Kamis, 28 Agustus 2014

Bersahabat Dengan Al-Quran


“Aduh, HP-ku ketinggalan.”
“Wah, tempat kosmetikku nggak kebawa.”

Pernah dengar keluhan seperti di atas? Atau kita mengalaminya sendiri?
Sepertinya ada sesuatu yang kurang kalau HP kita tertinggal. Atau untuk sebagian wanita, perasaan yang sama juga terjadi ketika alat-alat kosmetik lupa tidak terbawa. Pertanyaannya, pernahkah kita merasa tidak nyaman atau tidak tenang ketika kita lupa membawa Al-Quran?
Mungkin di zaman sekarang, sudah bukan alasan lagi kalau kita katakan ribet atau berat ketika membawa Al-Quran. Di zaman yang sudah semakin canggih, aplikasi Al-Quran sudah tersedia di seluruh ponsel. Tidak ada alasan bagi kita untuk absen mengaji.
Meskipun untuk sebagian orang ada yang lebih nyaman untuk tetap mengaji menggunakan mushaf Al-Quran. Mereka merasa lebih menikmati dan menjiwai ketika membaca dari mushaf. Tapi, itu pun bukan menjadi suatu masalah. Bagi kita, umat muslim Indonesia, tidak perlu merasa kesulitan untuk mencari Al-Quran yang terbaik. Akhir-akhir ini beberapa penerbit mengeluarkan Al-Quran dengan beberapa nilai tambah lainnya, mulai dari tafsir ayat hingga asbabun nuzul. Tidak hanya itu, bahkan bagi sebagian orang yang belum bisa sama sekali membaca Al-Quran pun, sekarang sudah banyak tersedia Al-Quran yang dilengkapi digital pen. Bahkan, Al-Quran untuk anak-anak pun sekarang sudah bisa kita jumpai. Al-Quran yang dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik bagi anak-anak ini, sangat membantu kita mengajak mereka untuk mencintai Al-Quran.
Tinggal di negeri yang mayoritas muslim memang memberikan banyak kemudahan untuk mempelajari agama, termasuk mempelajari Al-Quran. Kita menginginkan Al-Quran seperti apapun, semuanya ada di sini. Yang terpenting sekarang ialah bagaimana kita mulai bersahabat dengan Al-Quran. Al-Quran yang ada tidak hanya dijadikan pajangan indah di rak buku, tapi menjadi sahabat kita dalam melangkah di bumi Allah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar