Selasa, 05 Mei 2020

5 Tips Agar Tetap Fit Bagi Busui Di Bulan Ramadan




Ramadan. Tak terasa kita sudah menikmati jamuan 10 hari kedua bulan penuh berkah ini. Meskipun, mungkin hampir setiap orang merasakan atmosfer berbeda di Ramadan kali ini. Tapi, Ramadan tetaplah memberi suasana hati yang lebih menenteramkan.

Ramadan tahun ini kita benar-benar memaknai proses menahan diri. Ya, pandemic covid 19 membuat kita harus #DiRumahAja. Kita harus menahan diri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan, baik yang dilakukan sebelum, saat ataupun setelah Ramadan. Semua kebiasaan dan juga rencana yang telah kita susun, mulai dari aktivitas rutin di bulan suci hingga mudik, tidak bisa terealisasikan.

Tapi, Ramadan tetaplah Ramadan. Itulah yang harus kita tanamkan. Himbauan maupun larangan untuk membatasi gerak lingkup kita untuk ibadah berjamaah, tidak harus menjadikan kita merasa jauh dari Sang Pencipta.

Melaksanakan Ibadah puasa tentu saja memiliki tantangan sendiri-sendiri. Contohnya saja bagi ibu menyusui. Berpuasa bagi busui memang sangat butuh perjuangan. Saking tidak mudahnya melaksanakan puasa bagi ibu hamil ataupun menyusui, bahkan Allah memberikan keringanan (rukhsoh). Kita diperbolehkan untuk tidak berpuasa kalau kondisi anak tidak memungkinkan.

Tapi, bagi ibu-ibu yang tetap ingin berpuasa, tentu saja boleh. Sekali lagi, kita juga harus melihat kondisi si ibu dan bayinya. Nah, saya ingin berbagi tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi. Busui juga bisa loh tetap fit meskipun sedang berpuasa. Ini dia 5 tips tetap fit bagi busui di bulan Ramadan:
  • Yakin dan tetap positive thinking

Kenapa ini menjadi poin nomor satu? Ya, poin setelah ini hanyalah pendukung. Ketika diri kita sudah yakin untuk berpuasa penuh, maka kekuatan itu akan mengikuti. Intinya memang di pikiran yang harus tetap positif. Puasa ini jangan dibawa cemas dan was-was dulu, tapi dinikmati. Coba bayangkan hal-hal positif yang bisa didapat dengan kita berpuasa. Jauhkan juga pikiran-pikiran ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran lainnya. Karena dengan pikiran yang positif, kita akan jauh lebih bahagia. Ketika kita bahagia, produksi ASI jauh akan lebih banyak. Artinya apa? Kebutuhan ASI bagi buah hati pun akan tercukupi dan kita bisa melaksanakan puasa tanpa rasa was-was dan bersalah.

  • Cukup kebutuhan air putih

Air putih ini merupakan asupan yang paling penting. Tidak hanya untuk busui, tapi juga bagi setiap orang. Apalagi bagi busui yang membutuhkan asupan cairan lebih banyak daripada yang tidak sedang menyusui. Ibu menyusui itu membutuhkan 8 ditambah 3 gelas air putih setiap harinya. Untuk waktu minumnya, bisa kita atur sendiri kok. Pokoknya jangan sampai kurang dari itu.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Untuk sebagian atau mungkin kebanyakan orang Indonesia, godaan terbesar saat berbuka itu ialah gorengan. Makan gorengan saat berbuka itu kenikmatan yang hakiki. Nah, bagi busui sebaiknya lebih banyak mengkonsumi makanan sehat, seperti buah dan sayur. Bagaimana dengan gorengan? Bagi orang yang sudah terbiasa ada baiknya bertahap untuk menguranginya. Agar tubuh pun tidak kaget, dan kita pada akhirnya bisa melepas gorengan dengan ikhlas tanpa paksaan dan mengganti dengan cemilan sehat.

  • Kurangi konsumsi kafein

Memang benar kafein itu tidak seratus persen memberikan efek negative. Kafein juga memberikan efek positif kok. Seperti yang dilansir oleh www.sehatq.com, 7 manfaat kafein diantaranya: meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan, meningkatkan performa olahraga, mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer, mencegah kanker kulit, mengatasi depresi, dan meningkatkan kewaspadaan.

Tapi, manfaat tersebut akan kita dapatkan ketika takaran yang masuk ke perut sesuai, tidak berlebihan. Kita disarankan mengkonsumsi kafein, tidak lebih dari 400 mg. Oya, ingat ya, kafein itu tidak hanya ada pada kopi, tapi juga pada teh dan minuman bersoda.

Kenapa tidak boleh lebih dari 400 mg. Karena ada efek negative yang bisa kita rasakan, diantaranya: gugup, gangguan tidur, detak jantung tidak normal, tekanan darah tinggi, sakit kepala, hingga tremor otot.

  • Cukup istirahat

Biasanya ketika perut kosong, kita sering merasa lemas. Apalagi bagi ibu menyusui yang harus tetap memberikan asupan bagi si kecil. Nah, bagi para busui, istirahat yang cukup bisa membantu untuk tetap fit.

