5 Tips Tetap Sehat Saat Pandemi

 



 

Katanya jadi emak-emak tuh nggak boleh sakit. Kalau kita sakit, apa kabar suami, anak-anak dan pekerjaan rumah? Apa kita tega menelantarkan mereka?

 

Terus, apa kita harus jadi wonderwoman? Kita juga kan manusia? Wajarlah kalau kita juga sakit, kelelahan atau turunnya ketahanan tubuh. Kita bukan manusia super yang tahan banting.

 

Lelah atau bahkan sakit itu wajar. Tapi, setidaknya kita ikhtiar untuk tetap sehat dan bahagia. Ingat, kita punya amanah yang luar biasa, malaikat kecil yang selalu menanti kehadiran kita 24 jam. Itulah yang sering saya tanamkan dalam pikiran. Selain itu, saya juga berpikir, kalau tubuh ini sendiri juga amanah. Menjaga tubuh untuk tetap fit, tentu saja bagian dari ibadah dan tanda syukur kita kepada yang Maha Menciptakan.

 

Saya akui, sebagai seorang ibu, rasa lelah terkadang menyapa. Tidak hanya itu, kondisi tubuh kita tak jarang tidak bersahabat dan mengharuskan kita untuk bersilaturahim ke dokter. Namun, saya belajar dari pengalaman hidup saya sendiri.

 

Saya yang sejak kecil sering sakit-sakitan, tapi ketika dewasa saya merasa fisik saya bisa sama dengan kebanyakan orang. Aktivitas yang padat tidak membuat tubuh saya ngedrop.

 

Bahkan sejak kuliah hingga beberapa hari sebelum menikah, saya dikenal sangat workaholic. Percaya nggak, kalau jadwal ngajar saya dari mulai pukul 5 shubuh sampai 9 malam, dari hari Senin sampai Minggu. Kalau ada jam kosong, biasanya saya isi dengan kegiatan sosial atau berbagi motivasi bersama dengan komunitas yang saya ikuti. Terkadang orang-orang yang mengenal saya, geleng kepala melihat aktivitas saya yang seabreg. Mulai dari ngajar di SMA, buka les Bahasa Inggris, mengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), menjadi kepala TPA, mendampingi anak-anak jalanan dan desa binaan serta berbagi motivasi kepada siswa dan juga guru. Tapi, karena udah passion, saya happy aja menjalani itu semua.

 

Nah, setelah menikah, sempat kaget juga karena saya berhenti total dari semua aktivitas itu. Karena memang sudah komitmen dari awal dengan pasangan. Saya hanya mengisi kesibukan dengan menulis di kala rehat membersamai suami dan anak.

 

Ternyata nggak mudah loh, berubah 180 derajat. Biasanya saya seperti bola bekel, eh setelah menikah hanya berdiam diri di rumah dan di tanah rantau pula, jauh dari orang tua, keluarga besar dan teman-teman dekat. Ah, rasanya harus belajar berdamai dengan diri sendiri setiap hari.

 

Tapi, ternyata dua tahun terakhir, di saat pandemi menyapa, habit #DiRumahAja menjadi sebah keharusan juga untuk semua orang. Ah, kalau saya sih sudah merasakan itu sejak awal menikah hehehe…

 

Jujur ya, nggak mudah loh untuk menerima kondisi yang baru. Meksipun saat ini beberapa daerah sudah mulai bisa menghela napas lega, karena sudah masuk PPKM Level 1 atau 2. Tapi, tetap saja kita masih harus tetap hati-hati dan menjalani banyak kebiasaan baru.

 

Oke, kali ini saya ingin berbagi tips agar kita bisa tetap sehat dan bahagia di masa pandemi. Saya sudah lakukan semuanya ya. Trust me, it works! J

Ini dia 5 tips tetap sehat di masa pandemi:

1. Bangun Pagi

Awalnya dulu saya dibiasakan oleh orang tua, dan akhirnya menjadi kebiasaan sampai sekarang. Ya, sejak kecil saya memang dibiasakan untuk bangun pagi-pagi. Setelah dewasa, ternyata saya merasakan efek yang luar biasa. Tubuh menjadi lebih segar dan sehat.


