Follow Us @soratemplates

Wednesday, March 2, 2022

ASI Berlimpah? Kita Juga Bisa, Kok

 

ASI eksklusif
Anak pertamaku di usia 6 bulan


Tahu kan yang lagi ramai sekarang di kalangan mamah-mamah muda?

 

Yap, apalagi kalau bukan stok ASI salah satu selebriti terkenal negeri ini. Terlihat sampai berjatuhan ketika pintu lemari pendingin dibuka oleh salah satu asistennya. Dan, tahu dong gimana komentar para netizen negeri +62 ini?

 

Tidak sedikit yang berkomentar katanya wajar kalau stok ASI-nya berlimpah karena dia kan orang kaya, nggak pernah stress, berbeda dengan kita yang penuh dengan beban pikiran.

 

Aduh, please deh, ASI berlimpah itu bukan hanya milik orang berada, para selebritis atau pun keturunan Sultan. Please, be a smart mom!

 

Aku mau sharing sedikit ya. Ketika menyusui anak pertama, aku merasakan ASI yang berlimpah. Bahkan saking ASI berlimpah, anakku mengalami aspirasi ASI. Tapi, Alhamdulillah anakku masih bisa diselamatkan.

 

Baca: http://www.intandaswan.com/2021/07/anakku-alami-aspirasi-asi-4-hari-di.html

 

Tapi, berbeda ceritanya ketika aku memberikan ASI kepada anakku yang kedua. Di awal sampai usia 15 bulan, ASI-ku masih sangat berlimpah. Sama seperti kakaknya, anak keduaku ini juga sangat kuat minum ASI-nya.

 

Tapi, semua berubah ketika aku harus kehilangan Bapak, dan belum genap 2 bulan, aku pun harus kehilangan Mamah tercinta dengan kejadian yang di luar nalar manusia. Sejak saat itu, aku mengalami depresi yang luar biasa. Ditambah aku juga mengalami kejadian yang hampir melukai diriku dan kedua anakku. Aku pun mengalami trauma atas kejadian tersebut.

 

Baca: http://www.intandaswan.com/2020/01/hanya-rindu.html

 

Ternyata, kondisi ibu itu sangat berpengaruh kepada kuantitas dan kualitas ASI. Sejak kejadian itu, ASI-ku tidak sebegitu banyak. Anakku juga jadi sering sakit-sakitan. Dan, itu berlangsung dari anakku berusia 15 sampai 20 bulan. Hingga aku tersadar, kalau aku harus berdamai dengan keadaan.

 

Dari dua kejadian tersebut, aku hanya ingin berbagi kepada teman-teman semua. Kita pun bisa memiliki ASI yang berlimpah. Semuanya kembali kepada kita sendiri. Caranya? Ini dia 5 hal yang harus kamu tahu agar ASI berlimpah:

1. Jadilah Ibu yang bahagia

Ini penting banget, loh. Ketika seseorang bahagia, ia akan melepaskan hormon oksitoksin. Hormon ini dikenal dengan nama hormone cinta. Hormon ini memberikan efek menenangkan, itu artinya momen menyusui pun menjadi lebih nyaman.

 

“Ah, ngomong mah gampang, tapi kan untuk bahagia itu nggak mudah, apalagi hidup serba susah.”

 

Hmmm…. Bahagia itu diciptakan ya, bukan turun dari langit secara tiba-tiba. Kalau berpikir masalah, setiap orang pasti punya masalah. Tapi, masalah itu bukan untuk diumbar dan dikeluhkan. Masalah itu dicari solusi.

 

Stop nyinyiran orang lain! Fokuskan pada diri sendiri dan buah hati kita. Jangan terlalu mikirin komentar orang lain.

 

Momen menyusui anak itu nggak bisa diulang. Maksimal kita hanya punya waktu 2 tahun. Jadi, jangan sampai kita menyesal deh. Yuk, jadi ibu yang bahagia!

 

2. Dukungan Suami

Nah, ini super duper penting. Anak itu amanah dari Allah Swt. Dan, yang dititipi itu suami dan istri, bukan salah satunya saja. Seorang istri itu sudah hamil, melahirkan, menyusui dan merawat anak.

 

Tugas suami? Cobalah buat suasana istri tetap bahagia. Jadikan ia merasa sangat disayang, dihargai dan dijaga. Dukungan itu bisa berupa kehadiran, sentuhan, hadiah, pujian dan tawarkan bantuan untuk melayaninya sebisa kita.

 

Baca: http://www.intandaswan.com/2018/09/5-bahasa-cinta.html

 

Kalau istri merasa bahagia dan nyaman, pastilah ia akan nyaman pula dalam proses menyusui. ASI akan berlimpah dan berkualitas. Dan, tentu saja, efeknya buah hati kita akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

3. Makan dan minuman yang sehat

Jangan pernah menyepelekan asupan makanan bagi ibu hamil dan menyusui. Kalau kita sayang anak, maka perhatikan apa yang masuk ke perut kita. Mulai dari hamil, bahkan dari sebelum kita menikah pun, kita harus lebih peduli dan memperhatikan apa yang kita konsumsi.

 

Makanan yang sehat itu bukan makanan yang mahal. Hindari makan ‘yang penting enak dan kenyang’. Perbanyak sayur, buah dan juga asupan protein hewani serta air putih.

 

4. No mager

No excuse for having an exercise! Jangan mencari alasan, karena baru saja melahirkan dan juga harus menyusi, jadi kita skip untuk berolah raga. Olahraga di sini bukan artinya harus melakukan sesuatu yang berat, apalagi yang selama ini mager level tinggi. Mulailah dengan jalan kaki, baik sepeda, atau mungkin senam. Percaya deh, dengan olahraga juga bisa memproduksi hormone bahagia, loh.

 

5. Berdoa

Ini yang wajib bin kudu bin harus dilakukan setiap saat. Karena kita hanyalah makhluk. Tidak ada yang lebih tahu dan Maha Kuasa atas segalanya selain yang Allah SWT yang menciptakan kita dan juga buah hatikita. Jadi, jangan pernah berhenti berdoa. Curahkan segala apa yang kita rasa, pikir dan ingin kepada yang Maha Kuasa.

 

Itu dia 5 (lima) hal yang harus dilakukan agar ASI bisa tetap berlimpah. Sekali lagi aku ingatkan, nggak usah nyinyir dengan kondisi orang lain. Fokus pada diri kita dan buah hati. Setiap orang punya skenario sendiri-sendiri. Dan, satu hal yang paling penting untuk diingat, jadilah ibu bahagia agar buah hati kita tumbuh dan berkembang dengan penuh cinta. So, ASI berlimpah? Kita juga bisa, kok. :)

No comments:

Post a Comment