Dengan Yummy App, Memasak Jadi Lebih Gampang

 




 

“Neng pas hari raya bikin lontong ya,” ucap Pak Suami.

“Siap,” jawabku sambil mengangguk.

 

Mulut boleh saja mengiyakan, padahal otak berpikir keras gimana caranya agar aku bisa membuat lontong tanpa cela. Padahal seumur-umur hanya tahu resep masakan saja tanpa pernah mau mencoba. Bukan karena malas, tapi karena kondisi mengharuskanku seperti itu (baca: ngeles).

 

Tapi, jujur saja, sebelum menikah, jadwal mengajarku memang cukup padat. Bahkan tak jarang H-1 lebaran, masih harus membersamai orang-orang Belanda belajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda. Setelah menikah, setiap hari raya pasti mudik ke rumah mamah atau mertua. Dan, tahu sendiri kalau punya bayi, pastinya dapat privilege dong, disuruh fokus ke anak aja hehehe…

 

Nah, 2 tahun terakhir, karena pandemi, aku tidak bisa mudik, baik itu ke Bandung maupun ke Lumajang. Taraaa… Welcome to the jungle! Saatnya aku beraksi membuat hidangan khas lebaran permintaan suami dan anak-anak.

 

Akhirnya Aku Mengenal Yummy App

The power of kepepet. Yap, itulah kata yang tepat untuk mengekspresikan perjuangan seorang Intan Daswan hehehe… Saat itu yang ada di pikiranku bagaimana caranya agar aku bisa memenuhi permintaan orang-orang yang aku sayangi. Satu lagi, dalam kamus kehidupanku, tidak ada yang tidak bisa kalau kita mau mencoba, apapun itu (maklum motivator nggak jadi, gini nih hehehe…).

 

Tapi, aku yakin, hari gini mau apapun, tinggal gerakin jari aja, ada semua jawabannya. Setelah mencari di mbah google, ternyata banyak yang merujuk ke satu aplikasi tentang masak-memasak. Dan, aku pun langsung download aplikasi ini.

 

Eksperimen Pertamaku bersama Yummy App

Bersyukur banget nih nemu aplikasi Yummy App. Coba ketik nama makanan yang diinginkan, lalu muncullah sederet foto hasil kreasi. Aku mencari yang caranya lebih mudah untuk diaplikasikan, maklum masih newbie, jadi cari yang gampang aja.

 

Taraa… Setelah menemukan cara yang paling mudah menurutku, akhirnya mulailah aku ikuti langkah-langkahnya. Aku benar-benar membacanya dengan teliti. Jiwa perfeksionisku memang selalu meronta untuk diakui.

 

Aku mencoba mencari resep yang setidaknya aku pun pernah melihat dulu almarhumah mamah membuat masakan hari raya. Tapi, tentu saja modifikasi dengan menu hari raya khas Jawa Timur.

 

Aku mulai menyingsingkan lengan baju sejak sebelum dzuhur. Mulai dari merendam beras biasa, merendam beras ketan, mempersiapkan sayuran, merebus ayam kampung, membuat bumbu, dan menyiapkan bahan-bahan sambal petis.

 

Setelah sholat dzuhur, aku lanjut ke dapur. Aku memilih cara merebus lontong yang dibuat aron terlebih dahulu. Menurutku jauh lebih gampang dan nggak terlalu lama merebusnya.

 

Setengah jam sebelum adzan maghrib, semua hidangan lebaran sudah tersaji di atas meja makan. Saat itu suami dan kedua anakkua sudah tak sabar ingin mencicipi masakanku. Pengen tahu bagaimana perasaanku? Hmmm… rasanya seperti mau dikomentari Chef Juna pokoknya.



Taraaa… akhirnya tibalah waktunya berbuka. Setelah melaksanakan sholat maghrib, Paksu langsung mencoba lontong dan lauk hasil masakanku. Ada lontong, opor ayam, lodeh, sambal goreng kentang, petis, koya dan ulen. Masakan kolaborasi JaSun (Jawa Sunda) terhidang di atas meja.

