Popmama Parenting Academy 2021, Saatnya Saling Merangkul, Berbagi dan Menguatkan


popac-2021


 

Popmama Parenting Academy 2021, Parents Support Parents. Sebuah dukungan dengan tidak saling menjatuhkan sesama orangtua sangatlah penting. Apalagi di masa pandemi ini, di saat kita sebagai orangtua dituntut untuk mengambil peran dan tugas menjadi pendidik di rumah.

 

Lelah? Pasti. Jangankan harus multitasking menjadi guru di rumah, tugas domestik rumah tangga setiap hari pun sudah sangat menyita waktu dan pikiran. Tidak jarang dengan rutinitas seperti ini, tanpa disadari bisa menyebabkan percikan emosi negative.

 

Support. Satu kata itulah yang dibutuhkan oleh semua orang tua khususnya para mama. Kita hanya butuh telinga untuk mendengar dan pelukan untuk saling menguatkan.


Kenapa Harus Saling Support?

Menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, pembatasan sosial telah membuat 69% perempuan dan 61% laki-laki menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Angka tersebut menunjukkan perempuan memikul beban terberat, mengingat sebanyak 61% perempuan juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengasuh dan mendampingi anak dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 48%.

 

Kondisi inipun akhirnya mempengaruhi kesehatan mental dan emosional perempuan. Hal tersebut disebabkan karena 57% perempuan mengalami peningkatan stress dan kecemasan akibat bertambahnya beban pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan, kehilangan pekerjaan, dan pendapatan, serta mengalami kekerasan berbasis gender. Sedangkan jumlah laki-laki yang mengalami permasalahan tersebut yaitu 48%.

 

Menurut data di atas jelas sekali, kalau kondisi pandemi ini sangat mempengaruhi psikologis perempuan. Jadi, siapapun saat ini yang sedang merasakan lelah, bosan dan marah. Di luaran sana banyak sekali yang memiliki perasaan dan kondisi yang sama.

 

Kondisi seperti ini bukan aib. Tidak ada salahnya kita berbagi cerita, saling mendengarkan dan menguatkan. Kita bukan wonder woman. Sungguh sangat manusiawi dan wajar ketika kita membutuhkan kehadiran orang lain di samping kita. Kita membutuhkan teman, sahabat, dan komunitas yang bisa memberikan support agar kita bisa tetap bertahan dan bahagia dalam membersamai buah hati.

 

Popmama Parenting Academy 2021, Parents Support Parents 

Popmama Parenting Academy 2021 mengusung tema #parentssupportparents. Bukan sekadar slogan atau tagline. Tapi, memang saat ini kita butuh untuk saling menguatkan.

 

“You need a good support system when you’re trying to make positives lifestyle changes. If everyone is eating burgers and fries while you’re having fish and salad, it’s easy to lose your willpower.” (Bob Harper)

 

Sebuah ungkapan dari seorang presenter sekaligus penulis asal Amerika ini sebenarnya relate banget dengan apa yang sering kita alami. Seringkali kita ingin berubah menjadi lebih baik, tapi kita tetap berada di circle yang tidak mendukung.

 

Diakui atau tidak, kondisi saat ini membuat kita seakan menaiki roller coaster. Tidak sedikit yang mengalami kekagetan dengan perubahan yang ada, bahkan berakhir depresi. Bingung apa yang harus diperbuat dengan segala permasalahan yang ada, mulai dari permasalahan anak sampai keuangan keluarga.

 

PopmamaParenting Academy 2021 kembali hadir. Meskipun masih dalam suasana pandemi, namun tidak mengurungkan niat untuk menggelar acara ini kembali. Tujuannya agar kita bisa saling menguatkan satu sama lain.

  

Popmama Parenting Academy 2021 memiliki 4 (empat) pilar, yaitu: Health (kesehatan), Education (Pendidikan), Child Abuse (Kekerasan pada Anak), dan Financial (Keuangan).

 

Kenapa harus 4 hal itu yang menjadi fokus?

Dalam dunia orangtua, apalagi saat ini, 4 hal tersebut menjadi sesuatu yang paling disoroti.

Pertama, health (kesehatan), pandemi Covid-19 menjadi alarm tersendiri bagi kita semua untuk lebih peduli dengan kesehatan. Saat ini, kita berusaha sekuat tenaga agar bisa tetap fit. Tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga bagaimana caranya kesehatan semua anggota keluarga pun tetap terjaga.

 

Kedua, Education (Pendidikan), menjadi orangtua itu nggak ada sekolahnya. Pernahkah teman-teman menemukan fakultas keluarga dengan jurusan ayah atau ibu?

