Senin, 04 September 2017

Coworking Space, Lebih Dari Sekadar Tempat Kongkow

Sumber: http://evhive.co

Coworking space. Jujur saja pertama mendengar kata itu, langsung mengernyitkan dahi. Apaan sih coworking space? Mencoba browsing sana sini tentang istilah tersebut.
Ok, saya cerita sedikit nih tentang sejarah coworking space. Coworking space itu sebuah tempat dimana orang-orang yang mempunyai latar belakang pekerjaan ataupun bisinis yang sama bekerja dalam sebuah tempat. Mereka tidak berasal dari perusahaan yang sama, malah berbeda-beda dan biasanya mereka itu para pemiliki startup. Sebenarnya arti coworking itu sendiri kan bekerjasama atau kolaborasi. Nah, memang dengan adanya coworking space itu, kita bisa saling tukar informasi dari bisnis atau pekrjaan dari orang lain.
Coworking ini bukan seperti cafe atau tempat nongkrong. Karena value dari coworking space ini lebih daripada tempat kongkow biasa. Kita tidak hanya memindahkan tempat bekerja, tapi juga mencari inspirasi dan chance lain untuk mengembangkan usaha kita. Coworking space memfasilitasi para pengusaha untuk saling berkolaborasi.
Sebenarnya coworking space itu pertama kali ada di dunai pada tahun 2002 di Wina, Austria. Di Indonesia sendiri, coworking space pertama kali diperkenalkan oleh Yohan Totting yang membuka Hackerspace di Bandung pada 2010. Ia terinspirasi oleh Hackerspace di Singapura. Sedangkan dalam perkembangannya di Indonesia tidak secepat di negara maju lainnya. Pada tahun 2015, coworking space di Indonesia baru ada sekitar 34 buah.
Perkembangan coworking space di Indonesia memang belum sebegitu marak. Jumlahnya pun masih bisa dihitung dengan jari. Selain karena belum banyak orang yang familiar dengan tempat ini, kita juga hanya bisa menjumpai coworking space ini di kota-kota besar.
Dari awal berdiri, coworking space masih timbul tenggelam. Tidak sedikit yang akhirnya harus gulung tikar karena sepi pengunjung. Meskipun berbagai penawaran dan juga fasilitas diberikan, tapi tetap saja tidak mudah untuk mempertahankan sekaligus mengembangkan sebuah coworking space.
Diantara coworking space yang masih tetap bertahan adalah EV Hive. Coworking space yang sudah memiliki beberapa cabang ini memang bisa menjadi rekomendasi bagi para entrepreneur untuk ugrade diri bareng teman-teman satu jalur. EV Hive berada di The Maja (Kebayoran Baru, Jakarta Selatan), D. Lab (Menteng, Gondangdia, Jakarta Pusat), Jakarta Smart City (Karet Kuningan, Jakarta Selatan), dan The Breeze (BSD City, Tangerang).
Sumber: http://evhive.co

Tempatnya yang cozy dan juga berada di kawasan yang mudah dijangkau, menjadikan EV Hive pilihan tepat untuk berkumpul sekaligus brainstorming ide-ide segar para entrepreuner. Kita bisa menjalin networking di tempat ini dengan sesama entrepreneur agar usaha yang sedang dijalankan semakin berkembang. Selain itu di tempat ini juga kita bisa berbagi inspirasi kepada para start-up founder sekaligus mendapatkan inspirasi juga dari mereka.
EV Hive juga menyajikan berbagai macam suasana tempat agar kita bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan mood kita. Desain ruangan yang tidak membosankan serta memberikan efek nyaman seperti halnya kita sedang berada di rumah sendiri atau cafe favorit kita. EV Hive juga tidak hanya menjual tempat yang nyaman, namun juga memiliki program yang keren. Ada program student ambasador dan juga EV Hive Classes.
Program Student Ambasador diadakan untuk melibatkan langsung para mahasiswa dalam bisnis EV Hive. Mereka akan diperkenalkan dengan lingkungan kerja yang sebenarnya. Mereka juga akan mendapatkan pelatihan khusus dari tim EV Hive. Mereka dididik dan juga dilatih untuk mengembangkan kemampuannya, baik itu dalam hal kepemimpinan maupun keahlian teknis yang telah dipelajari di kampus.

Sedangkan program EV Hive Classes ialah sebuah fasilitas yang diberikan EV Hive kepada para pelanggan untuk mengadakan kelas atau forum diskusi di EV Hive. Tidak ada larangan untuk membuat sebuah acara upgrading antar startup founder. Pokoknya EV Hive memfasilitasi para entrepreneur yang melek teknologi- untuk mengembangkan usaha mereka. 

2 komentar:

  1. ini nih baru coworking space, gak hanya jadi tempat kerja aja tapi juga mengumpulkan semua para pegiat startup untuk mengembangkan bisnisnya. Kalau semua dididik gini, saya yakin kedepannya startup di Indonesia bisa semakin jaya karena punya manajemen yang jelas dalam kegiatannya.

    BalasHapus
  2. Setuju...Tapi sayang coworking space masih belum nyebar di seluruh Indonesia ya...

    BalasHapus