 

“Wow! Ini lontongnya pas banget, masakan yang lain pun pas banget. Oya, kok Neng bisa masak petis padahal kan kalau hidangan lebaran di Bandung nggak ada petis?” puji suami sambil menyantap lahap masakanku.

 

Aku hanya tersenyum mendengar pujian tersebut. Ah, lega rasanya bisa mewujudkan keinginan suami dan anak-anak. Dan, FYI, lontong buatanku masih bagus tekstur dan rasanya sampai keesokan harinya. Meskipun, sebelum dzuhur, semua santapan hari raya itu sudah habis tak tersisa.

 

Terima Kasih Yummy App

Cerita keberhasilanku membuat hidangan lebaran ternyata membuat Paksu dan anak-anak jadi ketagihan ‘mengujiku’. Mulai dari minta dibikinkan kue donat, soto betawi, sate klopo, dan masih banyak yang lainnya. Tapi, saking senangnya, kadang kelupaan pengen foto yang aesthetic dan diposting. Pokoknya bisa disantap dengan lahap saja, sebuah kebahagiaan yang luar biasa.

 

Bagiku yang memang tidak memiliki hobi memasak sebelumnya, tentu saja ini sebuah pencapaian. Kalau dulu, aku merasa berhasil ketika anak didikku bisa paham apa yang aku ajarkan atau jumlah siswa di tempat les yang semakin bertambah.

 

Tapi, saat ini, bahagia itu sederhana, bisa menyajikan hidangan untuk keluarga tercinta dan mereka lahap menyantapnya. Ya, sesederhana itu bagi para emak berdaster seperti aku. Memasak makanan dengan penuh cinta, tentunya bersama aplikasi paling dicintai para istri, Yummy App. Terima kasih, Yummy App.

 

Yuk, Mengenal Yummy App!



Yummy merupakan multi-platform food focused media digital yang membahas mengenai resep, tutorial dan tips memasak yang berdiri pada tahun 2016. Paltform ini berada di bawah naungan IDN media. Tema yang diangkat ialah #MemasakItuGampang, dengan selalu menghadirkan format konten resep masakan mudah hanya 5 langkah.


Tahun 2019 lahirlah Yummy App sebagai cara agar lebih dekat dan membantu audience. Setelah sebelumnya sukses dengan konten di sosial media pada facebook “Yummy Indonesia” dan instagram @yummy.idn.

 

Fitur Yummy App

Ketika kita membuka Aplikasi Yummy App, maka kita akan masuk pada tampilan Home. Di sini kita bisa melihat beberapa Item, diantantaranya:





Trending

Kita bisa melihat resep apa saja yang paling sering dicari. Ada 10 resep yang tampak di layar. Kalau kita penasaran juga ingin mencoba resepnya, tinggal klik saja dan ikuti langkah-langkah membuatnya.

 

Event & Promosi

Ada banyak event yang bisa kita ikuti, baik itu diadakan maupun didukung oleh Yummy App. Selain itu ada banyak promosi, misalkan saya Misi #EkstraPoin17an, #YummyMerdekaChallenge, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Akun Official

Nah, di sini kita bisa mempelajari resep dari banyak chef terkenal maupun brand terkena seperti Masako dan Walls. Pastinya penasaran dong, karena banyak resep yang unik dan menantang untuk dicoba di dapur kita.

 

Jelajah Kuliner Nusantara

Bagi pecinta kuliner nusantara, ini dia bagian yang paling dicari. Kita bisa mendapatkan banyak resep dari Sabang sampai Merauke. Semuanya bisa kita recook dengan mudah, kok

 

Kreasi Makanan Ala Korea

Emak-emak pecinta drakor pastinya pernah melihat dong kuliner khas Korea. Kalau pengen coba masak, kita bisa ngintip di sini resepnya. Kan asyik tuh kalau nonton drakor sambil menyantap masakan korea hasil tangan sendiri. Nanti makannya ditemani suami saja ya, jangan halu pengen ditemani aktor korea yang ganteng. Disyukuri saja yang ada di samping kita hehehe…

 

Resep Ide Jualan, Dijamin Laku

Masa pandemi gini, kalau nggak kreatif pasti bingung nih buat asap dapur tetap ngebul. Nah, kalau kita punya kemauan, tinggal cari ide jualan yang ada di Yummy App saja. Terus, langsung dipraktekin, jadi ide tambahan pemasukan.