 

Pasti belum. Karena itulah, tidak ada orangtua yang paling hebat. Setiap orangtua itu sejatinya ialah pribadi yang harus terus belajar, sebagaimana anak-anak pun terus bertumbuh.

 

Ketiga, Child Abuse (Kekerasan terhadap Anak), diakui atau tidak, ada banyak kasus kekerasan terhadap anak. Ingat, kekerasan itu tidak selamanya berhubungan dengan fisik. Kekerasan verbal dan juga kekerasan emosional. Kondisi seperti ini tentu saja membutuhkan solusi dan edukasi. Solusi bagi mereka yang pernah berada di lingkaran ini, dan edukasi sebagai tindakan preventif agar tidak terjadi lagi.

 

Keempat, Financial (Keuangan). Tidak bisa dipungkiri dunia mama itu tidak bisa lepas dari keuangan. Sebagai menteri keuangan di rumah, tentunya kita dituntut untuk lebih cermat dan cerdas dalam mengatur keuangan. Belajar financial itu sebuah keharusan bagi para mama. Fnancial is not only for the business.

 

Berbagai kegiatan online bisa kita ikuti bersama suami dan buah hati. Sebagai implementasi keempat pilar tersebut, Popmama Parenting Academy 2021 menghadirkan serangkaian acara yang sarat dengan nilai edukasi, diantaranya:


popmama


Popmama Parenting Academy 2021 benar-benar akan memberikan wawasan dan pemahaman tentang dunia parenting, khususnya yang berhubungan dengan 4 pilar di atas. Ada beberapa pemateri luar biasa yang akan berbagi ilmu dan pengalamannya pada kita semua, yaitu:


popac-2021

  • Rika Endang Triyani (Story teller)
  • Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog (Psikolog Anak dan Keluarga)
  • Rista Zwestika Reni, S.Sos. AWP CFP (Financial Planner)
  • Dr. Marlyn Cecilia Malonda, SP.A (Dokter Spesialis Anak Mayapada Hospital Tangerang)
  • Putu P.D Andani M.Psi., Psikilog (Co-Founder dan Clinical Child & Family Psychologist, TigaGenerasi)
  • Saskhya Aulia Prima M.Psi., Psikolog (Co-Founder dan Clinical Child & Family Psychologist, TigaGenerasi)
  • Vera Itabiliana, S.Psi., Psikolog (Clinical Child & Family Psychologist, TigaGenerasi)


POPAC 2021 hadir dengan paket lengkap memberikan dukungan kepada para orang tua. Kita akan mendapatkan insight yang luar biasa dengan ikut bergabung dalam rangkaian acara yang akan digelar dari tanggal 1 – 31 Desember 2021.

 

Popmama.com, Tempat Belajar Mama Millennial



Popmama.com adalah media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending relevan untuk millennial mama di Indonesia.

 

Popmama.com lahir sebagai teman bagi millennial mama untuk berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik.

 

Popmama.com menyajikan berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia, informasi mengenai dunia parenting, dan saran-saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya.

 

Konten kreatif di Popmama.com itu disajikan dengan sudut pandang dan cara penyajian yang berbeda dari media konvensional. Popmama.com menggunakan banyak visual, video, list dan humor dalam penulisan artikelnya.

 

Visi dari Popmama.com adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan millennial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua.

 

Popmama.com adalah portal berita parenting yang merupakan bagian dari IDN Media, perusahaan media multiplatform untuk millennial dan generasi-Z.

 

Menjadi seorang mama itu bukan sebuah kebetulan, tapi Tuhan tahu kita pantas untuk mengemban amanah itu. Jadi, pantaskan diri kita menjalani tugas mulia ini. Jadilah mama yang bahagia dan cerdas agar buah hati kita pun tumbuh dengan penuh cinta dan percaya diri. Yuk, kita melangkah, bertumbuh dan saling menguatkan bersama di Popmama ParentingAcademy 2021!

 

 

Sumber:

https://www.popmama.com/

https://www.instagram.com/popmama.parenting.academy/

https://www.instagram.com/popmama_com/

https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2921/survei-menilai-dampak-covid-19-perempuan-memikul-beban-lebih-berat-dibandingkan-laki-laki

 


Posting Komentar

1 Komentar

  1. betul, dengan berbagi dan memiliki support system itu sama dengan menjaga kewarasan kita sebagai ibu ya mb. apalagi di kondisi pandemi ini, di mudahkan dengan adanya popmama parenting academy yang dilakukan secara online..

    BalasHapus