Follow Us @soratemplates

Sunday, April 3, 2022

5 Cara Agar Buah Hati Menikmati Puasa Mulai Hari Pertama

ramadhan 1443 H


 

Membiasakan buah hati berpuasa tentu butuh kecerdasan dan kesabaran. Meskipun ini bukan kali pertama ia belajar berpuasa, tapi tetap saja memerlukan cara yang cerdas untuk mengajaknya berpuasa.

 

Bagi anak-anak seusianya memang belum wajib berpuasa, tapi sebagai orang tua kita harus mulai memperkenalkan dan mengajarkannya melakukan Rukun Islam ketiga ini. Karena saya pribadi meyakini, bisa itu karena biasa. Sedangkan biasa itu karena terpaksa atau mencintai. Dan, tentunya kita ingin anak-anak kita menjalankan puasa dengan penuh suka cita dan kebahagiaan bukan karena keterpaksaan.

 

Di bulan Ramadhan kali ini, saya dan suami harus benar-benar memberikan pemahamam kepada anak pertama. Karena di usinya yang lebih kritis bertanya kenapa tentang semua hal yang berhubungan dengan puasa.

 

Tapi, kami bersyukur karena ia sudah mendapatkan tambahan pemahaman tentang puasa dri sekolahnya. Jadi, sejak awal tahun pun, ia sudah terus bertanya kapan bulan Ramadhan tiba. Meskipun begitu, kami terus memberikan edukasi tentang puasa dengan bahasa yang mudah ia pahami.

 

Nah, kali ini Saya dan suami pun menggunakan 5 Cara agar anak menikmati puasa hari pertama, diantaranya:

  • Perkenalkan dari awal kalau kita akan segera masuk bulan suci Ramadhan.

Beri tahu anak kita minimal satu bulan sebelumnya. Ajak ia mengenal puasa dari buku, film, lagu, atau cerita kita langsung. Dengan setiap hari ia mendengar kata puasa, maka secara tidak langsung kata itu akan masuk dalam memorinya.

 

  • Mengajak bukan memaksa

Sekali lagi, mereka belum wajib berpuasa. Tapi, ini adalah momen untuk memperkenalkan dan belajar melaksanakan salah satu rukun Islam. Carilah cara yang menyenangkan untuk mengajaknya berpuasa, dan tidak boleh memaksa. Khawatir kalau kita paksa, maka bukannya ia akan senang tapi malah benci dan pada akhirnya tidak mau berpuasa di saat ia sudah wajib berpuasa nanti.

 

  • Sediakan menu sahur dan buka puasa favoritnya

Ini penting banget, loh. Karena biasanya anak-anak akan senang kalau disediakan makanan atau minuman kesukaannya. Ia akan jauh lebih bersemangat ketika dibangunkan sahur, dan juga mau menunggu adzan maghrib demi menu favoritnya. Tidak ada salahnya, sesekali kita ajak makan di luar, sebagai reward berpuasanya.

 

  • Ajak ia mengisi waktu dengan kegiatan yang menarik

Cobalah susun kegaiatan menarik bersama anak kita. Ingat! Anak itu sennag banget kalau ayah dan ibunya mau berain dengannya. Tidak harus 24 jam nonstop, karena anak-anak pun membutuhkan waktu untuk bermain sendiri. Misalnya saja, kita investasikan waktu 2 jam untuk bermain bersama buah hati tanpa ada gangguan apapun, termasuk HP atau Televisi.

 

  • Mendoakan anak

Ini yang paling penting. Bagi Allah, tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang sulit. Mintalah kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam mengajarkan puasa kepada anak kita. Kita hanyalah bisa berikhtiar, jangan terlalu terbebani dengan hasil. Satu lagi yang harus diingat, anak-anak belum wajib berpuasa, tapi tetap harus kita perkenakan dan ajarkan.

 

Itulah 5 tips agar anak menikmati puasanya, tidak hanya di hari pertama, tapi juga selama satu bulan penuh. Jadikan bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang akan dirindukan terus oleh buah hati kita. Tanamkan perasaan suka cita menyambut dan menjalankan puasa kepada mereka, agar kelak mereka akan melakukan puasa dengan senang hati bukan karena terpaksa. 


1 comment: