teliti dalam memilih badan amil zakat yang amanah.

 

Berbicara tentang lembaga amil zakat, ada sebuah lembaga yang sudah terbukti amanah. SinergiFoundation, sebuah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreatifitas dan inovasi sosial – pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS.

 

Sinergi Foundation merupakan embrio Yayasan Semai Sinergi Umat yang didirikan oleh Prof. Dr. KH. Miftah Faridl pada 14 Oktober 2002.

 

Sinergi Foundation memiliki banyak program. Ada Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM), SF Rescue, Sinergi dan Advokasi Bebas Rentenir, Ternakita, Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB), MyTeacher, Sekolah untuk Semua, Pesantren Teraphis, dan lain-lain.

 

Apa yang membuat beda dengan lembaga amil zakat lain?

Program-program Sinergi Foundation tidak sekadar terfokus pada pemberian layanan dan bantuan saja. Tapi, memberikan kail agar para dhuafa juga bisa bangkit dan hidup mandiri serta dapat berkembang dan maju.

 

Ada dua program yang benar-benar beda, yaitu:

Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC)

Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) ini berlokasi di Jl. Holis No.448-A, Caringin, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung.

 

RBC hadir untuk memberikan kemudahan bagi ibu dan anak kalangan lemah (dhuafa). Layanan yang diberikan antara lain persalinan, pemberian gizi dan vitamin, senam ibu hamil, ANC (Ane Natal Care) serta pelayanan pasca persalinan.

 

Tentu saja program ini sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Karena sampai saat ini, kasus kematian ibu melahirkan masih terbilang tinggi. Tidak hanya itu, kasus kekurangan gizi dan stunting pun masih menjadi PR di negeri ini.

 

Kehadiran RBC setidaknya dapat menjadi solusi agar ibu dan anak dari kalangan dhuafa bisa mendapatkan pelayanan yang layak. Mereka bisa melahirkan dengan aman dan nyaman.



 

 


Lumbung Desa (Pemberdayaan Petani)

Selain Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Sinergi Foundation pun memiliki program Pemberdayaan Petani. Program yang sangat kreatif tentu saja. Karena mereka tidak sekadar diberi ‘ikan’. Mereka diberikan ‘kail’ agar bisa terus mendapatkan ‘ikan’.

 

Program pemberdayaan petani di Sinergi Foundation ini dinamakan Lumbung Desa. Semua aktivitas di Lumbung Desa didanai dari zakat.

 

Program Lumbung Desa ini ialah menjadikan lahan lebih produktif. Lahan baru ditanami pohon buah dan sayur. Hasil panen bukan untuk dijual tapi dibagikan ke warga desa. Melalui program Lumbung Desa ini banyak petani yang tersejahterakan.




Itulah program yang hanya ada di Sinergi Foundation. Sinergi Foundation memberikan kemudahan kepada kita untuk bayar zakat secara online. Jadi, tidak perlu merasa ribet dengan adaya zakat online. Di Sinergi Foundation, zakat yang kita salurkan tidak sekadar untuk menyantuni dan melayani para kaun dhuafa, tapi juga menjadikan mereka jauh lebih produktif dan mandiri. Yuk, berbagi bersama Sinergi!

 

Posting Komentar

0 Komentar