Follow Us @soratemplates

Thursday, June 9, 2022

5 Tips Agar Anak Bisa Membaca Tanpa Mengeja

 

tips bisa membaca untuk anak


 

Hai, moms! Sebentar lagi kita akan masuk tahun ajaran baru.  Hmmm, nggak terasa ya?

Masih ada yang galau karena masih harus mencari sekolah? Atau, moms juga bingung karena anaknya belum lancar membaca?

 

 

Oke, kali ini saya akan membagikan tips agar anak bisa membaca dan bahkan menjadi candu dalam membaca. Anak bisa membaca itu, gampang banget kok caranya. Nggak perlu pakai otot apalagi sampai stress atau bahkan sampai harus manggil guru buat dileskan. Ada cara yang sangat mudah dan menyenangkan agar anak bisa membaca tanpa harus mengeja.

 

Tips ini juga wajib dibaca buat moms yang masih punya anak bayi atau mungkin sedang hamil. Karena mempersiapkan jauh lebih baik daripada harus mencari solusi ketika waktu sudah mepet.

 

5 Tips agar anak bisa membaca tanpa harus mengeja, diantaranya:

1.     Bacakan buku setiap hari bahkan sejak dalam kandungan.

Apa yang kau tanam, itu yang akan kau tuai. Menanamkan sebuah kebiasaan tidak bisa instan. Butuh waktu dan usaha. Ketika dalam kandungan, pendengaran bayi sudah berfungsi. Nah, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk membuat buah hati kita cerdas. Biasakanlah baca buku dengan suara yang agak nyaring, tanpa disadari anak yang ada di dalam rahim kitapun akan mendengar.


tips mengajarkan baca


 

Ketika anak sudah lahir, tetap biasakan bacakan buku kepada anak. Bahkan ketika anak sudah bisa membaca pun, membacakan nyaring kepada anak itu memberika banyak manfaat loh. Yuk, mulai sekarang biasakan bacakan nyaring untuk buah hati kita!

 

2.     Sediakan rak buku yang berisi buku-buku untuk seusianya dan mudah diraih.

Biasakan menaruh buku yang bisa dijangkau oleh anak. Ketika anak kita baru bisa merangkak, atur posisi tempat buku yang bisa diraih. Biarkan mereka mengambil buku dan membukanya sendiri. Untuk anak yang belum bisa membaca, ia akan menikmati gambar yang ada di buku tersebut, lalu biasanya akan bertanya pada kita atau meminta untuk dibacakan. Dengan seperti itu, ia akan mulai tertarik dengan membaca. Jangan takut buku akan sobek atau rusak, sediakan buku seusianya. Untuk bayi, kita sediakan buku yang terbuat dari kain. Untuk usia batita dan balita, sediakan buku tidak mudah sobek, bisa dilap kalau kena air dan aman untuk mereka.

 

Oya, di zaman digial, moms juga nggak ada salahnya kok sesekali mengajak si kecil membaca cerita menggunakan gadget. Saat ini, banyak sekali aplikasi membaca yang bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi si kecil. Tidak usah khawatir dengan penggunaan gadget untuk membaca. Karena jika porsinya pas dan juga dengan pendampingan, tidak akan memberikan efek negative pada buah hati kita. Ingat, moms, anak kita itu lahir di era digital, jadi mau tidak mau kita pun harus menyesuaikan dengan zaman mereka.

 

3.     Ajak anak bercerita atau mendongeng

Moms, jadilah pendongeng untuk anak-anak kita. Kalau belum bisa membuat cerita sendiri, moms bisa kok mencari cerita yang ditulis dan mungkin sangat familiar. Oya, moms juga bisa kok mengarang cerita dari kejadian kesahri-hari. Anak-anak itu akan sangat tertarik kalau kita mendongeng, apalagi dengan ekspresi yang dalam dan ditambah alat peraga seperti boneka tangan, boneka jari atau yang lainnya. Tidak perlu membeli alat peraga yang mahal. Manfaatkan saja benda yang ada di rumah kita. Satu hal yang penting, carilah cerita yang bisa memberikan nilai-nilai positif ya, moms.

 

4.     Ajak anak bermain tebak gambar

Coba sediakan banyak gambar di rumah. Dari mulai bayi, biasakan ia melihat berbagai warna, bentuk dan tulisan. Ini semua secara tidak langsung akan tersimpan dalan memori si anak. Apalagi ketika kita memperkenalkan sambil kita pun berbicara, maka kosa kata anak pun akan bertambah banyak.

 

5.     Lakukan sebelum menyuruh

“Children see, children do.” Pernah mendengar ungkapan ini, kan? Sebenarnya cara terbaik untuk menanamkan sebuah kebiasaan adalah teladan. Anak-anak akan melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi, kalau ingin punya anak yang suka membaca, berarti kita sendiri harus suka membaca. Yuk, mulai dari diri kita sendiri, sebelum berharap pada anak-anak!

 

 

Itulah 5 tips yang sangat mudah untuk diterapkan. Anak akan bisa membaca dengan sendirinya, bahkan menjadi hobi membaca. Kita tidak perlu bingung bahkan sampai stress hanya karena anak belum bisa membaca ketika mau masuk ke SD. Tips ini udah teruji, loh. Trust me, it works. Gimana? Tertarik buat mencoba kelima tips di atas?

No comments:

Post a Comment