2. Membiasakan mandi pagi

Dingin? Pasti. Tapi, efek positif yang saya rasakan bisa mengalahkan rasa dingin tersebut. Badan terasa lebih fit. Bahkan kebiasaan bersin-bersin saya pun bisa hilang setelah membiasakan mandi pagi.


3. Minum air perasan lemon dicampur air hangat

Kebiasaan ini mulai saya lakukan sejak sebelum menikah. Setiap pagi, ketika kondisi perut masih kosong, saya selalu membisakan minum air perasaan jeruk lemon dicampur dengan air hangat. Kalau misalkan lagi kepengen dicampur madu, ya saya campur madu, biar rasanya nggak terlalu asam.


Dan ternyata, saya baru tahu ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan mengkonsumsi air perasan jeruk lemon setiap pagi. Ada banyak penelitian yang menjelaskan manfaat mengkonsumsi air lemon setiap hari.


4. Nggak boleh mager (malas gerak)

Wah, ini sih penting banget. Coba deh dipikir sendiri, bagaimana bisa sehat kalau kerjaannya hanya tidur, duduk, nonton, makan? Yang pastinya tubuh bakalan memberontak dengan kebiasaan tersebut.


Kalau saya pribadi sih, kalaupun tidak ada waktu untuk berolahraga karena kesibukan mengurus 2 anak hebat, yang penting saya harus mengerjakan pekerjaan rumah. Dan, kalau diperhatikan semakain banyak bergerak seseorang itu, maka ia akan semakin jauh lebih sehat.


Di masa pandemi ini, kita masih bisa kok tetap bergerak. Kita bisa berolahraga di rumah, misalnya senam aerobik, yoga atau jalan di treadmill. Nggak ada alasan untuk tidak menggerakkan tubuh. Percaya deh, selain sehat, kita pun akan jauh lebih fresh dan mood akan semakin bahagia setelah berolaraga.


5. Berpikir positif

“You are what you think.”

Sebenarnya kuncinya ada di sini. Pikiran merupakan pusat dari apa yang ada tubuh kita. Ketika kita bisa mengatur pikiran dengan baik, maka kondisi apapun akan menjadi positf. Sebaliknya, ketika dalam pikiran kita isinya hal negative, maka akan ada efek negative juga yang tersalurkan dalam tubuh kita.


Saya tidak sedang membicarakan orang lain. Tapi, pengalaman diri sendiri lho. Ketika saya sedang dalam keadaan stress, pasti akan ada saja yang terasa nggak enak di tubuh ini. Awalnya mungkin terasa bad mood, lalu bisa menjalar ke fisik juga. Terkadang masalah pencernaan terganggu, kepala pusing, atau gangguan ternggorokan.


Tapi dari situ saya belajar dan sering diingatkan juga oleh suami untuk senantiasa menjaga pikiran. Kalau sudah terlihat penat, biasanya saya paham apa yang salah dan seharusnya diperbaiki. Ya, kuncinya pikiran saya yang mungkin butuh di-refresh agar bisa segar kembali.

 

Ngomong-ngomong tentang berpikir positive, hari gini nggak usah semuanya dijadikan beban pikiran. Kita harus bisa memilih dan memilah mana yang memang benar-benar butuh untuk dipikirkan. Untuk urusan belanja kebutuhan pokok misalkan, nggak usah mikir sampai jadi penyakit nantinya.

 

Kalau saat ini, kita masih mikir gimana caranya belanja kebutuhan sehari-hari yang aman tapi harganya tetap bersahabat, berarti belum mengenal APLIKASI SUPER.

 

APLIKASI SUPER

Aplikasi Super ialah aplikasi untuk kulakan barang kebutuhan pokok lebih mudah dan murah.