Ketika kita kurang istirahat, akan membuat bad mood, dan itu tidak baik untuk produksi dan kualitas ASI. Istirahat yang cukup bukan berarti harus tidur terus loh. Cukup tidup 1-2 jam di siang hari, itu sudah sangat membuat badan kita kembali segar.


Intinya, berpuasa itu jangan dijadikan beban. Apalagi di bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaan ini, ada baiknya kita lebih banyak melakukan hal-hal yang positif. Niatkan ibadah dan juga sebagai sarana kita lebih dekat dengan Allah Swt.

Jangan lupa untuk tetap bahagia agar kita bisa membahagiakan orang-orang di sekitar kita. Ingat, kesehatan itu tidak hanya didapat dengan menjaga asupan gizi, tapi juga ada doa dari orang-orang yang kita bantu. Misalnya saja, kita belanja bahan-bahan pokok atau pakaian di Shopee lalu kita bagikan kepada saudara-saudara yang terkena dampak. Dengan berbelanja di Shopee, belanja nggak perlu keluar rumah, tapi kita bisa tetap dapat berkah.




Kita manfaatkan momen Ramadan di saat pandemic covid 19 ini untuk lebih meningkatkan kualitas keimanan kita. Di Ramadan kali ini, kita akan jauh lebih merasakan apa itu peduli dan menahan diri. Satu hal lagi, keep healthy agar puasa kita jauh lebih bermakna.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog #THRBigRamadhanSale202 bersama Shopee.


13 komentar:

  1. Saya nih busui meski anak udah 2 tahun lebih, masih galau buat disapih, tapi bulan puasa ini saya jarang nyusuin kalau siang sih, mao pengsan rasanya hihihi.

    Btw iya ya, saya sering minum kafein nih, makanyalemes :D

    BalasHapus
  2. Iya selain makan makanan yang bergizi juga harus tetap positif thinking. Itu ternyata ngaruh banget ya mba pada produksi/kualitas ASI-nya.

    BalasHapus
  3. Susah berpisah dengan gorengan, Ntaaaan... :D Untung aku bukan busui, ya :D

    BalasHapus
  4. waktu ak masih busui anakku rewel mbak.. mgkn krn asiku jadi encer, akhirnya ada yg saranin spy aku ga puasa dulu, krn moment menyusui cuma sbntr dan ga kembali lg, tp klo puasa bs diganti thn depannya

    salam,
    Lovelyristin

    BalasHapus
  5. Busui selama Ramdhan ini perjuangannya lebih pastinya. Biasanya setelah menyusui minum air putih atau jus, di bulan puasa harus nunggu buka dulu. Asupan makanan sehat dan istirahat cukup tentu sangat membantu. Untuk urusan bahan dapur baiknya memang pesan online ya. Shoopee mengerti banget apa yang dibutuhkan ya.

    BalasHapus
  6. Waaa...semoga tetap sehat yaaa walaupun menyusui tetap puasa juga. Semoga dilancarkan selama bulan Ramadan ini...

    BalasHapus
  7. Tipsnya oke ni..
    Bisa dicoba buat busui yg pengen tetap puasa

    BalasHapus
  8. Saya kurang bisa buat cukup istirahat, hehe sering kebangun tengah malam dan untunglah enggak konsumsi kopi jadi enggak terpapar kafein. Mindset yang utama kali, ya, sama penuhi asupan makanan sehat.

    BalasHapus
  9. Wah coffee nih yang harus saya coret, walau saya bukan busui tapi tingkat addict saya sudah dalam taraf mengkhawatirkan

    Sukses dengan blog contestnya ya

    BalasHapus
  10. Nah, ini kafein dan gorengan, saya suka banget. Jadinya meski busui ya lemes juga dan jadi cepat haus.

    Istirahat juga kurang, hihi... secara bulan ramadan ya lagi rame-ramenya jahitan. Benar, kalau niat benar-benar ya nggak kerasa tau-tau magrib aja. Waktu cepet banget berlalu, lupa saking banyaknya kerjaan.

    Tetap menyempatkan diri untuk istirahat sih. Sambil BW kek gini, misalnya. Atau utak atik hape, tau-tau datang kurir dari shopee. Wkwkwk...

    BalasHapus
  11. Waah, saya jg pengguna shopee nih mbak. Di saat spt sekarang ini shopee sangat membantu krn kita tetap bisa belanja meski di rumah aja dan tentunya dgn harga2 yg terbaik dan termurah.

    BalasHapus
  12. Kalau istirahat cukup maka pikiran pun lebih terarah nggak gampang stres juga ya, apalagi sambil lihat promo di shopee, seneng deh.

    BalasHapus
  13. Wah.. Sehat selalu ya busui dan dede bayi nya. Tetap positif thinking itu bener banget. Banyak istirahat juga ya mama.. btw, shopee juga sekarang jd aplikasi yg sering aku pakai sejak pandemi.

    BalasHapus