Kamis, 31 Oktober 2019

Astra Financial Service, Menjawab Tantangan Terbesar Penyedia Jasa Keuangan di Indonesia




Apa sih Penyedia Jasa Keuangan itu?
Boleh jujur nggak? Hmmm… Awalnya saya juga belum sebegitu mengenal banget mengenai Penyedia Jasa Keuangan itu. Pernah mendengar tapi belum sebegitu tahu secara detail. Akhirnya mulai deh searching sana-sini. Ya, biarpun aktivitas sehari-hari jadi emak-emak berdaster, tapi otak mah harus terus di starter biar tambah pinter.

Ok, jadi Penyedia Jasa Keuangan (PJK) itu penyedia jasa di bidang keuangan. Hayoo, ada yang masih bingung? Tenang… tenang… Sebenarnya kita tuh sangat familiar dan pastinya sering berhubungan dengan yang namanya Penyedia Jasa Keuangan. Nggak percaya? Nih saya kasih siapa saja yang termasuk ke dalam penyedia jasa keuangan.



Nah, itu dia beberapa penyedia jasa keuangan di Indonesia. Tentu saja kita sudah familiar, ya kan? Setiap hari kita sering berhubungan dengan penyedia jasa keuangan.

Di era revolusi 4.0 sekarang ini tentu saja para penyedia jasa keuangan pun memiliki tantangannya sendiri. Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi menjadikan para penyedia jasa keuangan pun harus bisa menjawab tantangan tersebut.


Tantangan Penyedia Jasa Keuangan

OJK sebagai lembaga pengawas industri jasa keungan terpercaya tentunya memiliki peran penting dalam hal ini. Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, ada 6 tantangan di sektor Penyedia Jasa Keuangan, diantaranya:




Keenam tantangan tersebut tentu saja harus dicarikan solusi agar para penyedia jasa keuangan bisa tetap bertahan. Untuk menjawab tantangan tersebut, OJK menetapkan 10 arah kebijakan, diantaranya:
  1. Mengembangkan dan melaksanakan pengawasan Sektor Jasa Keuangan (SJK) berbasis Teknologi Informasi – IT Based Supervision.
  2. Penguatan pengaturan, perizinan dan pengawasan terintegrasi bagi konglomerasi keuangan.
  3. Mengimplementasikan Standar Internasional Pridensial yang Best Fit dengan kepentingan nasional.
  4. Reformasi Industri Keuangan Non Bank (IKNB) untuk mewujudkan IKNB yang kuat dan berdaya saing.
  5. Efisiensi di Industri Jasa Keuangan untuk mewujudkan IJK yang berdaya saing.
  6. Revitalisasi pasar modal dalam mendukung pembiayaan pembangunan jangka panjang.
  7. Mengoptimalkan peran Financial Technology melalui pengaturan, perizinan dan pengawasannya yang memadai.
  8. Mengurangi tingkat ketimpangan melalui penyedia akses keuangan.
  9. Meningkatkan efektifitas kegiatan edukasi dan perlindungan konsumen.
  10. Mendorong peningkatan peran serta keuangan syariah dalam mendukung penyediaan sumber dana pembangunan.


Sepuluh kebijakan tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh OJK agar Penyedia Jasa Keuangan bisa tetap survive. Tentu saja efeknya bisa terasa sampai kepada masyarakat luas. Memang intinya, masyarakat sebagai konsumen haruslah menjadi fokus akhir dari keberadaan penyedia jasa keuangan. Selain memang akan ada efek pada pertumbuhan ekonomi negara Indonesia.

Keberadaan Penyedia Jasa Keuangan memang harus lebih cerdas dalam meningkatkan daya saing. Meskipun belum banyak yang melek literasi keuangan, tapi setidaknya kita telah melangkah ke arah itu. Oleh karena itu, konsumen pun akan memilih peyedia jasa keuangan yang lebih amanah dan terpercaya.


Astra Financial Service
Astra Financial bermula ketika tahun 1981 PT Astra International Tbk membeli saham mayoritas PT Maskapai Asuransi Buana atau Asuransi Astra yang didirikan pada 1956.

Visi Astra Financial:
Mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia.

Misi Astra Financial:
Menjadi rekan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi sejahtera.

Astra Financial adalah divisi layanan keuangan PT. Astra International Tbk yang memiliki tujuh lini bisnis, diantaranya:
  • Otomotif
  • Jasa Keuangan (Astra Financial)
  • Alat berat
  • Pertambangan
  • Konstruksi dan Energi
  • Agribisnis
  • Infrastruktur dan Logistik
  • Teknologi Informasi
  • Properti


Astra Internasional mendirikan PT. Raharja Sedaya, langkah pertamanya dalam bisnis Jasa Keuangan pada tahun 1982 dan pembelian saham mayoritas PT. Astra Buana yang didirikan pada tahun 1956.