 

Aplikasi Super menawarkan kenyamanan kulakan berbagai macam barang kebutuhan pokok dan barang digital dalam 1 aplikasi dengan harga yang murah dan gratis pengiriman.

 

Aplikasi Super telah terdaftar di Menkominfo. Aplikasi Super memiliki misi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, baik kepada agen dan toko kelontong sebagai pelanggan, serta kepada masyarakat melalui distribusi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

 

Keuntungan Aplikasi Super




 

3 Langkah Mudah Menjadi #SedulurSuper

1. Install Aplikasi Super di Playstore



2. Isi Data Diri



3. Masukkan Kode OTP


 

Gimana, mudah banget, kan? Aplikasi Super tidak hanya solusi untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan mudah dan murah. Tapi, bisa juga jadi jalan buat kita yang ingin membuka toko tapi dengan harga bersaing. Ini sih, bisa jadi lahan pemasukan baru di masa pandemi ini.

 

Sssttt… Sekarang Aplikasi Super juga sudah bisa dinikmati oleh warga Makassar loh. Jadi nggak terbatas warga Jawa Timur saja ya. Semakin banyak yang merasakan manfaat dari Aplikasi Super ini.

 

Saat ini, nggak usah repot, bingung apalagi stress untuk kulakan, bisa bikin imun turun, loh. Karena sekarang sudah ada solusi cerdas. Cukup dengan Aplikasi Super semua jadi lebih mudah, murah dan aman.


Posting Komentar

12 Komentar

  1. Baca soal lemon, jadi ingat stock lemon di kulkas sudah habis dibikin infus water.

    BalasHapus
  2. Wah sudah ada aplikasi super. Jadi gampang y mau belanja sembako untuk kebutuhan sehari2. makasih juga kak 5 tips sehatnya.

    BalasHapus
  3. Saya kalau udah telanjur bangun kesiangan badan malah ga nyaman mba. Akhirnya skrng begitu bangun subuh langsung beraktivitas deh

    BalasHapus
  4. Aplikasi super ini baru saya tahu lho. Ternyata bisa membantu banyak untuk kita yang di rumah saja ya. Saya juga belum menginstalnya sih, makanya jadi penasynih sama aplikasinya

    BalasHapus
  5. Produktif sekali ya mbak, masa sebelum menikahnya. Dan bukan hal yg mudah memang ketika harus berhenti semua aktivitas saat menikah. Luarbiasa perjuangan utk adaptasinya. Barakallah

    BalasHapus
  6. Setuju banget , Jangan mager selama pandemi, karena kuman Penyakit bakal kesenengan

    Aplikasi Super nya ternyata masih terbatas ya?
    Belum menjangkau kota Bandung

    BalasHapus
  7. Setuju banget dengan tips-tips nya Mba... Saya juga terbiasa dengan minum air lemon selalu campur madu karena ga kuat asem sayatuh hehe....

    BalasHapus
  8. Era digital gini bisa semakin mudah sih melakukan beragam kegiatan meskipun di rumah aja ya. Perangkat elektronik dengan beragam apps sudah sangat mendukung. Selama pandemi kebanyakan di rumah bukan berarti menjadi bermalas-malasan donk,tips sehat ini memang sudah paling oke deh.

    BalasHapus
  9. Menyenangkan diri sendiri dengan aktifitas terjadwal akan mengurai kejenuhan, aplikasi super bermanfaat

    BalasHapus
  10. Yang nomor 2 daku menerapkannya kadang² sih, apalagi kalau pas hujan pagi. Jadilah mandi paginya mundur jamnya haha. Padahal memang bikin seger dan bebas pilek

    BalasHapus
  11. Wow, ada aplikasi super nih bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari2. Iya ya, kita harus ikhtiar menjaga kesehatan terutama selama pandemi. Kalau aku jalan pagi bareng suami, tetap menjaga prokes 5M.

    BalasHapus
  12. Hahahahaha.... Setuju. Gak boleh mager, harus rajin mandi pagi. Dan yang terpenting, kudu positive thinking biar tetep waras selama stay at home 😊

    BalasHapus