 

Rekomendasi

Sering bingung mau masak apa? Pastinya semua ibu-ibu pernah merasakan ini. Tapi, sekarang nggak usah bingung. Ada banyak rekomendasi masakan yang bisa kita coba di rumah. Dijamin suami dan anak-anak nggak bakalan bosa dengan menu yang itu-itu saja.

 

Tulis Resep

Bagi teman-teman yang memang memiliki hobi memasak, ini dia saatnya berbagi inspirasi resep kepada orang lain. Tinggal tulis saja di fitur ini, upload deh. Jangan lupa juga sertakan foto yang terlihat jelas dan memiliki ukuran sesuai dengan yang telah ditentukan.

 

Masak

Fitur ini keren banget loh. Ini benar-benar solusi ketika kita bingung mau masak apa hanya dengan bahan masakan yang ada di rumah. Kita tinggak pilih minimal 2 bahan untuk mendapatkan rekomendari resep yang lebih bervariasi. Keren kan?

 

Notifikasi

Sesuai dengan namanya, kita akan mendapatkan notifikasi dari Yummy App. Misalkan saja kita diberi tahu ada resep pilihan editor. Atau juga, kita mendapat pemberitahuan telah menyelesaikan misi yang diadakan oleh Yummy App.

 

Akun

Di fitur ini berisi data pribadi dan aktivitas yang selama ini kita lakukan di Yummy App. Kita bisa tahu resep yang sudah disetujui, resep yang masih ditinjau atau resep yang harus direvisi.


Selain fitur-fitur tersebut, ada 1 fitur yang membuat Yummy App berbeda dari aplikasi memasak lainnya, yaitu fitur FILTER. Kita bisa menentukan resep sesuai dengan budget yang kita punya.






Gimana? Lengkap banget, kan? Yummy App benar-benar menjadikan #MemasakItuGampang. Dengan Yummy App, kita bisa masak apa saja dengan mudah. Yummy App, bukan sekadar aplikasi resep masakan biasa.



Referensi dan Sumber Foto :

Pengalaman dan Dokumentadi Pribadi

https://www.yummy.co.id/

Yummy App



Posting Komentar

33 Komentar

  1. belum pernah bikin lontong, karena gak bisa hehe... tapi nanti mau nyoba deh, mumpung saya juga punya aplikasinya :)

    BalasHapus
  2. beruntung sekarang ada Yummy App ya?

    dulu bingung banget kalo harus masak untuk lebaran dan arisan

    ujung-ujungnya kepaksa pesan catering yang pastinya mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang tinggal ada kemauan aja ya, apapun bisa dipelajari dengan mudah.

      Hapus
  3. Keren banget bisa bikin sajian ribet khas hari raya. Yummy app memang membantu banget, sih

    BalasHapus
  4. Era modern saat ini orang mau bikin resep masakan udah gak susah-susah lagi buka buku resep. Sekarang semua resep masakan tersedia di aplikasi online seperti yummy app ini. Praktis bisa dipakai hanya pakai gawai smartphone, resep ribuan sudah tersedia dan tinggal praktek di dapur. Di Yummy app yang paling saya sukai karena ada video memasak, serta step by stepnya yang ciamik dan mudah dipraktekan. Keren pokoknya...

    BalasHapus
  5. Semenjak pakai Yummy App solusi saat galau mau masak apa akhirnya terbantu dengan Yummy App apalagi klu mau bikin MPasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Mbak. Jadi nggak bingung-bingung lagi ya...

      Hapus
  6. Belum pernah cobain aplikasi ini, wah asik yah beneran masak pun jadi lebih mudah. Download ah.

