Sabtu, 30 Januari 2016

A Good Book Is A Good Friend


Membaca? Sebuah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari diriku. Bahkan sebelum aku menikah, aku punya kebiasaan yang menurut orang lain aneh. Ya, kata orang-orang di sekitarku, aku ini aneh katanya. Coba bayangkan, biasanya kalau orang lapar tuh, dia akan pergi kemana? Restoran, rumah makan, atau mungkin mini market untuk sekedar beli cemilan. Tapi, berbeda denganku.
Aktivitasku sebagai guru private dari satu tempat ke tempat lain, menjadikanku tidak ada di rumah setiap saat. Bahkan ketika waktu makan, aku masih harus mengajar. Aku kadang melupakan waktu makan. Tapi, meskipun ada waktu untuk makan siang, aku akan lebih memilih untuk pergi ke toko buku dan menghabiskan waktu kosong dengan membaca dan mencari buku terbaru di toko buku.
Aku merasa aktivitas yang padat membuatku harus pintar-pintar untuk mencari waktu melakukan hobiku. Seringkali saking asyiknya membaca, aku sampai lupa kalau aku belum makan siang. Sejak kecil aku memang sangat addict dengan buku. Kalau sedang asyik dengan satu buku, aku akan baca sambil makan, tidur, atau bahkan berlibur. Kebiasaan itu sudah aku lakukan sejak masih berumur 4 tahun. 

Aku bersyukur hobiku ini tidak terhenti meski aku sudah menikah. Memiliki pasangan yang sama-sama ‘gila’ buku membuat kami sering menikmati waktu bersama di toko buku. Kami berdua selalu menyisihkan budget untuk membeli minimalnya satu buku setiap bulannya. Tempat nongkrong yang paling sering kami kunjungi ialah toko buku dan pameran buku. Satu hal lagi, suamiku selalu memberikan kejutan hadiah buku di momen-momen istimewa kami.

Oya, mungkin karena aku sangat addict membaca, sampai-sampai aku bertemu jodoh lewat buku. Nggak percaya? Hmm... Suamiku mengenal diriku dari buku yang aku tulis. Kami berdua sama sekali tidak mengenal satu sama lain sebelumnya. Namun takdir Tuhan mempertemukan kami melalui buku solo pertamaku.

So, buat teman-teman semua, book addict is the new sexy. Akan ada sesuatu yang kita dapatkan ketika kita mencintai buku. Jangan pernah katakan kalau membaca itu bikin ngantuk, lelah, bosan. Membaca itu menyenangkan. Tidak ada ceritanya orang membaca menjadi malas atau tidak berkembang. Tapi, malah sebaliknya. Kita bisa melihat kecerdasan seseorang itu dari rajin tidaknya ia membaca buku. Buku itu tidak ada expired date-nya lho, jadi kapanpun dan dimanapun pasti akan bisa dinikmati.
Kita juga harus bersyukur karena sekarang banyak sekali penerbit yang menerbitkan buku-buku berkualitas. Bahkan sebagai kaum perempuan, kita harus double syukurnya, karena ada penerbit buku perempuan. Stiletto Book memang concern terhadap dunia perempuan. Dengan hadirnya Stiletto Book, para perempuan diberikan kemudahan untuk mengembangkan diri.


So, there’s no excuse to love book. A good book is a good friend. Jadilah wanita cerdas dengan terus membaca buku. Dengan buku, kita akan selangkah lebih maju dari wanita lain. Dan, bagiku, buku tidak hanya rangkaian kata, tapi ada pesan cinta yang terasa. 

Nama Lengkap : Intan Siti Noer Rita Daswan
Twitter : @Intandaswan
FB: Intan Daswan
Email : ruangmaknaqu@gmail.com

2 komentar:

  1. Hello salam kenal. Meninggalkan jejak kata telah bertandang disini. Rumah kata yg menyenangkan. Selamat berkata2 slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal kembali. Terima kasih sdh berkenan mampir dan meninggalkan jejak di rumah mayaku :).

      Hapus