Astra Financial Service adalah kompilasi dari 11 entitas, diantaranya:
  • Perbankan è

PermataBank




PermataBank adalah perusahaan terbuka, dimana Astra International dan Standard Chartered Bank sebagai pemegang saham utama. PermataBank melayani lebih dari dua juta nasabah.

  • Pembiayaan è

Astra Credit Companies



Group ACC merupakan gabungan dari empat perusahaan pembiayaan yaitu PT Astra Sedaya Finance, PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance, PT Setako Estika Sedaya Finance serta satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penagihan, yaitu PT Pratama Sadya Sadhana. Pembiayaan yang diberikan oleh ACC adalah pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah.

ACC melayani pembiayaan mobil baru, mobil bekas, alat berat, pembiayaan multi guna, pembiayaan perumahaan serta pembiayaan modal kerja. ACC juga meluncurkan aplikasi ACC Yes! Your Easy Solution untuk memberikan akses tanpa batas bagi pelanggan dalam melakukan transaksi pembiayaan dan pembayaran secara online.


Federal International Finance




FIF Group adalah perusahaan pembiayaan yang didirikan pada tahun 1989 oleh Astra yang menyediakan fasilitas pembiayaan konvensional dan syariah bagi konsumen yang ingin membeli sepeda motor Honda. FIF Group terus berkembang dengan menambahkan rangkaian produk pembiayaan yang luas untuk memenuhi berbagai keperluan pelanggan, yang dilakukan dengan menerapkan manajemen risiko yang terintegrasi.


Toyota Astra Finance



TAF menawarkan berbagai fasilitas pembiayaan multiguna untuk kepemilikan mobil Toyota, Daihatsu dan/atau merek lainnya yang berkaitan dengan Toyota, fasilitas pembiayan investasi dan fasilitas pembiayaan modal kerja. Seluruh fasilitas pembiayaan atas kepemilikan kendaraan ditawarkan dengan kemudahan melalui skema pembiayaan berdasarkan prinsip syariah dan konvensional sesuai kebutuhan pelanggan. Selain menambahkan kantor cabang, TAF juga meluncurkan aplikasi “TOYOTA Flex” dan “DAIHATSU Flex” sebagai sarana digital yang mendudkung fungsi penjualan dan pelayanan dengan akses yang lebih luas kepada konsumen.


Surya Astra Nusantara Finance




PT Surya Astra Nusantara Finance (SANF) didirikan pada tanggal 25 Agustus 1983 dengan nama PT Sangga Loka Subur dan kemudian mengubah namanya menjadi PT Surya Astra Nusantara Leasing pada tahun 1984. Pada tahun 1989 mengubah namanya kembali menjadi PT Surya Astra Nusantara Finance dan telah memperoleh izin usaha sebagai lembaga pembiayaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.

SANF menyiadakan produk dan layanan pembiayaan yang fokus pada alat-alat berat melalui pembiayaan investasi dan pembiayaan modal kerja. Pembiayaan yang diberikan oleh SANF antara lain sewa pembiayaan, jual dan sewa balik, fasilitas modal usaha, anjak piutang dengan atau tanpa pemberian jaminan dari penjual piutang.

  
Komatsu Astra Finance



Komatsu Astra Finance (KAF) didirikan pada 19 Mei 2005, merupakan perusahaan patungan antara PT Astra International Tbk. Melalu PT Sedaya Multi Investama (SMI) dan Komatsu Ltd. Melalui PT Komatsu Indonesia (KI) (50:50). KAF bertujuan untuk mendukung penjualan Komatsu dan produk-produk terkaitnya yang dipasarkan oleh PT United Tractors Tbk. (UT), dengan menyediakan solusi pembiayaan.


  • Asuransi è

Asuransi Umum
Asuransi Astra

Asuransi Astra telah hadir sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 27 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra antara lain adalah asuransi untuk bisnis komersial seperti asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi ruko, asuransi SPBU, dan Asuransi kesehatan Garda Medika. Seluruh produk asuransi yang dimiliki Asuransi Astra tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah.

Asuransi Astra juga memiliki produk digital, yaitu Happyone.id meliputi empat jenis perlindungan, yaitu:
HappyMe untuk perlindungan atas risiko kecelakaan diri.
HappyEdu untuk perlindungan pendidikan anak.
HappyHome untuk perlindungan tempat tinggal.
HappyTrip untuk perlindungan perjalanan.

Asuransi Jiwa
Astra Life



PT Astra Aviva Life (Astra Life) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dengan kepemilikan saham 50:50 antara PT Astra International Tbk dan Aviva PLC yang didirikan pada tahun 2004. Astra Life menerapkan konsep “Best of Both World atau Terbaik di Dua Dunia” – dengan mengkombinasikan pengalaman dan kompetensi Aviva sebagai asuransi kelas dunia serta kekuataan Astra sebagai salah satu pelopor grup usaha nasional berikut jaringan dan distribusinya di Indonesia.

  • Modal Ventura è

Astra Ventura



PT Astra Mitra Ventura merupakan anak usaha PT Astra International Tbk yang didirikan pada tahun 1991. Astra Ventura turut membangun perekonomian Indonesia melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dan penyertaan modal yang disertai dengan aktifitas pendampingan kepada dan pasangan usaha.

  • Perusahaan Teknologi Keuangan è

Astra Welab Digital Artha



PT Astra Welab Digital Artha (AWDA) adalah perusahaan berbadan hukum Penyelenggara Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang terbentuk pada tanggal 25 Juli 2018 dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 31 Agustus 2018. AWDA memiliki visi menjadi perusahaan teknologi yang paling dikagumi di Indonesia, dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


  • Dana Pensiun è

Dana Pensiun Astra



Dana Pensiun Astra (DPA) didirikan pada tahun 1986 oleh PT Astra International Tbk. Filosofi dasar dari founder adalah kesejahteraan sosial yang layak bagi karyawan di hari tuanya dan untuk mencapai kesejahteraan sosial ini diperlukan adanya usaha bersama untuk memupuk dana sebagai bekal hidup bagi karyawan dan atau keluarganya pada waktu memasuki masa pensiun.


Itulah sebelas brand lini bisnis Astra Financial Service. Kesebelas lini tersebut tentu saja sudah terbukti amanah dan terpercaya. Masyarakat sebagai konsumen sudah merasakan efek positif dari kehadiran sebelas lini bisnis Astra Financial Service. Sesuai dengan visi dan misinya, Astra Financial Servise hadir sebagai solusi untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan pengalaman lebih dari seperempat abad, Astra Financial Service diharapkan bisa menjawab tantangan yang ada.

15 komentar:

  1. Langkap bener ya Astra financial ini untuk menjadi solusi kesejateraan masyarakat. mulai bank seperti permata bank sampai asuransi sperti astra life.

    BalasHapus
  2. Sekarang apapun mudah jika Kita jd nasabahh dari Astra financial,, lengkap Dan praktis ya mba,

    BalasHapus
  3. Aku pernah mba pakai jasa Astra saat beli mobil secara kredit. Sangat membantu banget dan aku senang deh akhirnya bisa membeli mobil yag diingkan pakai Astra Financial ini

    BalasHapus
  4. Astra Financial solusi kesejahteraan masyarakat, lebih lengkap dan praktis mulan dari bank sampai astra life

    BalasHapus
  5. banyak juga ya service yang ditawarkan sama Astra Financial, dari kendaraan, asuransi semuanya ada

    BalasHapus
  6. ASTRA komplit banget layanannya. Sampai urusan financial pun ada. Servicenya tentu oke mengingat nama besar ASTRA

    BalasHapus
  7. sekarang kalau udah jadi nasabah ASTRA FINANCE lebih mudah lagi ya buat coba fitur² yang lainnya.. kebetulan aku pernah ikut asuransi kendaraannya ASTRA

    BalasHapus
  8. Perusahaan Astra yang bergerak pada bidang financial terus mengembangkan bisnisnya yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat

    BalasHapus
  9. ASTRA Finance ni melebarkan sayapnya nih, banyak produknya nih dan memang produk2 ASTRA ini dibutuhkan.

    BalasHapus
  10. Astra Financial memang sangat membantu orang2 yang butuh pembiayaan saat mau beli kendaraan bermotor thanks sharenya mba

    BalasHapus
  11. Dulu waktu beli motor juga pakai astra..

    Astra kualitasnya sudah terpercaya dari dulu

    BalasHapus
  12. lengkap banget ya lini bisnisnya Astra. Selama ini aku tahunya kayaknya cuma nama asuransinya deh ternyata ada yang bernaung di grup yang sama ya

    BalasHapus
  13. Astra dari dulu udah keren banget ya mbak. Dan sekarang udah makin banyak produknya membuktikan jika Astra ini emang yg terbaik

    BalasHapus
  14. Jadi ini semacam pemberi kredit gtu ya mbak utk bbrp urusan/ bidang. Wah baru tau Astra jg punya pembiayaan utk properti.
    BTW Saya dari dulu penasaran apakah Astra juga punya lini syariah gtu ya?

    BalasHapus
  15. Baru ngeh tentang jasa penyedia keuangan. BtW jasa penyedia keuangan dari Astra ternyata banyak juga ya. Seljauh ini saya tahunya Astra Finance dan Astra Life ternyata ada lebih dari itu ya.

    BalasHapus