    BalasHapus
  7. Ada resep buat banci dapur seperti saya gak Mbak? Yang keahliannya masih setahap ceplok telor hahahaha. Nanti tak coba intip-intip ah. Semoga ada resep yang bisa saya ikuti

    BalasHapus
  8. Bungahdong mbak, berhasil eksekusi resepnya. Uhuy, sangat membantu app yummy ini.... Sering ada event pula

    BalasHapus
  9. Asik, asiikk suer hepii ya kalo ada Yummy App ini

    Ga perlu mati gaya dan anti bingung tiap masuk dapur yhaaa

    BalasHapus
  10. Mencari inspirasi memasak itu gampang-gampang susah, akhirnya sering lama browsing untuk cari inspirasi. Tetapi pakai aplikasi Yummy praktis yaa sepertinya!

    BalasHapus
  11. Belum pernah buka-buka resep di aplikasi ini, tapi tertarik pengen coba soalnya pengen masak buat suami dan anak tapi bingung mau masak apa

    BalasHapus
  12. Aplikasi memberikan implikasi luas di sisi peningkatan ketrampilan memasak

    BalasHapus
  13. kalo lagi keabisan ide mau masak apa, sekarang sih mudah tinggal buka aja deh aplikasi Yummy, terus ikutin step by stepnya

    BalasHapus
  14. Seriiinggg banget aku mati gaya "Mau masak apa hari ini?"
    Nah, pertanyaan ini terpecahkan dgn ceki-ceki YUMMY app yak.
    Makasii mba

    BalasHapus
  15. Yummy App ini cocok utk saya yg sering mati gaya mikir mau masak apa hari ini.

    BalasHapus
  16. Newbi apaan mbak. Lawong udah bisa bikin menu hari raya. Itu mah chef wanne be 🤔

    Tapi asyik loh pake yummy apps. Referensinya banyak. Jadi bisa coba lagi kalau gagal pake satu resep hehe

    BalasHapus
  17. solutif ya Yummy app

    sebelumnya kan suka bingung mau masak apa

    sekarang cukup buka aplikasi, langsung dapat ide deh

    BalasHapus
  18. Aplikasi ini lengkap juga ya. Aku tertarik pas baca ada masakan korea segala. Bisa buat eksperimen nih kapan-kapan...

    BalasHapus
  19. Okelah ini bisa dicoba. Secara ya kita sama dalam level kurang jago eksekusi makanan. Maunya simpel tapi lezatnya gak ketulungan. Makasih sudah berbagi rahasia kakak

    BalasHapus
  20. Ini nih racun juga. Gara-gara temen-temen pada nulis ini, aku jadi banyak kepoin resep di aplikasi ini. Walopun belom sempet praktekin, tapi udah banyak yang aku bookmark. Banyak yang simple-simple ya. Mayan nih nanti kalo buntu ide masak, bisa nyoba.

    BalasHapus
  21. bisa utk pemula gak? soale aku keok banget urusan masak memasak, huhu. faktor kebanyakan kakak. dulu enak, pas gede merana

    BalasHapus
  22. Patut dicoba nih aplikasinya, tentunya makin semangat ya kalau dengan Aplikasi Yummy ini, jadi happy kan masaknya

    BalasHapus
  23. Wah.. akhirnya Nemu aplikasi yang bisa buat saya ganti menu masak setiap hari. Makasih loh kk atas info dan sharingnya

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah..
    Aku seneng banget baca ceritanya kak Intan. Meski sibuk, tapi masih sempat menghadirkan menu istimewa untuk keluarga.
    Ini resepnya bisa dengan mudah diakses di Yummy apps.

    BalasHapus
  25. Aku kalau mau masak yang agak kompleks kudu cek internet dulu karena cari-cari resepnya. KArena aku sebenarnya nggak terlalu pandai masak. Nah, kalau ada Yummy App berarti memudahkan banget ya untuk bikin masakan dan lainnya.

    BalasHapus
  26. Seneng banget emang punya aplikasi Yummy App ini di gawai kita yaa... masak apa aja jadi lebih mudah, saya sendiri suka eksekusi resep camilan di akhir depan

    BalasHapus
  27. aku juga suka liat resep di app Yummy, super lengkap :D

    BalasHapus