Selasa, 20 Agustus 2013

English Is As Easy As Bahasa


Seorang Ibu mengadukan kurikulum baru di sekolah anaknya. Beliau mengatakan kalau sekarang di sekolah anaknya, tidak ada mata pelajaran Bahasa Inggris. Katanya, banyak orangtua yang protes karena Bahasa Inggris itu terlalu sulit untuk anak SD. Si Ibu itu sangat tidak setuju, dan meminta pendapatku tentang hal tersebut.

Aku tersenyum mendengar curhatan ibu muda tadi. Kalau boleh jujur, aku sangat tidak setuju jika Bahasa Inggris dihapuskan dari mata pelajaran di sekolah. Alasannya bukan karena aku ini guru Bahasa Inggris. Tapi, karena menurutku jika kita sudah menanamkan pemahaman kalau Bahasa Inggris itu sulit, maka sampai tua pun tetaplah sulit.

Pengalamanku ketika mengajar Bahasa Inggris di SD dulu, aku melihat murid-murid begitu menikmati pelajaran Bahasa Inggris. Bahkan, ketika aku baru tiba di depan gerbang sekolah pun, mereka langsung menyerbuku dan menagih kapan belajar Bahasa Inggris. Ketika di kelas pun, jika jam pelajarannya sudah habis, mereka selalu mengatakan ‘sebentar lagi aja, Miss. Tanggung lagi seru’.

Bahkan aku pernah mengajar private Bahasa Inggris anak usia 4 dan 5 tahun. Aku pernah mencoba untuk tidak datang, bukan karena sakit atau ada halangan. Aku hanya ingin tahu, apa si anak senang aku kalau aku tidak datang. Ternyata mereka marah gara-gara aku tidak datang. Terus, aku tanya, ‘kenapa mesti marah?’ dan jawaban mereka membuatku terdiam. Mereka menjawab, ‘kalau Miss nggak datang, berarti kita cuman belajar sekali dong minggu ini’.


Jadi, sebenarnya, bukan mempermasalahkan sulit atau tidak. Tapi, bagaimana cara yang terbaik untuk memperkenalkan Bahasa Inggris kepada siswa. Dalam hal ini, guru dituntut untuk lebih kreatif. Aku mengatakan seperti ini, bukan karena aku lebih hebat dari yang lain. Aku pun sama, masih terus belajar. Materi Bahasa Inggrisnya mungkin sama dari dulu sampai sekarang, tapi cara mengajarnya tidak mungkin sama. Karena memang sudah berbeda zaman dan kebiasaan. Dan yang harus ditanamkan dalam pikiran anak didik kita ialah ENGLISH IS AS EASY AS BAHASA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar