Follow Us @soratemplates

Tuesday, July 24, 2018

Taman Botani Sukorambi, Tempat Rekreasi Edukasi yang Asyik Bagi Buah Hati



Alam mengajarkan banyak hal. Ada keseimbangan, kesederhanaan  dan juga kepatuhan pada Ilahi. Itulah yang membuat saya selalu berusaha memperkenalkan alam kepada si kecil. Meskipun selalu ada banyak hal baru yang menjadi bahan pertanyaannya. Tapi, itulah proses belajar yang sesungguhnya. Ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dengan mengajak si kecil bermain di alam, yaitu:
  •   Belajar tentang makhluk hidup dan penciptaannya

 Alam bisa menjadi sarana bagi kita untuk memperkenalkan siapa yang menciptakan alam semesta ini. Kita juga bisa memasukkan pesan moral dari proses penciptaan dan keberadaan makhluk hidup.

  •          Belajar lebih kritis

Dengan menyapa alam, anak akan menemukan banyak hal baru. Tanpa kita paksa, naluri atau fitrahnya anak akan bertanya untuk memuaskan rasa keingintahuannya. Inilah timing yang tepat untuk meng-upload pengetahuan-pengetahuan baru ke dalam otak mereka.

  •           Berani mencoba

Setiap anak itu memiliki rasa keingintahuan yang besar akan sesuatu. Dengan mengajaknya ke alam terbuka, ia akan bisa explore tentang hal-hal baru yang tidak terbatas ruang.

  •          Belajar bersosialisasi

Menghabiskan waktu di luar rumah otomatis akan bertemu dengan banyak orang. Anak-anak akan terbiasa bagaimana ia harus bersikap ketika bertemu banyak orang. Belajar menyapa, bersikap ramah, saling menghargai dan menghormati orang lain, itulah diantara nilai-nilai yang bisa diajarkan kepada anak-anak.

  •          Badan menjadi jauh lebih sehat karena banyak bergerak

Anak yang sehat itu anak yang banyak bergerak. Dengan banyak bergerak, ototnya menjadi kuat, asupan oksigen lebih banyak, lemak tidak bertumpuk dalam tubuh dan masih banyak manfaat lain dengan mengajak si kecil banyak bergerak.

  •          Meningkatkan kecerdasan

Anak yang cerdas bukan saja yang memiliki nilai IQ yang tinggi, tapi EQ dan SQ. Nah, dengan memperkenalkan anak-anak dengan alam, maka kecerdasan emosi dan spiritualnya akan jauh lebih baik.

Dengan manfaat yang luar biasa tersebut, saya selalu mencari referensi dimana destinasi wisata yang ramah anak di kota ini. Tentu saja tidak mudah mencari tempat wisata yang aman, nyaman dan edukatif bagi buah hati. Apalagi bagi saya yang baru 2 tahun lebih menjejaki kota Jember ini. 

Taman Botani Sukorambi


Yap… Ternyata di kota tembakau ini ada sebuah destinasi wisata yang keren. Pertama kali masuk, suka banget dengan desain pintu masuknya. Selain itu, hawa dingin dan jauh dari kebisingan kota pun membuat tempat ini begitu nyaman. Aura ketenangan pun langsung menyapa ketika kaki mulai berpijak di pintu masuk.

Taman Botani Sukorambi, salah satu destinasi wisata keren di kota Jember yang memiliki konsep rekreasi sambil belajar. Kita hanya butuh waktu 10 menit dari pusat kota Jember untuk bisa sampai ke tempat ini. Destinasi wisata ini tepatnya berada di Jalan Mujahir, Sukorambi, Jember.

Tempat wisata yang apik ini buah pemikiran dari Bapak H. Abd. Kahar Muzakar. Beliau memiliki keinginan agar Jember memiliki sarana rekreasi alternatif bernuansa alam. Ya, di tempat ini kita memang disuguhi dengan berbagai hal yang bisa kita explore di alam bebas.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini pun tidak terlalu mahal. Kita hanya perlu membayar 20 ribu rupiah di weekend, dan 12 ribu rupiah di weekday. Yap, murah banget kan? Tapi, kita bisa menikmati dan belajar banyak hal.

Kalau saya, pertama kali masuk langsung tertarik sama tanaman hidroponiknya. Terus, asyiknya lagi, kita bisa memanen sendiri lho sayuran yang kita inginkan. Masalah harga? Tenang… Bersahabat banget pokoknya.




Oya, kita juga bisa sekalian dapat ilmu baru karena langsung dikasih penjelasan oleh petugas yang ada di sana. Petugasnya pun sangat ramah dan sabar menjelaskan dengan detail. Kita bisa nanya-nanya prosesnya dari A sampai Z. Kita bisa sekalian menanamkan kecintaan pada tanaman kepada si kecil. Nggak rugi deh masuk ke kebun hidroponik ini. Lokasinya pun tidak jauh dari pintu masuk dan dekat dengan parkir sepeda motor.



Setelah mendapatkan ilmu tentang tanaman hidroponik, saya pun bergegas untuk menikmati sarana lainnya yang ada di Taman Botani Sukorambi. Tidak jauh dari kebun hidroponik, kita bisa melihat kelinci yang sedang berlarian. Di dekatnya, ada kuda yang katanya sih bisa ditunggangi. Tapi, karena saya membawa bayi, jadi nggak mungkin juga nyobain. Akhirnya, saya putuskan untuk langsung menuju ke lokasi bawah.



Pengennya sih jalan kaki, tapi kembali lagi membayangkan kerempongan plus gempor juga kalau jalan ke lokasi bawah sambil gendong bayi 6 kg dan megang kakaknya yang luar biasa aktif. Terus nggak tega juga lihat Pak Suami bawa barang banyak, udah kayak porter aja hehe… Untunglah ada Golf Cart, jadi sangat membantu juga. Meskipun kita harus mengeluarkan 10 ribu rupiah per orang, tapi ketimbang riweuh juga, mending menggunakan fasilitas yang ada.

Setelah turun ke lokasi bawah, tujuan langsung ke kolam renang. Ya, maklum, anak saya tuh nggak bisa lihat kolam renang, pengennya langsung turun aja. Dan, enaknya di Taman Botani Sukorambi ini memiliki kolam lebih dari satu. Oya, airnya juga segar banget karena menggunakan sumber air, tanpa kaporit. Jadi, sekalian terapi juga buat saya setelah melahirkan. Rasanya segala penat hilang setelah bermain air. Pokoknya kalau ke Taman Botani, jangan sampai nggak nyebur ke kolamnya. Sensasi dingin dan segarnya itu nggak ada duanya deh. 





Si Kembar Ayah dan Anak lagi asyik main air :)


Sebenarnya bukan hal yang mudah buat ngebujuk kakaknya untuk berhenti berenang. Tapi, melihat bibirnya yang udah gemetaran karena kedinginan, akhirnya mau juga dia diajak mandi. Kamar mandi dan kamar gantinya juga bersih dan banyak lho. Malahan ada kamar mandi VIP dan kamar mandi disable juga lho.

Selain kolam renangnya yang enak, menikmati pemandangan sawah, melihat pembenihan dan pembesaran ikan koi, juga menjadi kepuasan tersendiri. Oya, ada juga wahana permainan air, outbond, flying fox dan rumah pohon. Wah, lengkap banget deh buat ngajak si kecil sekaligus juga orang tuanya bersenang-senang.


Nemenin ibu mertua terapi ikan sambil ngejagain kakak  ngasih makan ikan :)

Wahana Outbond

 
Serunya bermain flying fox

Akhirnya kesampain juga Pak Suami naik rumah pohon :) 


Selain kolam renang untuk anak-anak, ada kolam renang untuk remaja dan juga dewasa. Oya satu hal yang perlu noted banget nih, Taman Botani Sukorambi juga menyediakan kolam renang khusus muslimah juga lho. Destinasi wisata ini punya Muslimah Private Area. Wah, asyik banget kan?

Muslimah Private Area


Taman Botani Sukorambi memang didesain sedemikian rupa agar pengunjung merasa nyaman. Aneka gazebo disiapkan agar kita bersantai sejenak setelah berkeliling dan bermain. Bahkan ada live music juga.

Live Music... Suara penyanyinya bagus, lagu enak-enak lagi...

Ups, hampir lupa… Taman Botani Sukorambi juga menyediakan fasilitas Pondok Rapat Gaharu. Nah, kalau kita pengen menikmati bermalam dengan udara dingin nan segar, kita bisa menyewa Villa Botani. Selain itu ada juga area barbeque outdoor juga.

Gimana? Penasaran kan dengan destinasi wisata yang keren ini. Pokoknya nggak bakalan rugi deh kalau kita berkunjung di sini. Malah, dijamin bakalan pengen balik lagi ke tempat ini. 

Kalau ditanya, apa sih yang paling keren di Taman Botani Sukorambi? Hmm... saya akan bingung jika disuruh pilih salah satu saja. Karena menurut saya semua sisi dari wahana di destinasi wisata ini keren-keren lho. Semuanya bisa dijadikan sarana rekreasi sekaligus edukasi bagi anak-anak dan kita juga orang tuanya. Kalau saya boleh bilang sih Taman Botani Sukorambi ini one stop fun learning centre for kids. 

Beneran lho, saya sendiri merasakannya hehe… Bahkan anak saya sampai susah diajak pulang. Malahan saya sempat mengkhayal nih (maklum saya kan pecinta tulisan fiksi J ), andai saja Taman Botani Sukorambi membuka sekolah alam untuk anak-anak dengan kurikulum yang dipadukan dengan nilai-nilai keislaman, katakanlah mencetak hafizh dah hafizhah. Saya dan suami pasti akan sangat tertarik. (It’s just my idea J ). Apalagi 3 olahraga yang disunahkan Rasulllah sudah tersedia di sini. Ya, kita bisa memperkenalkan berenang, berkuda dan memanah sejak dini kepada anak-anak. Tapi itu kan sekadar khayalan saya saja hehe...

Ok, deh, intinya saya cuman pengen share aja kalau di Jember itu ada destinasi wisata keren. Destinasi yang bikin Jember makin rame pokoknya. Nah, buat teman-teman yang memang tertarik untuk berkunjung ke Taman Botani Sukorambi, kepoin dulu aja websitenya di www.tamanbotanisukorambi.com. Atau bisa juga di medsosnya:
-          Facebook : taman.botani.sukorambi
-          Insagram : taman.botani.sukorambi

Teman-teman bisa lihat deh foto berbagai aktivitas pengunjung yang bikin ngiler. Kita bisa merasakan sensasi rekreasi yang berbeda. Dan, tempat wisata ini sangat recommended untuk para orang tua buat ngajak anak-anak. Karena, kalau menurut saya, Taman Botani Sukorambi itu tempat rekreasi edukasi yang asyik bagi buah hati.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2  



No comments:

Post a Comment